Tips & Trik

Inilah Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/3__Suzuki_New_Ertiga_(2).jpg

Bunyi gluduk pada mobil mungkin saja terdengar pada saat Anda melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang. Tentu saja munculnya bunyi ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraan Anda. 

Penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil biasanya adalah karena suspensi yang bermasalah. Suspensi sendiri merupakan kumpulan komponen pada mobil yang berfungsi untuk meredam kejutan. 

Apa saja komponen suspensi yang menimbulkan suara gluduk pada ban belakang? Anda bisa mengenalinya di sini. 

Baca Juga : Bolehkah Sabun Cuci Piring Digunakan Sebagai Campuran Untuk Air Wiper?

Berbagai Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil

Mobil yang normal tidak hanya nyaman karena ruang kabin memiliki AC yang dingin dan irit. Namun banyak sekali komponen pembangun mobil yang kondisinya harus tetap bagus. Mobil akan menjadi tidak nyaman ketika suspensinya mengalami masalah. 

Bahkan yang terjadi bukan hanya muncul bunyi gluduk pada ban belakang tetapi juga ban depan, getaran mobil terasa keras ketika melewati jalanan berlubang. Bahkan bisa juga membuat laju kendaraan menjadi oleng dan menimbulkan kecelakaan. 

Baca Juga : Cara Mudah Membaca Kode Ukuran Ban Mobil

Kendaraan bisa oleng karena sistem suspensi tidak dapat menopang body pada axle serta memelihara posisi geometris body dan roda-roda. Bisa dikatakan bahwa munculnya bunyi gluduk pada ban belakang adalah gejala kerusakan sistem suspensi yang perlu diwaspadai. 

Lalu apa saja penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil yang perlu diperhatikan? Dengan mengenali penyebab ini Anda bisa lebih cepat dalam memperbaiki sehingga mobil akan bekerja secara normal kembali. 

3._Suzuki_New_Ertiga__1___1_

Baca Juga : Cek Rutin Komponen Mobil Berikut Setelah Perjalanan Jauh

 

  • Pecahnya Bushing Arm

Penyebab pertama bisa berasal dari bushing arm yang pecah atau rusak. Akibatnya adalah posisi dan kedudukan arm suspensi tidak stabil. Ketika mobil berjalan maka arm suspensi bertubrukan terus menerus dengan baut pengikatnya. 

Oleh karena itulah suara akan muncul seperti gluduk-gluduk di roda belakang mobil. Bahkan suaranya relatif kencang. Bushing arm sendiri bentuknya adalah karet yang akan menyangga sehingga bekerja sebagai tumpuan. 

Bushing arm memiliki masa penggunaan sampai beberapa tahun sehingga perlu penggantian ketika sudah tidak berfungsi kembali. Proses pengecekannya juga harus dilakukan dalam berbagai posisi. 

Ada beberapa bagian yang menggunakan bushing arm seperti lower arm, upper arm dan juga trailing arm. Jika salah satunya sudah mulai retak artinya topangan yang diberikan sudah tidak bekerja optimal dan perlu penggantian. 

  • Pecahnya Karet Stopper Atas dan Bawah Shock Absorber

Penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil bukan hanya bushing arm saja yang merupakan karet penopang. Namun karet yang berada di bagian atas dan bawah shock absorber pun juga bisa pecah dan tidak berfungsi kembali. 

Fungsi utama dari karet ini adalah untuk meredam pergerakan dari shock absorber dengan bod dan rangka mobil. Getaran kuat yang muncul akan dihentikan oleh karet ini, jadi peranannya sangatlah penting. 

Sama dengan jenis karet lainnya, karet stopper ini juga memiliki masa pakai sehingga bisa mengeras kemudian retak dan pecah. Jika bagian ini sudah mulai rusak maka bagian batang atas dari shock absorber akan memukul rangka bodi secara langsung. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya