Tips & Trik

Panduan Mudah: Cara Ganti Velg Mobil dengan Aman

PUBLISHED DATE : 21 Mei 2023

Ganti Velg Mobil

 

3. Idealnya, Naikkan 2 Inci Lebih Besar dari Ukuran Standar

Cara ganti velg mobil yang benar agar aspek kenyamanan tetap terjaga adalah dengan menaikkan ukurannya hingga 2 inci dari ukuran standar. Sehingga meski velg baru ukurannya lebih besar, aspek rasionya masih bisa sesuai standar kenyamanan.

Artinya, Anda juga tidak perlu melakukan kalibrasi ulang terkait batas kecepatan saat berkendara. Selain itu, jangan lupa memperhatikan faktor lain seperti keluwesan roda, ruang antara roda dan bagian dalam shockbreaker serta jarak ban dari roda.

 

4. Perhatikan Lebar Velg

Selanjutnya, perhatikan juga lebar velg yang akan digunakan. Semakin besar ukuran velgnya, maka ukuran lebar velg tersebut juga makin besar. Namun jika terlalu lebar, dapat mengganggu performa ban dan kemampuan menjaga traksi dan kestabilan.

Hal ini karena semakin lebar ukuran velg, maka semakin besar pula bidang cengkram bannya. Akibatnya, pergerakan body roll mobil serta gejala understeer bisa meningkat.

 

5. Perhatikan Perubahan Titik Tumpu Mobil

Baca Juga : Ketahui Jenis Minyak Rem yang Cocok dengan Mobil Anda

Saat mengganti velg mobil dengan ukuran yang berbeda, perlu diperhatikan juga perubahan titik tumpu mobil. Titik tumpu adalah pusat gravitasi kendaraan yang mempengaruhi keseimbangan dan penanganan mobil.

Apabila velg baru diganti dengan ukuran lebih besar, maka titik tumpu roda bisa bergeser. Maka, kendaraan terasa tidak seimbang dan sulit dikendalikan. Untuk itu, pastikan untuk melakukan penyesuaian dan perubahan yang diperlukan pada suspensi.

 

6. Sesuaikan dengan Kemampuan EPS Mobil

Terakhir, perhatikan kemampuan EPS jika mobil Anda dilengkapi dengan sistem Electronic Power Steering (EPS) saat memilih velg yang baru. Sistem EPS menggunakan sensor dan motor listrik untuk membantu mengarahkan mobil.

Jika memilih velg yang lebih besar atau lebih berat, ini dapat mempengaruhi beban dan kerja sistem EPS. Jadi, pastikan bahwa sistem EPS mobil Anda dapat menangani beban yang ditimbulkan oleh velg baru tersebut agar tetap berfungsi dengan baik.

Biasanya, velg diganti dengan tujuan mengubah tampilan mobil agar lebih menarik atau untuk meningkatkan performa berkendara, misalnya dengan menggunakan velg racing. Namun, pastikan untuk membeli velg resmi dan sesuai standar pabrikan.

Bagi pengguna Suzuki, Anda bisa memperoleh sparepart lengkap dan resmi melalui laman berikut, termasuk velg. Selain itu, untuk memastikan cara ganti velg mobil aman dan sesuai standar, pastikan untuk melakukannya langsung di bengkel resmi Suzuki.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya