Tips & Trik

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 05 Oktober 2021

8  Bengkel 2w

Kepala silinder adalah tempat untuk membakar campuran bahan bakar dan juga udara sehingga tenaga dihasilkan. Apabila kepala silinder kotor, maka akan menjadi penyebab tenaga motor seperti tertahan. 

Kerak seringkali menumpuk pada kepala silinder ini akibat bahan bakar. Hal ini akan sering terjadi jika Anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Solusinya adalah dengan membersihkan kerak, hanya saja pembongkaran menyeluruh diperlukan.  

    3. Spul Melemah

Dalam sistem pembakaran terdapat komponen kumparan berbahan tembaga yang disebut dengan spul. Fungsinya adalah sebagai sumber energi mesin dalam pembakaran BBM. 

Kondisi komponen spul ini bisa melemah yang dampaknya adalah pengapian tidak maksimal.  Jika pembakaran tidak sempurna maka tenaga motor akan terasa tertahan. 

    4. Tekanan pada Fuel Pump Berkurang

Penyebab tenaga motor seperti tertahan juga bisa berasal dari fuel pump yang terdapat pada mesin motor matic injeksi. Fungsinya adalah memompa bensin masuk ke injektor sehingga diterapkan pada ruang pembakaran. 

Ketika tekanan yang dibutuhkan berkurang maka suplai bahan bakar terhambat. Akibatnya tenaga motor tertahan dan jika suplai berhenti maka mesin bisa mati. Diperlukan pembongkaran lebih lanjut untuk memperbaikinya. 

    5. Filter Udara yang Tersumbat

Baca Juga : Charger Hp di Motor, Apakah Aki Bisa Tetap Awet?

Proses pembakaran juga membutuhkan udara bersih bebas dari kotoran. Oleh karena itulah filter udara peranannya sangat penting dan harus dijaga kebersihannya. Ketika tersumbat oleh kotoran, suplai udara pun berkurang. 

Pembakaran yang harus menghasilkan tenaga jadi tertahan. Solusinya adalah dengan membersihkan filter udara ketika servis. 

Perawatan secara berkala seperti service rutin adalah cara paling tepat untuk mengatasi masalah tenaga motor seperti tertahan ini.  Anda sebaiknya melakukan perawatan di bengkel motor Suzuki resmi terdekat secara rutin. 

Melakukan service rutin setiap bulan bukan hanya mengatasi penyebab tenaga motor seperti tertahan. Anda juga dapat mencegah kerusakan dengan mendeteksi adanya masalah pada motor sejak dini. 

Apalagi bengkel motor Suzuki menyediakan teknisi profesional yang paham betul dengan kendaraan roda dua. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya