Tips & Trik

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 05 Oktober 2021

8  Bengkel 2w

Penyebab tenaga motor seperti tertahan yang selanjutnya adalah hilangnya kompresi pada motor. Kompresi pada motor adalah tekanan yang dihasilkan pada piston saat gas dan udara dipadatkan sehingga volumenya mengecil. 

Pada saat kompresi motor menghilang, maka tenaga akan tertahan. Hal ini paling sering terjadi pada motor matic yang memiliki RPM tinggi. Dampak yang terjadi bahkan bukan hanya tenaga motor tertahan, tetapi juga bisa mesin mati. 

Cara mengatasi motor yang sudah mati karena masalah pada kompresi ini adalah dengan starter engkol. Anda bisa menarik gas sampai maksimal, tujuannya agar bahan bakar bisa masuk ke dalam mesin. 

Demi mencegah terjadinya masalah pada kompresi motor, sebaiknya Anda melakukan perawatan secara berkala.

busiiii

Sistem Pembakaran yang Tidak Lancar 

Tenaga yang dihasilkan oleh motor berasal dari pembakaran antara BBM di ruang bakar. Ada banyak sekali komponen yang membantu untuk memercikkan api, memasukan udara dan juga BBM. 

Baca Juga : Kapan Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dipakai?

Masing-masing komponen bekerja saling mendukung supaya semua bahan pembakaran tersebut jumlahnya tepat. Apabila terjadi masalah pada salah satu komponen saja tenaga motor bisa saja tertahan. 

Komponen dalam sistem pembakaran motor yang mengalami kerusakan pun ada begitu banyak. Pengecekan berkala beberapa komponen berikut ini pun diperlukan. 

  1. Busi Motor sudah Rusak

Penyebab tenaga motor seperti tertahan pada proses pembakaran yang pertama adalah berasal dari busi. Fungsi dari busi adalah menciptakan pengapian sehingga proses pembakaran akan bekerja. 

Sayangnya kondisi busi yang buruk akan mempengaruhi percikan api yang dihasilkan dan pengapian pun terhambat. Jika busi sudah mati, maka pengapian pada ruang bakar tidak akan bekerja. 

Jalan satu-satunya adalah dengan mengganti busi yang rusak, Anda tidak bisa membersihkan atau memperbaiki busi yang sudah mati. 

    2. Kepala Silinder Kotor 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya