Tips & Trik

Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 05 Oktober 2021

8  Bengkel 2w

Pernah mengalami masalah pada sepeda motor yang terasa seperti atau kehilangan tenaga? Hal ini juga sering disebut dengan ngempos dan bisa terjadi pada sepeda motor jenis apapun. 

Anda yang baru pertama kali mengalaminya tidak perlu panik, karena hanya perlu mengetahui penyebab tenaga motor seperti tertahan tersebut dan mengatasinya. 

Secara umum masalah tenaga motor tertahan disebabkan oleh perawatan, usia kendaraan, masalah pada kompresi mesin, dan proses pembakaran. Simak penjelasan lengkapnya. 

10 Penyebab Tenaga Motor seperti Tertahan serta Cara Sederhana Mengatasinya 

Masalah motor tertahan ini akan sangat terasa ketika Anda sedang menancap gas tinggi. Sepeda motor akan kehilangan tenaganya untuk melaju. Anda tentu akan merasa kesulitan berkendara di jalanan datar apalagi menanjak. 

Apabila sehari-hari Anda harus berkendara melewati bukit, sepeda motor akan terasa berat untuk dikendarai. Hal ini tidak boleh dibiarkan terus menerus karena bisa berakibat fatal pada beberapa komponen mesin. 

Penyebab tenaga motor seperti tertahan ini bisa dikarenakan beberapa hal. Kenali penyebab dan cara sederhana mengatasinya berikut ini. 

Jarang Perawatan secara Berkala jadi Penyebab Utama 

Tenaga motor bisa tiba-tiba hilang karena Anda jarang melakukan perawatan berkala seperti service. Padahal Anda menggunakan kendaraan secara intens setiap hari membuat beberapa komponen yang seharusnya dicek atau diganti jadi tertunda. 

Contoh paling sering terjadi adalah masalah pada sistem kelistrikan. Setiap sepeda motor dilengkapi dengan accu atau aki yang fungsinya sebagai baterai untuk menyimpan daya listrik. Aki perlu perawatan dengan mengecek kondisinya. 

Baca Juga : Jadi Mudah, Ini Syarat & Cara Bayar Pajak Motor Online

Pada saat sistem kelistrikan yang menjadi awal mula proses pembakaran terjadi mengalami masalah, maka mesin akan terasa tertahan saat digas. Penyebabnya karena aki sudah tidak bisa menampung daya listrik atau menyalurkannya sesuai kebutuhan. 

Apabila penyebab tenaga motor seperti tertahan karena Anda jarang merawatnya, maka mulai sekarang cukup rutin service. Setiap bengkel akan menyarankan jadwal servis sesuai dengan kebutuhan motor. 

Tujuannya agar semua komponen yang perlu dibersihkan atau diganti bisa dilakukan tepat waktu. 

Kerusakan Komponen karena Faktor Usia 

Tenaga motor tertahan seringkali terjadi pada sepeda motor matik atau manual versi lama. Masalah usia kendaraan memang tidak bisa menipu, performanya akan menurun apalagi ditambah Anda tidak melakukan perawatan yang rutin. 

Misalnya saja sepeda motor manual yang sudah berusia lima tahun lebih, biasanya memiliki masalah pada rantai. Sedangkan hal yang sama juga bisa terjadi pada van belt di sepeda motor matic. 

Penyebab tenaga motor seperti tertahan ini karena usia dari rantai atau van belt sudah terlalu lama dan mulai kendor. Padahal komponen ini bekerja untuk menyalurkan putaran dari mesin kepada kedua roda motor. 

Pada saat rantai atau van belt tidak bisa lagi menyalurkan tenaga mesin, maka motor akan terasa tertahan. Solusinya adalah mengganti rantai atau van belt yang sudah rusak dan tidak bisa dikencangkan lagi, Anda pun tidak perlu menunggunya sampai putus. 

Masalah pada Kompresi Mesin

Penyebab tenaga motor seperti tertahan yang selanjutnya adalah hilangnya kompresi pada motor. Kompresi pada motor adalah tekanan yang dihasilkan pada piston saat gas dan udara dipadatkan sehingga volumenya mengecil. 

Pada saat kompresi motor menghilang, maka tenaga akan tertahan. Hal ini paling sering terjadi pada motor matic yang memiliki RPM tinggi. Dampak yang terjadi bahkan bukan hanya tenaga motor tertahan, tetapi juga bisa mesin mati. 

Cara mengatasi motor yang sudah mati karena masalah pada kompresi ini adalah dengan starter engkol. Anda bisa menarik gas sampai maksimal, tujuannya agar bahan bakar bisa masuk ke dalam mesin. 

Demi mencegah terjadinya masalah pada kompresi motor, sebaiknya Anda melakukan perawatan secara berkala.

busiiii

Sistem Pembakaran yang Tidak Lancar 

Tenaga yang dihasilkan oleh motor berasal dari pembakaran antara BBM di ruang bakar. Ada banyak sekali komponen yang membantu untuk memercikkan api, memasukan udara dan juga BBM. 

Masing-masing komponen bekerja saling mendukung supaya semua bahan pembakaran tersebut jumlahnya tepat. Apabila terjadi masalah pada salah satu komponen saja tenaga motor bisa saja tertahan. 

Komponen dalam sistem pembakaran motor yang mengalami kerusakan pun ada begitu banyak. Pengecekan berkala beberapa komponen berikut ini pun diperlukan. 

  1. Busi Motor sudah Rusak

Penyebab tenaga motor seperti tertahan pada proses pembakaran yang pertama adalah berasal dari busi. Fungsi dari busi adalah menciptakan pengapian sehingga proses pembakaran akan bekerja. 

Sayangnya kondisi busi yang buruk akan mempengaruhi percikan api yang dihasilkan dan pengapian pun terhambat. Jika busi sudah mati, maka pengapian pada ruang bakar tidak akan bekerja. 

Jalan satu-satunya adalah dengan mengganti busi yang rusak, Anda tidak bisa membersihkan atau memperbaiki busi yang sudah mati. 

    2. Kepala Silinder Kotor 

Kepala silinder adalah tempat untuk membakar campuran bahan bakar dan juga udara sehingga tenaga dihasilkan. Apabila kepala silinder kotor, maka akan menjadi penyebab tenaga motor seperti tertahan. 

Kerak seringkali menumpuk pada kepala silinder ini akibat bahan bakar. Hal ini akan sering terjadi jika Anda menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Solusinya adalah dengan membersihkan kerak, hanya saja pembongkaran menyeluruh diperlukan.  

    3. Spul Melemah

Baca Juga : Oli Gardan: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggantinya

Dalam sistem pembakaran terdapat komponen kumparan berbahan tembaga yang disebut dengan spul. Fungsinya adalah sebagai sumber energi mesin dalam pembakaran BBM. 

Kondisi komponen spul ini bisa melemah yang dampaknya adalah pengapian tidak maksimal.  Jika pembakaran tidak sempurna maka tenaga motor akan terasa tertahan. 

    4. Tekanan pada Fuel Pump Berkurang

Penyebab tenaga motor seperti tertahan juga bisa berasal dari fuel pump yang terdapat pada mesin motor matic injeksi. Fungsinya adalah memompa bensin masuk ke injektor sehingga diterapkan pada ruang pembakaran. 

Ketika tekanan yang dibutuhkan berkurang maka suplai bahan bakar terhambat. Akibatnya tenaga motor tertahan dan jika suplai berhenti maka mesin bisa mati. Diperlukan pembongkaran lebih lanjut untuk memperbaikinya. 

    5. Filter Udara yang Tersumbat

Proses pembakaran juga membutuhkan udara bersih bebas dari kotoran. Oleh karena itulah filter udara peranannya sangat penting dan harus dijaga kebersihannya. Ketika tersumbat oleh kotoran, suplai udara pun berkurang. 

Pembakaran yang harus menghasilkan tenaga jadi tertahan. Solusinya adalah dengan membersihkan filter udara ketika servis. 

Perawatan secara berkala seperti service rutin adalah cara paling tepat untuk mengatasi masalah tenaga motor seperti tertahan ini.  Anda sebaiknya melakukan perawatan di bengkel motor Suzuki resmi terdekat secara rutin. 

Melakukan service rutin setiap bulan bukan hanya mengatasi penyebab tenaga motor seperti tertahan. Anda juga dapat mencegah kerusakan dengan mendeteksi adanya masalah pada motor sejak dini. 

Apalagi bengkel motor Suzuki menyediakan teknisi profesional yang paham betul dengan kendaraan roda dua. 

 

Berita Lainnya