Tips & Trik

Charger Hp di Motor, Apakah Aki Bisa Tetap Awet?

Seiring perkembangan teknologi yang semakin mutakhir, kemampuan performa kendaraan juga berkembang. Tak hanya adu lincah dan irit, varian motor juga dilengkapi fitur charge untuk menambah daya tariknya. Charger hp di motor seakan menjadi kebutuhan bagi pengemudi masa kini.

Fitur charge hp saat ini sudah bisa ditemukan pada beberapa inovasi terbaru brand suzuki. Meski begitu, banyak peminat charge hp untuk motornya mencoba memodifikasinya sendiri. Lalu, apakah aki juga bisa awet bila motor memiliki fitur charger hp ini? Simak penjelasannya berikut?

Sekilas Tentang Fitur Charger Hp di Motor

Saat ini sudah banyak ditemui pengemudi yang senang menambahkan fitur charge pada motornya. Seakan menjadi pola kebutuhan, fitur charge hp menjadi marak dijual di pasaran. Pengemudi menjadi berlomba untuk menambahkan fitur ini meskipun pada awalnya motor tidak dilengkapi fitur charger.

Fitur charger sendiri merupakan terobosan baru di industri motor untuk menambah tampilan dan fitur agar lebih unggul. Bentuk inovasi ini tentu saja memanfaatkan sumber energi listrik dari aki untuk dapat dioperasikan.

Sekilas memang terlihat bahwa mengisi daya ponsel di motor tidak mengkonsumsi banyak energi dari aki sehingga sering kali digunakan secara terus menerus. Namun demikian, tampaknya, hal ini memiliki pengaruh besar yang mungkin terjadi pada ketersediaan aki motor.

Fitur charge motor memang memberikan kemudahan bagi penggunanya, namun efek samping bila digunakan terus menerus juga perlu diperhatikan. Hal ini agar dampak negatif yang mungkin terjadi bila charge motor terlalu sering digunakan dapat dihindari.

Apakah Aki Bisa Bisa Tetap Awet Jika Digunakan dalam Keadaan Motor Mati atau Hidup?

Charge hp tentu saja memanfaatkan energi listrik sebagai pemasok energi utamanya. Pada motor, sumber listrik didapat dari aki. Hal ini berarti aktivitas charge hp juga memepengaruhi ketersediaan aki secara langsung.

Beberapa motor keluaran terbaru kini telah dilengkapi dengan fitur charge hp motor ini. Keunggulan ini tentu membawa manfaat bagi penggunanya.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keunggulan fitur ini dapat dimanfaatkan dengan bijak dan tidak menimbulkan dampak negatif yang mungkin terjadi. Hal ini berkaitan juga dengan tingkat konsumsi aki ketika proses charge hp di kendaraan dilakukan.

Berkaitan dengan itu, pengguna perlu mengetahui kapan sebaiknya menggunakan charge hp agar fitur ini dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perlu dipahami pula  bahwa menggunakan fitur charge hp ada baiknya dilakukan ketika motor sedang menyala atau lebih baik dikemudikan.

Sumber energi listrik ketika motor diam hanya bisa didapat dari aki. Hal ini menunjukkan charge motor saat kondisi motor mati dapat mempercepat aki menjadi soak karena konsumsi yang terlalu tinggi.

Sebaliknya, bila charge hp dilakukan dalam kondisi motor menyala atau dikemudikan, kemungkinan aki cepat soak dapat dihindari. Hal ini dapat membantu efektivitas penggunaan aki agar tidak boros.

charger_hp_di_motor

Tips Agar Mengisi Daya Hp di Motor Tidak Menyebabkan Aki Menjadi Soak

Charge hp sebagai salah satu fitur pada motor ini pada dasarnya memanfaatkan energi dari aki sebagai energi listrik utama yang dikonsumsinya. Hal ini tentu saja mempengaruhi ketersediaan aki pada motor sehingga perlu diperhatikan pula beberapa hal yang mungkin akan membuatnya boros.

Tanda bila aki telah soak, biasanya adalah timbul performa yang kurang dari motor. Dalam hal ini, terkadang klakson akan mengeluarkan suara serak dan tidak nyaring sebagai tanda aki telah soak.

Selain itu, motor sulit distarter juga merupakan kondisi aki yang mulai melemah. Hal ini memang tidak bisa dihindari, namun dapat diperlambat. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan konsumsi aki ketika memanfaatkan fitur charger hp pada motor ini.

Fitur ini memberikan manfaat dan kemudahan, namun juga dapat menimbulkan efek samping negatif bila digunakan secara berlebihan. Berikut tips agar charge hp motor tidak menyebabkan aki cepat soak.

  • Charge Hp Sebaiknya Dilakukan di Rumah Terlebih Dahulu

Tips yang paling utama agar aki motor tidak cepat soak adalah dengan mengisi daya baterai hp di rumah. Pasti akan ada saatnya dimana hp tidak digunakan, seperti pada jam tidur pengguna. Waktu-waktu tersebut itu adalah waktu yang tepat untuk mengisi daya.

Charge hp di rumah juga dapat memberikan daya yang maksimal untuk hp Anda. Selain itu, konsumsi daya listrik untuk charge hp di rumah sepenuhnya dibebankan pada sumber listrik yang dialirkan ke rumah.

Dengan begitu Anda tidak perlu memanfaatkan fitur charge sama sekali ketika berkendara dalam jarak dekat. Pada dasarnya, fitur ini memberikan kemudahan agar pengemudi tidak kehabisan daya ponselnya ketika dalam perjalanan.

  • Tidak Terlalu Sering Menggunakan Fitur Charge Di Motor

Fitur charge di motor  ada baiknya digunakan dalam keadaan mendesak saja yang mengharuskan ponsel tetap menyala namun kondisi baterai melemah. Dapat dikatakan, fitur charge menjadi penolong utama ketikan dalam kondisi darurat seperti ini.

Memang keadaan mendesak seringkali datang tiba-tiba. Hal ini tak lantas membuat pengemudi dapat menggunakan fitur charge hp pada motor ini terlalu sering. Sebaiknya juga diperhitungkan kapan saja waktu yang tepat untuk cas hp di motor agar tidak terlalu sering dan menghabiskan energi aki.

Terlalu sering menggunakan fitur charge hp ini dapat mempercepat aki menjadi tekor hingga soak. Hal ini karena konsumsi daya yang terlalu sering dapat melebihi kemampuan fitur dan kapasitas aliran listrik pada motor.

Selain itu, fitur ini juga tidak dianjurkan untuk dijadikan sebagai tempat utama pengisian ulang daya tambahan. Hal ini dapat menimbulkan banyak sekali energi yang terserap hanya untuk charging hp di motor.

  • Charge Hp Dilakukan Ketika Motor Menyala

Sumber energi listrik yang didapat ketika motor diam adalah dari aki. Hal tersebut tentu saja membuat konsumsi terhadap energi aki menjadi lebih tinggi. Berkaitan dengan itu, ada baiknya bila cas hp di motor dilakukan ketika motor menyala atau sedang dikendarai.

Sumber energi lain ketika motor menyala dapat diperoleh dari aktivitas bahan bakar motor. Hal ini tentu saja bisa mengurangi daya konsumsi aki yang berlebih ketika charging hp dilakukan.

  • Tidak Mengoperasikan Hp Ketika Charging

Pengisian daya akan lebih maksimal jika ponsel tidak melulu dioperasikan ketika diisi dayanya. Hal tersebut berlaku ketika charging hp dilakukan di rumah maupun di motor.

Konsumsi daya ketika hp digunakan bisa saja lebih besar dari daya yang sedang diisikan ulang. Hal tersebut perlu dihindari agar pengisian daya dapat lebih efektif.

Selain itu, mengoperasikan smartphone ketika berkendara juga tidak dianjurkan. Peraturan pemerintah telah menetapkan tindakan tersebut adalah pelanggaran. Ada baiknya tidak menggunakan hp ketika berkendara untuk mengutamakan keselamatan di jalan.

Varian Motor Suzuki yang Sudah Tersedia Fitur Charge

Saat ini telah banyak motor yang dikembangkan dengan inovasi fitur charger hp di motor yang melengkapinya. Salah satu brand ternama suzuki akan mengadakan launching produk terbarunya yang telah didukung oleh fitur tersebut melalui Suzuki Nex II.

Suzuki Nex II adalah terobosan baru dengan design sportif dan dinamik. Dilengkapi dengan fitur usb charger yang ditawarkan, menjadikan varian ini menjadi dinantikan oleh pecinta suzuki.

Motor suzuki Nex II juga dilengkapi fitur lain yang tak kalah keren untuk menunjang kebutuhan berkendara Anda. Di samping itu, ada beberapa varian warna yang dapat dijadikan opsi pilihan sesuai selera..

 

Berita Lainnya