Tips & Trik

Kenapa Ban Tubeless Sering Kempes? Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 22 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/170636641_s.jpg

Sekarang banyak sepeda motor yang menggunakan ban tubeless. Namun demikian, ada kalanya ban tubeless sering kempes, dan intensitasnya lebih tinggi dari ban biasa.

Kalau sudah kempes, pasti ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya seperti seperti bocor halus, ban sudah botak, dan lain sebagainya. 

Jika ban tubeless Anda mengalami kempes, maka harus segera melakukan penambalan, atau menggantinya dengan ban baru.

Baca Juga : 9 Cara Mengendarai Motor Kopling Agar Tidak Cepat Lelah

Fakta Ban Tubeless Motor yang Perlu Anda Tahu

Ban yang menjadi pilihan banyak pengendara motor ini ternyata memiliki beberapa fakta tentang kelebihan dan kekurangan yang mungkin jarang diketahui.

Jika Anda telah mengetahui fakta-faktanya maka bisa menghindarkan ban tubeless dari hal-hal yang dapat merusak tekstur dan strukturnya.

  • Cocok Digunakan di Musim Penghujan

Baca Juga : Penyebab Knalpot Motor Nembak Saat Lepas Gas & Solusinya

Ketika melintasi jalan yang licin, apalagi ketika musim hujan diperlukan motif ban yang sesuai. Ban tubeless ini sangat cocok digunakan di musim penghujan karena jumlah motifnya yang cukup banyak.

Sebenarnya, ini tidak terlalu berbeda dengan ban konvensional, tetapi penekanan motifnya lebih dalam.

Motif yang lebih dalam ini menyebabkan ban lebih mudah mengeluarkan air dan daya cengkramnya semakin bagus.

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Penyebab Motor Mati Seperti Kehabisan Bensin

Ban tubeless pada motor juga membantu mengurangi selip saat berada di jalan yang licin seperti saat habis hujan.

  • Saat Bocor Tidak Langsung Kempes

Untuk Anda yang takut ban tiba-tiba bocor di jalan, ban tubeless ini akan menghapus kekhawatiran Anda. Alih-alih langsung kempes, ban jenis ini akan menunjukkan tanda-tanda jika harus segera ditambal atau diganti. 

Selain itu, angin yang ada di dalam ban tubeless bisa bertahan cukup lama. Ban tubeless yang bocor harus tetap ditambal atau diganti. 

Tetapi dengan sifatnya yang bisa bertahan lama meskipun dalam keadaan bocor, memberikan Anda waktu untuk menemukan tukang tambal ban terlebih dahulu tanpa harus menuntun motor. Waktu penambalannya pun juga cukup singkat hanya 10 menit saja.

  • Usia Lebih Singkat

Ban ini memiliki kandungan yang lebih lunak jika dibandingkan dengan ban biasa. Hal inilah yang menyebabkan umur pakai dari ban tubeless jadi lebih pendek. 

Strukturnya yang lebih tebal menjadi salah satu alasan kenapa ban tubeless sering kempes serta mempercepat kerusakan pelek saat lewat jalan terjal.

Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

153698264_s

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya