Mau Motor Prima Luar Dalam? Begini Tips Sederhanya

27 Juni 2018
Share to

Sebagai kendaraan harian yang diandalkan untuk menunjang aktivitas harian, sepeda motor harus terus dijaga kondisinya. Selain melakukan perawatan harian, Anda pun wajib melakukan perawatan berkala, seperti sevices rutin, mengganti oli hingga mengganti kampas rem.

Berikut merupakan beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan agar kondisi motor tetap maksimal luar dan dalam.

Cuci Motor Secara Rutin

Mencuci motor secara rutin tidak hanya menjadikannya terlihat bersih dan mengkilap. Tapi lebih dari itu, motor yang bersih akan membuat karat enggan menempel di bagian motor yang terbuat dari besi. Selain itu, motor yang bersih pun akan membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya.

Untuk hasil yang maksimal, cuci sepeda motor dengan menggunakan steam. Jangan lupa, bersihkan motor hingga ke bagian terdalam bodi motor.

Selalu Gunakan Spare Part Resmi

Semua produsen motor akan menyediakan spare part resmi untuk menjaga sepeda motor Anda tetap prima. Khusus untuk motor Suzuki, pastikan Anda menggunakan spare part yang dikhususnya untuk motor-motor Suzuki. Spare part ini bisa Anda dapatkan di bengkel resmi Suzuki.

Kewajiban mengguankan spare part resmi ini berlaku juga untuk oli. Ini sangat penting, mengingat oli sangat berpengaruh kepada performa motor dan perlindungan mesin motor Anda.

Panasi Mesin Sebelum Digunakan

Sebelum digunakan, sebaiknya panasi dulu mesin. Caranya, gunakan standar tengah dan gunakan kick starter terlebih dulu agar oli yang ada dalam mesin mengisi celah-celah kosong di dalamnya. Lakukan ini sebanyak 3-5 kali. Setelah itu, baru putar kunci ke posisi On dan nyalakan motor.

Biarkan motor menyala selama 3-5 menit, setelah itu baru Anda bisa menggunakannya seperti biasa. Rutinitas ini wajib dilakuakn setiap pagi atau saat motor pertama kali dinyalakan.

Service Rutin

Sebaiknya sepeda motor Anda diservice rutin, setidaknya 1-2 bulan sekali. Meskipun begitu, kebanyakan orang biasanya akan melakukan services rutin ini sekalian sambil mengganti oli mesin motornya, atau saat kendaraan sudah melaju sejauh 2500-3000 km.

Untuk hasil yang maksimal, pastikan Anda selalu melakukan sevices rutin di bengkel resmi Suzuki. Mintalah pada mekaniknya untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh!