Tips & Trik

Penyebab Asap Putih Keluar pada Knalpot Mobil

PUBLISHED DATE : 02 Agustus 2023

Asap Putih Mobil

Meski ini bukanlah penyebab masalah serius, tetapi Anda tetap perlu memperhatikannya. Pastikan untuk mengeringkan mobil dengan baik setelah mencuci dan lebih berhati-hati saat mengendarai di tengah hujan deras.

2. Kebocoran Air Pendingin

Air pendingin berfungsi untuk menjaga suhu dan kinerja mesin agar tetap optimal. Namun, jika terjadi kebocoran dan air pendingin masuk ke dalam silinder, knalpot akan menghasilkan asap berwarna putih saat mesin dinyalakan.

Kebocoran ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada kepala silinder atau gasket kepala silinder. 

3. Kebocoran Oli Menuju Kompartemen Pembakaran

Oli berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen mesin. Namun, asap berwarna putih akan keluar dari knalpot jika terjadi kebocoran dan oli ini masuk ke dalam kompartemen pembakaran.

Kebocoran ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada segel katup atau cincin piston. Jika Anda mengalami hal ini, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

4. Kondensasi Gas Buang

Pada cuaca dingin, gas buang dapat mengalami kondensasi dan menghasilkan asap saat mesin dinyalakan. Ini adalah hal yang normal dan biasanya akan hilang setelah mesin cukup panas.

Baca Juga : Cari Tahu Mengapa Tenaga Mobil Berkurang Saat Dikendarai

Namun, jika asap berwarna putih terus keluar meski mesin sudah panas, mungkin ada masalah lain pada mobil yang perlu diperiksa.

5. Masalah pada Sistem PVCL (Polyvinyl Chloride)

Sistem PVCL(Polyvinyl Chloride) berfungsi untuk mengendalikan emisi gas buang. Jika sistem ini tidak berfungsi dengan baik, knalpot bisa menghasilkan asap berwarna putih. Jika Anda mencurigai hal ini, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

6. Keausan pada Silinder Blok dan Ring Piston

Silinder blok dan ring piston yang aus bisa menyebabkan oli bocor ke dalam kompartemen pembakaran dan menghasilkan asap berwarna putih. Keausan ini biasanya terjadi karena penggunaan jangka panjang atau pemeliharaan yang tidak baik.

7. Keausan pada Sel Katup

Sel katup yang aus juga bisa menyebabkan oli bocor ke dalam kompartemen pembakaran dan menghasilkan asap putih.

Penggunaan sel katup yang lama atau kurangnya perawatan pada komponen mobil adalah penyebab umum terjadinya keausan.

Dampak Asap Berwarna Putih Terhadap Kesehatan

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Blog 26 (1)

Mengenal Mesin Tempel Kapal

Tak hanya hadir sebagai produsen kendaraan roda 4 dan roda 2 saja, SIS lewat Suzuki Marine juga turut serta menghadirkan penunjang transportasi air terbaik lewat deretan mesin outb...

selengkapnya