Tips & Trik

Peredam Suara Mobil : Keuntungan dan Kerugiannya

PUBLISHED DATE : 21 Juni 2021

Scross

Peredam suara merupakan salah satu komponen yang berperan penting pada mobil karena berfungsi untuk mengurangi kebisingan. Fungsi dari peredam mobil ini adalah untuk membuat bagian dalam kendaraan menjadi lebih senyap dan tidak mengganggu dengan suara bisingnya.

Penggunaan peredam suara pada mobil ini ternyata membawa keuntungan dan kekurangan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk memilih peredam suara pada mobil yang benar. Simak ulasan berikut mengenai kelebihan, kekurangan, serta cara memilihnya.

Keuntungan Menggunakan Peredam Suara Mobil

Hal pertama yang perlu dibahas mengenai peredam suara pada mobil adalah keuntungan dari menggunakan komponen ini. Lalu, apa saja keuntungan penggunaan peredam suara pada mobil? Simak ulasan berikut untuk mengetahui info lebih lengkapnya.

  • Suara Audio Mobil Lebih Jelas dan Enak Didengar

Keuntungan pertama yang akan diperoleh jika menggunakan peredam suara untuk mobil adalah audio bisa lebih jelas dan enak didengar. Hal ini tentu saja akan menguntungkan bagi Anda yang senang mendengarkan musik di perjalanan, karena lagu bisa terdengar lebih jernih di telinga.

Audio mobil ini bisa lebih jelas dan enak didengar karena tidak tercampur dengan suara bising dari luar. Peredam suara tersebut membuat suara bising yang berasal dari luar tidak terlalu jelas dan besar volumenya, sehingga penumpang mobil bisa mendengarkan suara audio dengan fokus dan nyaman.

  • Mobil Menjadi Kian Nyaman Saat Dikendarai

Menggunakan peredam mobil ternyata juga membuat kendaraan menjadi lebih nyaman untuk dikendarai. Hal ini karena pengemudi bisa lebih fokus untuk memperhatikan jalanan sekitar tanpa harus terganggu dengan suara bising yang berasal dari dalam komponen maupun luar mobil sendiri.

Baca Juga : Kaki Kaki Mobil: Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakannya

Hal yang membuat pengemudi bisa berkendara lebih nyaman saat memasang peredam suara pada mobil adalah karena tidak perlu mendengarkan suara mesin sendiri. Mesin mobil mempunyai suara yang cukup keras, sehingga mengganggu konsentrasi pengemudi jika tidak menggunakan peredam.

  • Suara Ban Mobil Tidak Terlalu Terdengar

Keuntungan terakhir dari penggunaan peredam pada mobil adalah membuat suara ban tidak terlalu terdengar. Pemasangan peredam pada lantai mobil akan membuat suara gesekan ban dengan aspal maupun bebatuan tidak terlalu terdengar agar Anda bisa mengemudi dengan nyaman.

Peredam ini juga ternyata bisa dipasang di bagian plafon mobil agar suara hujan tidak terlalu menakutkan saat Anda berada dalam kendaraan ini. Di samping itu, peredam pada mobil ini juga efektif untuk mengurangi suara dari mesin yang akan masuk ke dalam kabin.

Kerugian Menggunakan Peredam Suara Mobil

Pemasangan peredam suara mobil ternyata juga bisa menimbulkan beberapa kerugian, sehingga harus dilakukan dengan hari-hati. Simak ulasan berikut mengenai apa saja kerugian yang mungkin dialami saat Anda menggunakan komponen peredam suara pada mobil.

  • Berbahaya Jika Suara Sekitar Tidak Terlalu Terdengar dengan Jelas

Hal pertama yang menjadi salah satu kerugian ketika menggunakan peredam suara untuk mobil adalah suara sekitar bisa saja tidak terlalu terdengar. Anda bisa saja tidak terlalu mendengar suara dari luar karena memasang peredam di bagian dalam kendaraan, sehingga mobil terlalu senyap.

Bagian dalam mobil yang terlalu senyap ini bisa membahayakan, sebab ditakutkan Anda tidak dapat mendengar suara dari luar yang memberikan isyarat atau sejenisnya. 

