Tips & Trik

Apa Itu Kick Starter? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Kick starter merupakan salah satu bagian penting dari motor yang membantu untuk menyalakan kendaraan tersebut. Komponen ini lebih dikenal sebagai starter manual dan masih disematkan di beberapa sepeda motor agar tidak selalu menggunakan cara menghidupkan berbasis elektrik.

Komponen ini harus sering digunakan agar tidak mengalami kemacetan dan per selah penghubungnya berkarat. Lalu apa sebenarnya starter manual ini beserta fungsinya? Simak ulasan berikut ini mengenai pengertian, manfaat starter manual, serta cara untuk menjaganya agar tetap berfungsi.

Pengertian Kick Starter

Bagi Anda yang belum memahami apa itu kick starter, komponen ini merupakan bagian untuk menghidupkan sepeda motor. Starter manual ini akan membantu Anda untuk menghidupkan motor agar tidak selalu menggunakan cara elektrik, sehingga cepat rusak.

Menghidupkan motor dengan starter manual ini membutuhkan sedikit tenaga karena Anda harus menginjak engkolnya. Namun cara ini sesekali diperlukan agar komponen tersebut tidak berkarat dan sistem starter elektrik tidak cepat habis.

Komponen ini bisa sering digunakan terutama di pagi hari saat motor baru pertama kali dinyalakan. Penggunaan dari bagian motor yang satu ini ternyata juga mempunyai lebih banyak manfaat dibandingkan dengan cara menghidupkan kendaraan secara elektrik.

Fungsi Kick Starter

Fungsi kick starter yang pertama adalah untuk menghidupkan sepeda motor secara manual. Komponen ini bekerja dengan cara di engkol atau dengan menginjaknya, sehingga mesin motor bisa menyala. Berbagai tipe sepeda motor banyak yang masih tetap menggunakan komponen ini.

Starter manual banyak difungsikan oleh pengendara sepeda motor non matic, karena penggunaannya lebih mudah. Sementara pengguna sepeda motor matic terkadang tidak menggunakannya karena harus memasang standar tengah dulu agar bisa menginjak engkol.

Menggunakan komponen ini memang membutuhkan tenaga lebih banyak, namun baik untuk keawetan mesin motor. Penggunaan starter manual ini juga masih tetap bisa diimbangi dengan cara elektrik agar Anda tidak merasa terlalu lelah saat harus selalu menghidupkan kendaraan dengan diengkol.

kick_starter

Manfaat Kick Starter

Ada beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dengan adanya kick starter, selain untuk menghidupkan motor secara manual. Simak ulasan berikut ini mengenai apa saja manfaat yang akan didapatkan apabila menggunakan starter manual untuk menyalakan sepeda motor.

  • Menjaga Electric Starter Agar Tidak Mudah Rusak

Manfaat pertama menggunakan engkol manual ini adalah untuk menjaga electric starter agar tidak mudah rusak. Penggunaan electric starter secara terus menerus tidak baik untuk keberlanjutan komponen tersebut, sehingga sesekali perlu menggunakan engkol manual.

Engkol manual ini bisa digunakan sewaktu-waktu saat starter electric mengalami kemacetan akibat adanya kerusakan tertentu. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan engkol ini di pagi hari saat mesin sepeda motor masih dalam kondisi dingin dan belum dinyalakan dengan starter electric.

Menggunakan engkol manual ini secara rutin akan membantu Anda untuk menjaga starter electric agar bebannya tidak bertambah. Hal ini karena langsung menggunakan starter elektrik di pagi hari membuat komponen tersebut memaksa mesin cepat menyala, sehingga bisa cepat rusak.

  • Membuat Aki Lebih Irit

Starter manual ini ternyata juga membantu membuat aki menjadi lebih irit, sehingga harus digunakan secara rutin. Menghidupkan motor dengan cara manual dapat menghemat aliran listrik, sehingga akan membuat aki lebih irit dan tidak cepat soak.

Dengan menggunakan engkol manual untuk menghidupkan motor di pagi hari, akan bisa mencegah adanya masalah kelistrikan pada kendaraan. Di samping itu, cara menghidupkan motor manual ini juga akan membantu Anda untuk memperpanjang usia aki.

Pada saat aki sedang soak dan aliran listriknya lemah, engkol manual ini merupakan jalan yang tepat untuk menghidupkan motor. Hal ini disebabkan starter electric tidak bisa menyala saat kondisi aki soak, sehingga cara menghidupkan motor hanya bisa dengan diengkol.

  • Membuat Sirkulasi Oli Lebih Lancar

Manfaat berikutnya dari menggunakan starter manual adalah membuat sirkulasi oli pada komponen lain lebih lancar. Hal ini karena tenaga yang Anda keluarkan saat menginjak komponen ini besar, sehingga memberikan tekanan tersendiri dan membuat sirkulasi oli lebih lancar.

Oli yang mengalir dengan lancar ini akan membuat komponen lain terlumasi, sehingga kinerjanya juga optimal. Hal ini juga akan membuat mesin menjadi tidak berisik saat dinyalakan karena sirkulasi olinya lancar. Oleh sebab itu, starter manual ini lebih baik sering digunakan untuk menyalakan motor.

  • Agar Per Selah nya Tidak Karatan

Hal terakhir yang perlu Anda ketahui dari pentingnya menggunakan starter manual adalah agar per selah nya tidak karatan. Komponen ini mempunyai per yang akan berfungsi saat Anda menginjaknya agar memberikan tekanan pada komponen mesin untuk menyala.

Apabila starter manual tidak pernah digunakan, maka akibatnya adalah akan terjadi karat pada komponen per selah nya. Hal ini malah akan lebih menyulitkan Anda di saat electric tidak bisa menyala, sehingga harus menggunakan engkol dengan tekanan lebih besar karena per selah nya berkarat.

Menggunakan komponen ini secara rutin juga akan menghindarkan Anda dari kemacetan engkol. Pada sepeda motor yang engkolnya jarang digunakan, sering ditemui kemacetan pada komponen tersebut, sehingga menyulitkan pada keadaan darurat.

Umur Kick Starter

Umur kick starter motor ini sebenarnya tergantung dari tingkat rutinitas penggunaannya. Apabila kick starter selalu rutin digunakan saat menyalakan mesin di pagi hari, maka bisa bertahan bertahun-tahun. Sementara jika digunakan sesekali saja, umumnya maksimal bertahan hingga 5 tahun saja.

Jika starter manual ini tidak pernah digunakan, maka akan lebih cepat rusak karena engkolnya sudah keras dan giginya berkarat. Engkol manual ini sebenarnya sama seperti komponen lainnya yang perlu digunakan dan dirawat rutin agar tetap awet.

Akibat Kick Starter Jarang Digunakan

Akibat starter manual jarang digunakan yang paling mendasar adalah aki cepat habis dan terdapat gangguan kelistrikan pada motor. Menyalakan mesin dengan cara electric memang memudahkan Anda, tapi sebenarnya menambah berat beban aki untuk mengalirkan listrik ke komponen lainnya.

Dampak berikutnya apabila jarang menggunakan engkol manual adalah sirkulasi oli pada komponen lain tidak lancar. Hal ini akan membuat motor menjadi terdengar lebih berisik saat dikendarai karena aliran olinya tidak lancar dan cepat habis, sehingga banyak komponen motor menjadi kering.

Cara Menjaga Kick Starter

Langkah paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga starter manual ini adalah dengan menggunakannya secara rutin agar memperpanjang usianya. Di samping itu, Anda juga bisa mengecek komponen ini secara rutin untuk memastikan engkolnya tidak keras atau pernya berkarat.

Perawatan lebih lanjut komponen ini bisa dilakukan dengan membawanya ke bengkel resmi milik Suzuki. Bengkel resmi Suzuki ini menyediakan montir profesional untuk membantu mengecek kondisi starter manual, sehingga lebih mudah digunakan.

Kick starter memerlukan perawatan rutin di bengkel untuk memastikan bahwa tidak ada permasalahan dalam komponennya. Di samping itu, bengkel resmi Suzuki juga akan memberikan pelumas pada komponen ini agar Anda tidak kesulitan saat menggunakannya.

Berita Lainnya