Tips & Trik

Panduan Mudah: Cara Ganti Velg Mobil dengan Aman

PUBLISHED DATE : 21 Mei 2023

Ganti Velg Mobil

 

3. Pasang Baut Pengunci

Setelah velg baru berhasil terpasang dengan baik, pasang baut pengunci menggunakan torsi kunci. Harap diperhatikan, penting untuk mengikuti rekomendasi dari produsen kendaraan dan produsen velg yang digunakan terkait torsi pengencangan yang tepat.

Sebab, mengencangkan baut dengan torsi yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada velg atau roda dan bahkan membahayakan keselamatan. Pastikan baut pengunci diikat sesuai panduan agar tidak kendur maupun terlalu kencang.

 

4. Periksa dan Uji

Terakhir, lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan semua baut pengunci sudah dikencangkan dengan benar. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi tekanan udara pada ban baru yang dipasang.

Selanjutnya, lakukan uji coba dengan menggoyangkan kendaraan dengan lembut. Perhatikan apakah velg baru terpasang dengan kokoh atau tidak. Jika ada yang tidak normal, segera periksa kembali apakah pemasangannya sudah tepat atau belum.

Tips Saat Mengganti Velg Mobil

Cara ganti velg mobil yang benar bukan hanya memperhatikan masalah penampilan fisik mobil saja, tetapi juga perlu melibatkan faktor keamanan. Untuk itu, berikut ini beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat mengganti velg:

Baca Juga : Teknologi SHVS: Hemat Bahan Bakar & Ramah Lingkungan

 

1. Perhatikan Diameter Luar Ban

Saat mengganti velg mobil, penting untuk memperhatikan diameter luar ban yang akan digunakan. Pasalnya, diameter luar ban mempengaruhi perbandingan gigi transmisi dan kecepatan yang akurat.

Jika velg yang baru memiliki diameter luar yang berbeda dengan velg lama, ini dapat mempengaruhi pembacaan kecepatan dan pergeseran gigi. Untuk itu, pastikan untuk memilih velg dengan diameter luar ban yang sama atau mendekati velg standar mobil.

 

2. Perhatikan Aspek Rasio Ban

Yang dimaksud dengan aspek rasio ban adalah perbandingan antara tebal tipisnya ban yang dihitung dari perbandingan persentase section width dengan section high. Section width adalah ukuran antar sisi ban jika diukur dari bagian dalam.

Sedangkan section high adalah ukuran tinggi dari tapak ke dasar ban. Semakin kecil aspek rasionya, artinya ban akan semakin tipis. Pastikan untuk memilih aspek rasio ban yang sesuai dengan preferensi dan kompatibel dengan tipe mobil Anda.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Pembelian Mobil Pertama

Tips Memilih Mobil Pertama

Berniat membeli mobil untuk pertama kalinya? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih dan membeli mobil pertama. Baik itu dari segi budget atau anggar...

selengkapnya