Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Jenis Apar Mobil dan Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 20 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SCROSS.jpg

Alat pemadam kebakaran sekarang ini bukan hanya disediakan di gedung-gedung atau fasilitas umum saja. Alat pemadam kebakaran ringan atau APAR, juga harus tersedia di dalam mobil. Jenis-jenis APAR mobil yang biasa digunakan bervariasi, sesuai dengan material yang digunakan.

Di dalam mobil, alat pemadam kebakaran ini disarankan untuk diletakkan di tempat yang aman dan yang paling penting adalah terlihat serta mudah untuk dijangkau. Hal ini dimaksudkan agar alat tersebut mudah untuk diambil ketika sewaktu-waktu diperlukan.

Apa yang Dimaksud dengan APAR Mobil?

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api ketika terjadi peristiwa kebakaran kecil. Alat ini wajib terdapat pada kendaraan mobil sebagai persiapan atau antisipasi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Baca Juga : Nyetir Mobil Saat Hujan? Wajib Perhatikan Hal Ini

Pada awalnya alat ini tidak harus ada pada kendaraan roda empat. Tetapi sejak tahun 2020, pemerintah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan setiap kendaraan roda empat menyediakan alat tersebut. Imbas dari peraturan ini tentunya akan ada sanksi bagi pemilik kendaraan yang melanggarnya.

Kewajiban menyediakan APAR di dalam mobil ini mempertimbangkan kondisi seringnya terjadi peristiwa yang mengakibatkan kebakaran pada mobil. Peristiwa kebakaran yang terjadi tentunya akan mengakibatkan kerugian, termasuk membahayakan keselamatan pengendara dan penumpang.

Penyediaan APAR tersebut tidak dibebankan kepada pemilik mobil. Akan tetapi penyediaannya sudah disiapkan oleh pihak produsen atau perakit mobil. Seperti ketika melakukan pembelian mobil Suzuki VIN 2021, dalam mobil tersebut sudah dilengkapi dengan APAR mobil.

Jenis-jenis APAR Mobil

Baca Juga : Mobil Warna Putih Tetap Kinclong? Ini Tipsnya

Alat pemadam kebakaran untuk mobil ini ada beberapa macam jenisnya. Penggolongan jenis APAR mobil ini adalah berdasarkan kegunaan dari alat pemadam kebakaran itu sendiri.  Penggunaan jenis APAR juga didasarkan pada jenis atau tingkatan kebakaran yang terjadi.

Kebakaran sendiri dibedakan menjadi beberapa kategori. Biasanya untuk memadamkan kebakaran, alat pemadam kebakaran yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kategori kebakaran tersebut. Adapun beberapa jenis alat pemadam kebakaran adalah sebagai berikut.

  • APAR Air

Jenis APAR yang pertama adalah APAR Air. Sesuai dengan namanya, alat pemadam kebakaran ini menggunakan air sebagai alatnya. Dengan kata lain, bahan atau material yang digunakan untuk memadamkan kebakaran pada APAR jenis ini berupa air.

Baca Juga : Saat Hujan Jangan Matikan AC Mobil! Ini Manfaatnya

Alat pemadam kebakaran ini merupakan alat yang paling tepat digunakan untuk memadamkan kebakaran yang termasuk dalam kebakaran kategori A. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebakaran dibedakan menjadi beberapa kategori berdasarkan penyebabnya.

Kebakaran kategori A adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan yang terbuat dari material non logam. Misalnya adalah kebakaran yang terjadi pada bahan yang terbuat dari kayu, kertas, kain, karet, dan bahan-bahan lainnya yang tidak terbuat dari logam.

Alat pemadam kebakaran jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan air dengan tekanan yang sangat tinggi untuk memadamkan api penyebab kebakaran. APAR jenis ini juga merupakan alat pemadam kebakaran yang paling ekonomis.

  • APAR Busa

APAR Busa adalah alat pemadam kebakaran yang menggunakan bahan kimia untuk memadamkan api. Bahan kimia yang digunakan tersebut nantinya akan membentuk busa ketika disemprotkan. Busa tersebut yang nantinya akan menutup api penyebab kebakaran.

Ketika busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) tersebut disemprotkan dan menutupi api, maka secara otomatis tidak ada oksigen yang bisa masuk. Dengan demikian, api menjadi kehabisan oksigen dan akhirnya akan padam.

APAR Busa ini digunakan untuk memadamkan api dari jenis kebakaran Kategori A dan Kategori B. Kebakaran Kategori B adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan cair. Contohnya adalah minyak, alkohol, dan solvent serta bahan cair lain yang bisa menyebabkan kebakaran.

  • APAR Serbuk Kimia

Jenis APAR selanjutnya adalah APAR Serbuk Kimia. Alat pemadam kebakaran jenis ini merupakan alat pemadam kebakaran yang bisa digunakan untuk memadamkan jenis kebakaran dengan Kategori A, Kategori B, dan kebakaran Kategori C.

Berbeda dengan kebakaran Kategori A dan Kategori B yang disebabkan oleh material tertentu, kebakaran Kategori C adalah kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik. Disini kebakaran terjadi karena ada masalah atau problem pada aliran listrik. Misalnya karena terjadi konsleting atau hubungan arus pendek.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya