Tips & Trik

Panduan Mudah: Cara Ganti Velg Mobil dengan Aman

PUBLISHED DATE : 21 Mei 2023

Ganti Velg Mobil

 

2. Siapkan Peralatan

Selanjutnya, pastikan semua peralatan dan bahan yang diperlukan sudah lengkap. Anda akan membutuhkan kunci roda atau soket, dongkrak mobil, penyangga roda, torsi kunci, dan tentu saja velg mobil yang baru.

 

3. Pilih Velg Sesuai Tipe Mobil dan Preferensi Anda

Lakukan pemilihan velg dengan cermat, sebab menggunakan velg yang tidak sesuai dengan tipe mobil dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dan merusak suspensi. Selain itu, pilihlah model atau desain velg yang sesuai dengan preferensi Anda.

Cara Ganti Velg Mobil dengan Benar dan Aman

velg mobil

Sumber: Asset Suzuki

Proses ganti velg tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat mengganggu kestabilan komponen ban saat berkendara. Adapun langkah-langkah cara mengganti velg yang benar dan aman adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Apa Itu Hidrometer? Ketahui Ini Fungsi & Cara Menggunakannya

 

1. Lepaskan Velg Lama

Untuk melepaskan velg lama, mulailah dengan melepas tutup roda di atas velg jika ada. Kemudian, gunakan kunci roda atau soket untuk melepas baut pengunci pada velg lama dengan benar.

Pastikan untuk melepaskan baut dengan urutan zigzag secara bergantian untuk menghindari gaya yang tidak merata. Setelah semua baut dilepas, perlahan-lahan angkat velg lama dari roda dan letakkan di tempat yang aman.

 

2. Pasang Velg Baru

Sebelum memasang velg baru, pastikan untuk membersihkan permukaan roda dengan baik. Ini akan menghilangkan kotoran atau kerak yang mungkin ada, sehingga velg dapat terpasang dengan baik.

Jika ada penyangga roda yang disertakan, sebaiknya gunakanlah untuk menjaga kendaraan tetap stabil saat memasang velg baru. Cara ganti velg mobil baru yang aman adalah dengan memastikan pusat velg dan pusat roda saling sejajar.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya