Tips & Trik

Praktis, Ini Cara Mengatasi Knalpot Bocor

PUBLISHED DATE : 26 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/70259605_s.jpg

Bingung karena menambalnya saja tidak cukup efektif? Jika demikian, Anda bisa mengganti paking knalpotnya. Namun, penggantian paking ini perlu dilakukan oleh ahlinya. Sebelum mengganti paking pun Anda perlu berkonsultasi untuk mendapatkan paking pengganti yang tepat.

Ingin yang lebih awet dan kuat? Anda bisa meminta mekanik untuk memasang packing double atau menggunakan paking yang memiliki bahan dasar aluminium. Biasanya, packing dengan bahan dasar asbestos kurang awet dibandingkan dengan yang berbahan aluminium.

  • Menggunakan Aluminium Foil

Aluminium foil umumnya bertempat di dapur dan digunakan dalam proses memasak. Namun, faktanya, aluminium foil memiliki fungsi yang lebih daripada itu. Salah satu fungsi aluminium foil yang sangat berguna adalah untuk menambal knalpot yang bocor.

Namun, penggunaan aluminium foil untuk menambal knalpot ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan seal tape aluminium. Mengapa aluminium foil lebih sulit? Hal ini dikarenakan tidak adanya perekat pada alat yang satu ini.

Selain itu, aluminium foil juga hanya bisa digunakan pada bagian ujung leher knalpot saja. Pada saat penggunaan, Anda harus lebih rapi dan telaten agar proses penambalan bisa merekat dengan baik. Jangan lupa juga untuk melepas knalpotnya terlebih dahulu.

  • Memanfaatkan Aluminium Muffler Tape

Bentuk benda yang satu ini memang mirip dengan seal tape aluminium. Bedanya, perekat satu ini dikhususkan untuk knalpot saja. Karena memiliki bentuk fisik yang mirip, penggunaan aluminium muffler tape ini juga sama saja dengan seal tape aluminium.

Anda hanya perlu merekatkannya pada bagian yang bocor dengan rapi dan teliti. Jika dirasa sudah merekat, nyalakan motor selama 5 sampai 10 menit saja. Jangan lupa untuk memutar tuas gas untuk memastikan apakah kebocoran sudah teratasi atau belum.

Bahaya Jika Knalpot yang Bocor Dibiarkan

Setelah mengetahui cara mengatasinya, Anda tentu dibuat penasaran dengan apa saja yang akan terjadi jika membiarkan knalpot dalam keadaan bocor secara berkepanjangan. Pertama, performa mesin motor Anda akan mengalami penurunan.

Kemungkinan kedua yang akan Anda alami tentunya adalah suara berisik atau bising yang dihasilkan oleh knalpot tersebut. Selanjutnya, mesin akan mengalami kerusakan yang tentunya ini cukup fatal. Keadaan overheat mesin juga sering terjadi jika knalpot dalam keadaan bocor.

Bahaya yang terakhir adalah dapat menyebabkan kesehatan yang terganggu bagi pengendara maupun orang lain. Secara tidak langsung, knalpot yang bocor dapat merusak organ tubuh yang penting dalam diri manusia seperti jantung dan paru-paru. Tidak hanya itu, kanker juga menjadi salah satu penyakit yang disebabkannya.

Berkaitan dengan perbaikannya sendiri, perlu dipahami bahwa beberapa solusi di atas hanya sekedar tips. Namun, agar hasilnya bisa maksimal maka sangat disarankan untuk melakukan perbaikan langsung di bengkel resmi Suzuki terdekat agar lebih aman.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya