Tips & Trik

Cara Mudah Deteksi Kerusakan Kopling Mobil

PUBLISHED DATE : 12 April 2018

Cara Mudah Deteksi Kerusakan Kopling Mobil

Terkadang masalah pada mobil bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, tanpa ada peringatan sebelumnya. Buat Anda yang mengerti tentang mesin, mungkin ini bukan masalah karena bisa diselesaikan sendiri, tapi bagaimana dengan orang yang tidak mengerti tentang mesin?

Baca Juga : 7 Aksesoris Mobil Penting dalam Mobil Anda

Jangan khawatir, pada dasarnya Anda bisa kok mengenali kerusakan yang terjadi pada mobil, misalnya saat kopling mobil ngadat, Anda bisa mendeteksinya dengan beberapa trik berikut ini.

  1. Pertama, nyalakan mesin dan tarik rem tangan dalam kondisi mengunci. Rem tangan akan mencegah mobil melompat saat dimasukkan gigi perseneling.
  2. Saat rem tangan sudah dipastikan berfungsi dengan baik, cobalah untuk masukkan gigi perseneling satu secara perlahan sambil menekan kopling.
  3. Setelah itu, lepaskan kopling dan posisikan kaki kanan pada posisi menginjak rem bersamaan dengan gas. Tapi ingat, saat melakukannya Anda jangan terburu-buru. Injak secara perlahan!
  4. Setelah itu, lepaskan kopling secara perlahan. Kalau mesin mobil masih menyala, bisa diduga kampas kopling sudah tipis dan harus segera diganti.
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya