Tips & Trik

Apa Itu Kick Starter? Ini Fungsi dan Manfaatnya

PUBLISHED DATE : 16 Juni 2021

Kick Starter Pada Motor

Engkol manual ini bisa digunakan sewaktu-waktu saat starter electric mengalami kemacetan akibat adanya kerusakan tertentu. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan engkol ini di pagi hari saat mesin sepeda motor masih dalam kondisi dingin dan belum dinyalakan dengan starter electric.

Menggunakan engkol manual ini secara rutin akan membantu Anda untuk menjaga starter electric agar bebannya tidak bertambah. Hal ini karena langsung menggunakan starter elektrik di pagi hari membuat komponen tersebut memaksa mesin cepat menyala, sehingga bisa cepat rusak.

  • Membuat Aki Lebih Irit

Starter manual ini ternyata juga membantu membuat aki menjadi lebih irit, sehingga harus digunakan secara rutin. Menghidupkan motor dengan cara manual dapat menghemat aliran listrik, sehingga akan membuat aki lebih irit dan tidak cepat soak.

Dengan menggunakan engkol manual untuk menghidupkan motor di pagi hari, akan bisa mencegah adanya masalah kelistrikan pada kendaraan. Di samping itu, cara menghidupkan motor manual ini juga akan membantu Anda untuk memperpanjang usia aki.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor Anda

Pada saat aki sedang soak dan aliran listriknya lemah, engkol manual ini merupakan jalan yang tepat untuk menghidupkan motor. Hal ini disebabkan starter electric tidak bisa menyala saat kondisi aki soak, sehingga cara menghidupkan motor hanya bisa dengan diengkol.

  • Membuat Sirkulasi Oli Lebih Lancar

Manfaat berikutnya dari menggunakan starter manual adalah membuat sirkulasi oli pada komponen lain lebih lancar. Hal ini karena tenaga yang Anda keluarkan saat menginjak komponen ini besar, sehingga memberikan tekanan tersendiri dan membuat sirkulasi oli lebih lancar.

Oli yang mengalir dengan lancar ini akan membuat komponen lain terlumasi, sehingga kinerjanya juga optimal. Hal ini juga akan membuat mesin menjadi tidak berisik saat dinyalakan karena sirkulasi olinya lancar. Oleh sebab itu, starter manual ini lebih baik sering digunakan untuk menyalakan motor.

  • Agar Per Selah nya Tidak Karatan

Hal terakhir yang perlu Anda ketahui dari pentingnya menggunakan starter manual adalah agar per selah nya tidak karatan. Komponen ini mempunyai per yang akan berfungsi saat Anda menginjaknya agar memberikan tekanan pada komponen mesin untuk menyala.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya