Tips & Trik

Penyebab Asap Putih Keluar pada Knalpot Mobil

PUBLISHED DATE : 02 Agustus 2023

Asap Putih Mobil

Mungkin Anda pernah mengalami momen ketika mesin mobil dinyalakan dan tiba-tiba asap putih mengepul dari knalpot. Sejenak, Anda merasa bingung dan khawatir. 

Apakah ini pertanda buruk? Memang, asap berwarna putih yang keluar dari knalpot mobil bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Ini bisa menjadi tanda adanya masalah serius yang memerlukan perhatian dan penanganan segera.

7 Penyebab Umum Keluarnya Asap Putih pada Knalpot Mobil

Terdapat 7 hal yang menyebabkan asap berwarna putih keluar dari knalpot mobil Anda. Ada apa saja?

1. Sisa Air Tertinggal di Saluran Knalpot

Saat Anda mencuci mobil atau pada saat hujan deras, air bisa saja masuk dan tertinggal di saluran knalpot. Ketika mesin dinyalakan, air ini akan menguap dan menghasilkan asap berwarna putih. 

Meski ini bukanlah penyebab masalah serius, tetapi Anda tetap perlu memperhatikannya. Pastikan untuk mengeringkan mobil dengan baik setelah mencuci dan lebih berhati-hati saat mengendarai di tengah hujan deras.

2. Kebocoran Air Pendingin

Air pendingin berfungsi untuk menjaga suhu dan kinerja mesin agar tetap optimal. Namun, jika terjadi kebocoran dan air pendingin masuk ke dalam silinder, knalpot akan menghasilkan asap berwarna putih saat mesin dinyalakan.

Kebocoran ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada kepala silinder atau gasket kepala silinder. 

3. Kebocoran Oli Menuju Kompartemen Pembakaran

Oli berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen mesin. Namun, asap berwarna putih akan keluar dari knalpot jika terjadi kebocoran dan oli ini masuk ke dalam kompartemen pembakaran.

Kebocoran ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada segel katup atau cincin piston. Jika Anda mengalami hal ini, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

4. Kondensasi Gas Buang

Baca Juga : Panduan Praktis: Cek Oli Kompresor yang Efektif

Pada cuaca dingin, gas buang dapat mengalami kondensasi dan menghasilkan asap saat mesin dinyalakan. Ini adalah hal yang normal dan biasanya akan hilang setelah mesin cukup panas.

Namun, jika asap berwarna putih terus keluar meski mesin sudah panas, mungkin ada masalah lain pada mobil yang perlu diperiksa.

5. Masalah pada Sistem PVCL (Polyvinyl Chloride)

Sistem PVCL(Polyvinyl Chloride) berfungsi untuk mengendalikan emisi gas buang. Jika sistem ini tidak berfungsi dengan baik, knalpot bisa menghasilkan asap berwarna putih. Jika Anda mencurigai hal ini, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

6. Keausan pada Silinder Blok dan Ring Piston

Silinder blok dan ring piston yang aus bisa menyebabkan oli bocor ke dalam kompartemen pembakaran dan menghasilkan asap berwarna putih. Keausan ini biasanya terjadi karena penggunaan jangka panjang atau pemeliharaan yang tidak baik.

7. Keausan pada Sel Katup

Sel katup yang aus juga bisa menyebabkan oli bocor ke dalam kompartemen pembakaran dan menghasilkan asap putih.

Penggunaan sel katup yang lama atau kurangnya perawatan pada komponen mobil adalah penyebab umum terjadinya keausan.

Dampak Asap Berwarna Putih Terhadap Kesehatan

 asap putih

Sumber: https://www.pexels.com/photo/smoke-coming-from-the-exhaust-pipes-5233284/

Tidak hanya berdampak pada kondisi mobil saja, asap berwarna putih yang keluar dari knalpot juga bisa mempengaruhi kesehatan Anda. 

Polusi asap berwarna putih dapat menyebabkan masalah kesehatan serius karena mengandung berbagai zat berbahaya seperti benzena, arsenik, formaldehida, karbon monoksida, nitrogen oksida, sulfur dioksida, dan lainnya. Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi:

  • Memicu Kanker

Asap berwarna putih dari knalpot mengandung berbagai zat kimia berbahaya, termasuk hidrokarbon dan partikel halus. Jika dihirup dalam jangka waktu lama, zat-zat ini bisa memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh. 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memastikan bahwa mobil Anda tidak mengeluarkan asap berwarna putih secara berlebihan.

  • Memicu Risiko Penyakit Jantung dan Kardiovaskular

Partikel halus dan zat kimia dari asap ini bisa masuk ke dalam aliran darah melalui paru-paru. Ini bisa memicu peradangan dan stres oksidatif, yang keduanya diketahui berkontribusi terhadap pengembangan penyakit jantung dan kardiovaskular.

Paparan jangka panjang terhadap asap putih bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung koroner, stroke, dan kondisi kardiovaskular lainnya.

Jadi, merawat mesin mobil Anda agar tidak mengeluarkan asap secara berlebihan. Selain itu, rutinlah memeriksa kesehatan jantung jika Anda sering terpapar asap.

  • Memicu Masalah pada Sistem Pernapasan

Zat kimia dalam asap berwarna putih juga bisa menyebabkan iritasi pada sistem pernapasan. Ini bisa memicu kondisi seperti asma dan bronkitis, terutama pada orang-orang yang sudah memiliki kondisi pernapasan yang ada.

Jika Anda sering terpapar asap berwarna putih dari knalpot mobil, jangan tunda untuk memeriksa kesehatan pernapasan Anda ke dokter.

  • Memicu Penyakit Saraf dan Otak

Kandungan berbahaya dalam asap berwarna putih juga bisa mempengaruhi sistem saraf dan otak. Paparan jangka panjang bisa menyebabkan kondisi seperti sakit kepala, kelelahan, dan gangguan memori.

  • Merendahkan Kualitas Sperma

Penelitian menunjukkan bahwa paparan asap berwarna putih ini bisa merendahkan kualitas sperma dan mempengaruhi kesuburan pria. Jika Anda berencana untuk memiliki anak, hindari paparan terpapar asap ini secara berlebihan.

Cara Menangani Asap Warna Putih yang Keluar dari Knalpot

Setelah memahami dampak kesehatan dari asap putih, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara menanganinya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Memeriksa Lampu-Lampu Indikator Mesin

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Ukuran Saat Modifikasi Ban Motor!

Lampu indikator mesin adalah alat pertama yang memberi tahu Anda jika ada masalah dengan mesin. Biasanya, lampu indikator mesin akan menyala sejenak saat Anda menyalakan kendaraan untuk menunjukkan bahwa sistem lampu berfungsi dengan baik.

Namun, jika lampu indikator mesin tetap berkedip setelah mesin menyala, itu bisa menandakan adanya masalah. 

Segera lihat pada buku panduan kendaraan Anda untuk mencari tahu arti dari lampu indikator tersebut. Setiap lampu indikator memiliki makna khusus terkait masalah atau kondisi yang perlu diperhatikan.

  • Memeriksa Tekanan Kompresi Piston

Tekanan kompresi yang rendah bisa menjadi tanda adanya masalah dengan mesin. Anda bisa memeriksa tekanan kompresi dengan alat pengukur tekanan kompresi khusus yang bisa dibeli di toko suku cadang mobil.

Jika tekanan kompresi rendah, ini bisa menjadi tanda adanya masalah dengan cincin piston atau sel katup. Ada juga kemungkinan potensi kebocoran atau keausan pada komponen piston dan cincin piston.

  • Memastikan Oli Mesin Berada dalam Jumlah Optimal

Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen mesin. Jika jumlah oli mesin terlalu sedikit atau terlalu banyak, ini bisa menyebabkan masalah pada mesin, termasuk produksi asap putih

Pastikan untuk memeriksa level oli mesin berada di antara tanda "minimum" dan "maksimum". Jangan mengisi oli melebihi batas maksimum yang ditentukan. Overfilling dapat menyebabkan tekanan berlebih pada segel dan menyebabkan kebocoran.

Selain itu, gunakan oli mesin yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan Anda ketika hendak menggantinya. Oli yang tepat akan membantu menjaga mesin dalam kondisi terbaik.

Itulah berbagai penyebab umum, dampak masalah kesehatan, dan cara mengatasi asap berwarna putih yang keluar dari knalpot mobil. Jangan pernah mengabaikan masalah ini, karena bisa jadi pertanda masalah serius pada mesin mobil Anda.

Jika Anda melihat asap putih keluar dari knalpot mobil, segera buat janji dengan Suzuki untuk pemeriksaan dan perbaikan komponen yang diperlukan. Klik di sini untuk membuat janji sekarang: https://www.suzuki.co.id/services/automobile/booking

Berita Lainnya