Hal ini bisa merugikan keselamatan ketika berkendara, salah satunya adalah apabila Anda tidak dapat mendengar klakson mobil lain.

  • Pada Umumnya Engsel Pintu Mobil Akan Lebih Cepat Aus

Kerugian berikutnya yang harus dipertimbangkan ketika akan memasang peredam suara pada mobil adalah engsel pintu kendaraan roda empat ini bisa lebih cepat aus. Hal ini sangat berpotensi terjadi apabila jenis peredam suara yang digunakan untuk mobil Anda mempunyai bobot cukup berat.

Pemasangan peredam suara yang asal pilih juga biasanya akan memberatkan mobil. Oleh sebab itu, perhatikan berat peredam suara pada mobil yang akan dipilih sebelum memasangnya agar tidak merasa rugi.

  • Bobot Mobil Akan Menjadi Semakin Berat

Bobot mobil menjadi lebih berat juga merupakan salah satu kerugian pada saat memasang peredam suara. Peredam aspal pada mobil biasanya mempunyai bobot yang cukup berat, sehingga akan membuat beban mobil bertambah.

Dampak dari hal ini adalah mobil bisa jadi akan kesulitan untuk melaju di kecepatan tinggi karena bobotnya tersebut. Di samping itu, pengemudi juga akan lebih sulit untuk mengendalikan mobil.

Scross__2_(1)

Tips Memilih Peredam Suara Mobil yang Bagus

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan apabila Anda ingin memilih peredam suara pada mobil dengan kualitas terbaik. Simak ulasan berikut mengenai beberapa tips tersebut.

  • Menggunakan Peredam Suara Mobil yang Mempunyai Bobot Ringan

Tips pertama untuk memilih peredam suara pada mobil adalah memastikan bahwa bobotnya ringan. Alasan dari hal ini adalah komponen tersebut bisa meredam suara dari luar agar tidak terdengar dengan berisik, meskipun bobotnya ringan.

Baca Juga : Rem Tangan Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

Peredam pada mobil yang mempunyai bobot ringan akan membuat kendaraan tidak perlu menopang lebih banyak beban. Pastikan bahwa Anda memilih peredam suara pada mobil yang ukurannya ringan, sehingga suara di dalam kendaraan juga lebih tenang dan tidak susah untuk dikendalikan.

  • Pastikan Jumlah Peredamnya Sesuai Saran Bengkel Resmi Mobil

Hal berikutnya yang harus diperhatikan pada saat memilih peredam pada mobil adalah memastikan bahwa jumlahnya sesuai dengan saran bengkel resmi. Jumlah peredam ini biasanya akan disesuaikan dengan keinginan Anda saat akan memasang komponen tersebut.

Jumlah peredam suara ini harus dipikirkan dengan matang agar nantinya beban mobil tidak bertambah terlalu banyak. Salah satu contoh berapa jumlah pemasangan peredam suara pada bagian pintu mobil adalah umumnya 5 lapis. Sedangkan pemasangan di lantai hanya membutuhkan 2 lapis saja.

  • Memilih Peredam yang Bisa Membuat Suara Menjadi Tidak Berisik

Tips terakhir yang bisa dipertimbangkan dalam memilih peredam mobil adalah menggunakan komponen untuk membuat suara menjadi tidak berisik dengan kualitas terbaik. Pemilihan tipe peredam suara pada mobil ini harus disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan Anda.

Tujuan dari memilih komponen yang bisa membuat suara menjadi tidak berisik adalah untuk membuat suasana mobil lebih senyap. Di samping itu, peredam yang efektif untuk membuat suara menjadi tidak berisik akan membantu menyediakan suasana mobil kondusif.

Bagian Mobil yang Membutuhkan Peredam Suara

Pemasangan peredam pada mobil ini bisa dilakukan di beberapa bagian. Pemasangan peredam  yang pertama adalah pada bagian lantai. Ini akan menekan suara yang berasal dari mesin atau ban, sehingga menjadi tidak terlalu berisik.

Peredam pada mobil juga bisa dipasang di bagian pintu agar suara yang berasal dari luar tidak terlalu terdengar keras. Pastikan Anda memilih peredam mobil yang anti panas dan air agar bisa lebih awet untuk membuat kendaraan tidak terlalu mendengarkan suara bising.

Berita Lainnya