Tips & Trik

Ini Risiko Mobil yang Terlalu Sering Terobos Genangan Air

PUBLISHED DATE : 11 Februari 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/banjir-suzuki.png

Akhir-akhir ini hujan sering membasahi beberapa wilayah Indonesia, khususnya wilayah Jabodetabek. Karena itu, genangan air yang cukup tinggi menjadi pemandangan biasa dan banyak pengendara kendaraan bermotor yang melintasinya tanpa ragu karena merasa hal ini aman untuk dilakukan.

Padahal Anda harus tahu bahwa terlalu sering membiarkan kendaraan menerjang genangan air itu tidak baik untuk kesehatan kendaraan kesayangan Anda. Apa sebenarnya akibat terlalu sering menerobos genangan bagi kondisi kendaraan bermotor seperti mobil?

Jika terlalu sering melintas di genangan air, maka komponen di dalam mesin bisa lebih cepat rusak dan yang lebih parah bisa membuat mesin akhirnya mengalami rusak berat. Jika kondisinya sudah rusak berat maka sudah bisa dipastikan biaya perbaikan jadi semakin besar.

Baca Juga : Penting, Kenali Proses Balancing Ban Motor dan Caranya

Masalah yang terjadi jika kendaraan terlalu sering melintas di genangan air adalah tercampurnya oli dengan air genangan. Ciri-cirinya, warna oli berubah menjadi seperti kopi susu. Kendaraan yang olinya sudah tercampur dengan oli sangat berisiko mengalami knocking. Jika ini yang terjadi, maka oli harus diganti dengan melakukan flushing atau pembilasan total.

Selain oli yang tercampur air,  komponen lain yang juga berpotensi mengalami kerusakan jika terlalu sering melintasi genangan adalah bearing, suspensi, dan transmisi. Potensi kerusakannya memang tidak besar, tapi tetap ada kemungkinan rusak. Terlebih kalau kendaraan Anda sering melintas di genangan yang berpasir.

Karena itulah, sebaiknya hindari jalanan yang sering tergenang saat hujan turun di musim hujan ini. Jika kendaraan Suzuki Anda bermasalah setelah melintasi genangan air, segera arahkan kendaraan Anda ke bengkel mobil resmi Suzuki untuk ditangani dengan tepat oleh mekanik handal Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Ini Penyebabnya Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya