Tips & Trik

Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi? Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2022

2  Allnew ERtiga (2)

Satu-satunya cara adalah dengan memanaskan mobil sehingga kotoran kerak tersebut dapat dibersihkan. Transmisi pun nantinya akan mudah untuk digeser. Hanya saja jika sudah dibersihkan masih saja tidak bisa bekerja artinya harus diganti. 

Demi menghindari transmisi matic tidak mau pindah gigi sebaiknya Anda sering memanaskan mobil setidaknya 5 menit setiap paginya.

  • Rusaknya Gearbox

Penyebab yang terakhir bisa berasal dari kabel gearbox yang putus atau mengelupasnya lapisan pelindung kabel. Ada dua kemungkinan yang dapat Anda rasakan. 

Bagaimana cara merusak gearbox yang mengalami kerusakan, cek di halaman selanjutnya. 

______________________________________________________________________________________________

Pertama adalah pedal gas justru terasa berat ketika diinjak walaupun transmisi sudah berhasil dipindah. Efek kedua adalah perpindahan gigi justru sama sekali tidak terjadi. 

Baca Juga : Kendaraan Jarang Beroperasi Apakah Perlu Ganti Oli?

Apabila gearbox adalah sumber masalahnya maka Anda harus datang ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut. 

Tanda-Tanda Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

2._Allnew_ERtiga__1_(1)

Sebelum akhirnya transmisi mobil Anda tidak mau pindah gigi ada beberapa ciri atau tanda yang sebenarnya bisa dicermati terlebih dahulu. Mencermati hal ini akan melindungi Anda dari perbaikan kerusakan yang jauh lebih banyak. 

Tanda-tanda ini bisa Anda cermati ketika sedang mengendarai mobil dimana saja. Yuk cek apa saja tanda yang tidak boleh Anda lewatkan berikut ini. 

  • Mobil Tersentak saat Berpindah Gigi

Ciri yang pertama adalah munculnya sentakan padahal Anda baru saja berpindah gigi. Transmisi yang normal seharusnya akan memberikan perpindahan gigi yang halus bahkan tidak terlalu terasa. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya