Tips & Trik

Inilah Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Oktober 2021

3  Suzuki New Ertiga (2)

Penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil bukan hanya bushing arm saja yang merupakan karet penopang. Namun karet yang berada di bagian atas dan bawah shock absorber pun juga bisa pecah dan tidak berfungsi kembali. 

Fungsi utama dari karet ini adalah untuk meredam pergerakan dari shock absorber dengan bod dan rangka mobil. Getaran kuat yang muncul akan dihentikan oleh karet ini, jadi peranannya sangatlah penting. 

Sama dengan jenis karet lainnya, karet stopper ini juga memiliki masa pakai sehingga bisa mengeras kemudian retak dan pecah. Jika bagian ini sudah mulai rusak maka bagian batang atas dari shock absorber akan memukul rangka bodi secara langsung. 

Anda pun akan mendengarkan bunyi gluduk-gluduk pada bagian belakang mobil yang sangat mengganggu. 

  • Kerusakan pada Shock Absorber

Bagian paling penting pada sistem suspensi adalah shock absorber yang fungsinya adalah untuk meredam rolling atau keolengan yang terjadi pada mobil akibat beban oksiliasi. Bentuknya sendiri bukan ulir melainkan pegas spiral sehingga bisa memantul. 

Baca Juga : Waspada, Ini Efek Telat Ganti Oli Mobil

Pada semua jenis kendaraan yang suspensinya torsion beam atau independent bahkan multi link, shock absorber selalu digunakan. Pegas spiral berada di bagian dalam tabung yang juga diisi dengan oli shock. 

Jadi ketika terjadi getaran maka shock absorber ini akan menyerap dengan pegas spiral dan oli shock di dalamnya. Hanya saja penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil bisa disebabkan komponen ini mengalami kebocoran sehingga pantulan yang didapatkan berkurang. 

Pegas spiral di dalam yang sudah rusak pun akan saling berbenturan sehingga menimbulkan suara gluduk. Anda perlu melakukan pengecekan apakah memang terjadi kebocoran atau karena  shockbreaker sudah mati. 

  • Bushing dan Stabilizer Joint yang Melemah

Penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil juga bisa berasal dari stabilizer joint dan bushing yang melemah. Stabilizer joint memiliki balljoint dan bushing yang bekerja untuk menopang dan bantalan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya