Tips & Trik

Praktis, Ini Cara Mengatasi Knalpot Bocor

PUBLISHED DATE : 26 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/70259605_s.jpg

Knalpot bocor bisa menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran tidak sempurna dan performa mesin menurun, simak cara mengatasi knalpot bocor disini.

Pernah mendengar motor dengan suara bising yang mengganggu? Kemungkinan besar penyebabnya terletak pada bagian knalpot dari motor tersebut yang bocor. Knalpot bocor bisa menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran menjadi tidak sempurna dan performa pada mesin pun menurun.

Nah, untuk mengatasi dan mencegah hal ini, tentu Anda harus mengetahui penyebab dan solusinya jika terlanjur terjadi. Untuk itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kebocoran Knalpot

Baca Juga : Mika Lampu Mobil Rawan Kusam Saat Musim Hujan, Ini Penjelasannya

Knalpot yang mengalami kebocoran dapat menyebabkan berbagai masalah bagi motor maupun pengendara. Ada banyak penyebab dari permasalahan knalpot yang mengalami kebocoran ini, salah satu yang paling populer adalah knalpot sudah mulai aus.

Selain itu kebocoran ini bisa jadi disebabkan juga oleh usia kendaraan, hingga perawatan kendaraan yang kurang maksimal. Bahkan, kebocoran pada knalpot juga bisa terjadi akibat kesalahan parker maupun karena benturan batu saat kendaraan melaju kencang.

suzuki

Cara Mengatasi Knalpot yang  Bocor

  • Memanfaatkan Lem Besi

Baca Juga : Mesin Mobil Bergetar Saat Diam, Apa Penyebabnya?

Cara mengatasi knalpot bocor yang pertama adalah menggunakan lem besi. Lem besi yang multifungsi ini bisa Anda dapatkan di toko bangunan terdekat. Meski terdengar sederhana, namun menambal knalpot yang bocor dengan lem besi ini dinilai ampuh.

Penggunaan lem besi ini juga cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Anda hanya perlu mengoleskan lem tersebut di bagian permukaan knalpot yang mengalami kebocoran. Untuk pengolesannya, Anda bisa mengoleskan satu atau tiga lapis sekaligus agar lebih rekat.

  • Memakai Bungkus Rokok

Anda bisa memanfaatkan bungkus rokok bekas untuk memperbaiki knalpot yang mengalami kebocoran. Cara alternatif ini memanfaatkan bungkus rokok bagian dalam kemasannya atau biasa disebut dengan istilah grenjeng.

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab BBM Mobil Boros, Yuk Cari Tahu

Anda membutuhkan lem untuk merekatkan grenjeng pada bagian knalpot yang bocor. Pilihlah grenjeng yang masih bagus dan tidak rusak, setelah itu tempelkan pada bagian knalpot dengan menggunakan lem.

  • Menggunakan Lem Sealer

Di pasaran, banyak beredar berbagai jenis lem sealer yang bisa Anda gunakan. Namun, untuk menambal knalpot bocor ini tidak bisa menggunakan sembarang lem sealer. Anda perlu memilih lem sealer yang lebih tahan terhadap panas.

  • Menggunakan Seal Tape Aluminium

Anda pasti pernah melihat panci bocor yang ditambal menggunakan semacam selotip aluminium  bukan? Faktanya, seal tape aluminium ini tidak hanya dapat digunakan pada panci saja, namun juga dapat digunakan pada knalpot yang mengalami kebocoran.

Cara penggunaannya juga cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pertama, Anda perlu tahu dimana letak titik kebocoran knalpot. Setelah itu, tempelkan seal tape aluminium yang sudah disiapkan pada bagian yang bocor tersebut. Buat beberapa lapis agar lebih rekat dan tidak berlubang,

  • Las Karbit

Cara mengatasi knalpot bocor yang satu ini sangat mudah untuk diterapkan. Tidak hanya mudah, penggunaan las karbit juga dinilai lebih efisien untuk menambal knalpot. Namun, Anda tidak bisa melakukan cara ini di rumah. Anda perlu pergi ke bengkel las terdekat untuk melakukannya.

Perlu diketahui, tempat bengkel las yang harus Anda datangi adalah las karbit, bukan las listrik. Anda hanya tinggal mengatakan kepada karyawan bengkel tersebut bahwa knalpot Anda mengalami kebocoran. Setelah itu, karyawan akan melakukan las karbit pada knalpot tersebut.

  • Menggunakan Lem

Untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada knalpot, Anda membutuhkan bahan yang memiliki daya tahan panas tinggi. Lem tertentu yang dijual dipasaran adalah salah satu produk yang bisa dipilih. Sebagai informasi, daya tahan produk ini mencapai 1100 derajat celcius. Sangat tinggi bukan?.

Disini, Anda hanya perlu mengoleskan produk lem ini pada bagian yang bocor tersebut. Jangan lupa untuk meratakannya dan cobalah untuk mengaktifkan mesin motor Anda. Mesin dan knalpot yang memanas akan menambah daya rekat dari lem tersebut.

  • Mengganti Packing
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya