Tips & Trik

Inilah Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil

PUBLISHED DATE : 11 Oktober 2021

3  Suzuki New Ertiga (2)

Bunyi gluduk pada mobil mungkin saja terdengar pada saat Anda melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang. Tentu saja munculnya bunyi ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraan Anda. 

Penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil biasanya adalah karena suspensi yang bermasalah. Suspensi sendiri merupakan kumpulan komponen pada mobil yang berfungsi untuk meredam kejutan. 

Apa saja komponen suspensi yang menimbulkan suara gluduk pada ban belakang? Anda bisa mengenalinya di sini. 

Berbagai Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Belakang Mobil

Mobil yang normal tidak hanya nyaman karena ruang kabin memiliki AC yang dingin dan irit. Namun banyak sekali komponen pembangun mobil yang kondisinya harus tetap bagus. Mobil akan menjadi tidak nyaman ketika suspensinya mengalami masalah. 

Bahkan yang terjadi bukan hanya muncul bunyi gluduk pada ban belakang tetapi juga ban depan, getaran mobil terasa keras ketika melewati jalanan berlubang. Bahkan bisa juga membuat laju kendaraan menjadi oleng dan menimbulkan kecelakaan. 

Kendaraan bisa oleng karena sistem suspensi tidak dapat menopang body pada axle serta memelihara posisi geometris body dan roda-roda. Bisa dikatakan bahwa munculnya bunyi gluduk pada ban belakang adalah gejala kerusakan sistem suspensi yang perlu diwaspadai. 

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapan Mobil Harus ke Bengkel

Lalu apa saja penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil yang perlu diperhatikan? Dengan mengenali penyebab ini Anda bisa lebih cepat dalam memperbaiki sehingga mobil akan bekerja secara normal kembali. 

3._Suzuki_New_Ertiga__1___1_

 

  • Pecahnya Bushing Arm

Penyebab pertama bisa berasal dari bushing arm yang pecah atau rusak. Akibatnya adalah posisi dan kedudukan arm suspensi tidak stabil. Ketika mobil berjalan maka arm suspensi bertubrukan terus menerus dengan baut pengikatnya. 

Oleh karena itulah suara akan muncul seperti gluduk-gluduk di roda belakang mobil. Bahkan suaranya relatif kencang. Bushing arm sendiri bentuknya adalah karet yang akan menyangga sehingga bekerja sebagai tumpuan. 

Bushing arm memiliki masa penggunaan sampai beberapa tahun sehingga perlu penggantian ketika sudah tidak berfungsi kembali. Proses pengecekannya juga harus dilakukan dalam berbagai posisi. 

Ada beberapa bagian yang menggunakan bushing arm seperti lower arm, upper arm dan juga trailing arm. Jika salah satunya sudah mulai retak artinya topangan yang diberikan sudah tidak bekerja optimal dan perlu penggantian. 

  • Pecahnya Karet Stopper Atas dan Bawah Shock Absorber

Penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil bukan hanya bushing arm saja yang merupakan karet penopang. Namun karet yang berada di bagian atas dan bawah shock absorber pun juga bisa pecah dan tidak berfungsi kembali. 

Fungsi utama dari karet ini adalah untuk meredam pergerakan dari shock absorber dengan bod dan rangka mobil. Getaran kuat yang muncul akan dihentikan oleh karet ini, jadi peranannya sangatlah penting. 

Sama dengan jenis karet lainnya, karet stopper ini juga memiliki masa pakai sehingga bisa mengeras kemudian retak dan pecah. Jika bagian ini sudah mulai rusak maka bagian batang atas dari shock absorber akan memukul rangka bodi secara langsung. 

Anda pun akan mendengarkan bunyi gluduk-gluduk pada bagian belakang mobil yang sangat mengganggu. 

  • Kerusakan pada Shock Absorber

Bagian paling penting pada sistem suspensi adalah shock absorber yang fungsinya adalah untuk meredam rolling atau keolengan yang terjadi pada mobil akibat beban oksiliasi. Bentuknya sendiri bukan ulir melainkan pegas spiral sehingga bisa memantul. 

Pada semua jenis kendaraan yang suspensinya torsion beam atau independent bahkan multi link, shock absorber selalu digunakan. Pegas spiral berada di bagian dalam tabung yang juga diisi dengan oli shock. 

Jadi ketika terjadi getaran maka shock absorber ini akan menyerap dengan pegas spiral dan oli shock di dalamnya. Hanya saja penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil bisa disebabkan komponen ini mengalami kebocoran sehingga pantulan yang didapatkan berkurang. 

Pegas spiral di dalam yang sudah rusak pun akan saling berbenturan sehingga menimbulkan suara gluduk. Anda perlu melakukan pengecekan apakah memang terjadi kebocoran atau karena  shockbreaker sudah mati. 

  • Bushing dan Stabilizer Joint yang Melemah

Penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil juga bisa berasal dari stabilizer joint dan bushing yang melemah. Stabilizer joint memiliki balljoint dan bushing yang bekerja untuk menopang dan bantalan. 

Sayangnya ketika kemampuannya melemah karena terjadi kerusakan seperti pecah atau oblak, maka akan muncul suara gluduk-gluduk. Hal yang sama juga bisa terjadi pada bagian ban depan karena komponen suspensinya sama. 

Selain itu mengingat fungsi dari stabilizer ini juga supaya poros dari roda kiri dan kanan tidak keluar jauh, maka tentu penting bagi keamanan pengendara. Terdapat batas pemakaian dari stabilizer ini sehingga Anda perlu menggantinya jika sudah terjadi kerusakan. 

  • Bearing Roda Mengalami Keausan

Baca Juga : Ini Dia Bagian Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Masing-masing roda memiliki bantalan yang disebut dengan bearing roda dan fungsinya adalah mengurangi gesekan poros roda pada axle housing. Ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada bearing roda ini. 

Pertama adalah munculnya goresan sehingga membuat bunyi gluduk yang konstan ketika dikendarai. Kedua adalah bearing ini oblak sehingga Anda harus mengecek dengan cara mendongkrak. 

Ketiga, bearing kekurangan pelumas dan Anda hanya perlu melumasinya saja. Hanya saja jika kendalanya adalah karena goresan, Anda hanya bisa mengganti untuk menghilangkan suara. 

  • Baut Chasis dan Suspensi Kendor 

Apabila setelah mendongkrak ternyata bukan bearing roda yang oblak, maka penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil bisa saja karena ada baut yang kendor atau lepas. Anda perlu mengecek kondisi baut suspensi dan chassis terlebih dahulu. 

Apabila kendor cukup dikencangkan saja, namun jika hilang Anda perlu menggantinya supaya bunyi gluduk langsung hilang. 

Semua pengecekan bunyi gluduk ini sebaiknya langsung dilakukan di bengkel mobil resmi Suzuki terdekat. Pengecekan akan membantu Anda mendeteksi kerusakan pada bagian suspensi lebih dini. 

Lokasi bengkel resmi Suzuki terdekat dari daerah Anda bisa dicek dari daftar berikut ini. 

  1. Armada Banda Jaya (ABJ) di Aceh, www.suzukiaceh.co.id 
  2.  Arista Sukses Abadi (ASA MEDAN) di Medan, www.suzukiarista.com 
  3.  Trans Sumatra Andalan (TSA) di Trans Sumatera, www.tsasuzuki.com 
  4.  Rodamas Makmur Motor (RMM) di Batam, www.suzukimobilbatam.co.id 
  5. Arista Sukses Abadi (ASA TP) di Tanjung Pinang, www.suzukipinang.com 
  6.  Sejahtera Buana Trada (SBT PKU) di Riau,  www.suzukimobilriau.co.id 
  7.  Elang Perkasa Motor (EPM) di Sumatera Barat, www.suzukiepmsumbar.co.id 
  8.  Jaya Indah Motor (JIM) di Jambi, www.suzukijambi.co.id 
  9.  Kangaroo Motor Mandiri (KMM) di Bengkulu, www.suzukibengkulu.co.id 
  10.  Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB)di Sumatera Selatan, www.suzukithamrin.co.id   
  11.  Jagorawi Motor (JM) di Bangka Belitung, www.suzukijagorawi.co.id 
  12.  Persada Lampungraya (PLR) di Lampung, www.suzukilampung.co.id
  13. Pusaka Motor Utama (PMU) di Bekasi dan Banten, www.suzukipusaka.co.id 
  14.  Restu Mahkota Karya (RMK), www.suzukimahkota.co.id
  15. Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) di Jakarta, www.suzukisbam.co.id 
  16.  Duta Cendana Adimandiri (DCA) di Jakarta, www.suzukidutacendana.co.id 
  17.  Dwiperkasa Mobiltama (DPM) di Tangerang, www.suzukidwiperkasa.co.id 
  18.  Armada Perkasa Mobilindo (APM) di Jakarta, www.suzukiarmada.co.id 
  19.  Handijaya Buana Trada (HJBT)  di Jakarta, www.suzukigunungsahari.co.id 
  20.  Sejahtera Buana Trada (SBT) di Jakarta, www.suzukitrada.co.id 
  21.  Indomobil Multi Trada (IMT) di Jakarta, www.indomobilsuzukidealer.co.id 
  22.  Sun Motor Jakarta (SUN) di Jakarta, www.suzukisunmotor.com 
  23.  Citra Asri Buana (CAB) di Jakarta, www.suzukidealercab.co.id 
  24.  Trimitra Sejahtera Mobilindo (TSM) di Jakarta, www.suzukitrimitra.co.id 
  25. Sejahtera Armada Trada (SAT) di Depok, www.suzukimargondadepok.co.id 
  26. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di Bandung, www.suzukinjs.co.id 
  27. Arindo Gedong Jembar (AGJ) di Tegal, www.suzukiarindo.co.id 
  28. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di Cirebon, www.suzukicintadamai.co.id 
  29. Sejahtera Sunindo Trada( SST) di Semarang, www.suzukitradajateng.co.id 
  30. Solo Indonesia Utama (SIU) di Solo, www.suzukisurakarta.co.id 
  31. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di Yogyakarta, www.suzukisumberbaru.co.id 
  32. United Motor Centre (UMC) di Surabaya, www.suzukiumc.co.id 
  33. Sejahtera Buana Trada (SBT) di Surabaya, www.suzukitradajatim.co.id 
  34. Sejahtera Sumberbaru Trada (SSBT) di Malang, ww.suzukidealerkalimalang.id 
  35. United Indo Bali (UIB) di Bali, www.suzukibali.id 

Anda tidak akan pernah rugi untuk mengecek kondisi mobil secara rutin dengan service di bengkel resmi Suzuki. Baik teknisi yang profesional, peralatan servis dengan teknologi baru dan suku cadang lengkap tersedia. 

 

Berita Lainnya