Tips & Trik

Panduan Mudah: Cara Ganti Velg Mobil dengan Aman

PUBLISHED DATE : 21 Mei 2023

Ganti Velg Mobil

Velg adalah bagian roda kendaraan yang terbuat dari logam atau paduan logam, serta berfungsi sebagai tempat pemasangan ban. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara ganti velg mobil harus dilakukan benar dan aman serta tidak boleh sembarangan.

Jika velgnya tidak sesuai, maka dapat mempengaruhi performa saat berkendara. Oleh karena itu, perhatikan seperti langkah-langkah mengganti velg dengan aman dan benar, mulai dari tahap persiapan hingga tips penting lainnya.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mengganti Velg

Pertama-tama, penting untuk melakukan persiapan sebelum mulai mengganti velg. Berikut ini beberapa hal penting yang perlu disiapkan:

1. Baca Panduan Pengguna

Sebelum memulai, pastikan untuk membaca panduan pengguna kendaraan dan panduan cara ganti velg mobil sesuai produk yang akan Anda pasang. Sebab umumnya, setiap kendaraan dan velg memiliki persyaratan dan prosedur berbeda.

 

2. Siapkan Peralatan

Selanjutnya, pastikan semua peralatan dan bahan yang diperlukan sudah lengkap. Anda akan membutuhkan kunci roda atau soket, dongkrak mobil, penyangga roda, torsi kunci, dan tentu saja velg mobil yang baru.

 

3. Pilih Velg Sesuai Tipe Mobil dan Preferensi Anda

Lakukan pemilihan velg dengan cermat, sebab menggunakan velg yang tidak sesuai dengan tipe mobil dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dan merusak suspensi. Selain itu, pilihlah model atau desain velg yang sesuai dengan preferensi Anda.

Cara Ganti Velg Mobil dengan Benar dan Aman

velg mobil

Sumber: Asset Suzuki

Baca Juga : Mesin Mobil Mati Mendadak di Jalan? Ketahui Penyebabnya!

Proses ganti velg tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat mengganggu kestabilan komponen ban saat berkendara. Adapun langkah-langkah cara mengganti velg yang benar dan aman adalah sebagai berikut.

 

1. Lepaskan Velg Lama

Untuk melepaskan velg lama, mulailah dengan melepas tutup roda di atas velg jika ada. Kemudian, gunakan kunci roda atau soket untuk melepas baut pengunci pada velg lama dengan benar.

Pastikan untuk melepaskan baut dengan urutan zigzag secara bergantian untuk menghindari gaya yang tidak merata. Setelah semua baut dilepas, perlahan-lahan angkat velg lama dari roda dan letakkan di tempat yang aman.

 

2. Pasang Velg Baru

Sebelum memasang velg baru, pastikan untuk membersihkan permukaan roda dengan baik. Ini akan menghilangkan kotoran atau kerak yang mungkin ada, sehingga velg dapat terpasang dengan baik.

Jika ada penyangga roda yang disertakan, sebaiknya gunakanlah untuk menjaga kendaraan tetap stabil saat memasang velg baru. Cara ganti velg mobil baru yang aman adalah dengan memastikan pusat velg dan pusat roda saling sejajar.

 

3. Pasang Baut Pengunci

Setelah velg baru berhasil terpasang dengan baik, pasang baut pengunci menggunakan torsi kunci. Harap diperhatikan, penting untuk mengikuti rekomendasi dari produsen kendaraan dan produsen velg yang digunakan terkait torsi pengencangan yang tepat.

Sebab, mengencangkan baut dengan torsi yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada velg atau roda dan bahkan membahayakan keselamatan. Pastikan baut pengunci diikat sesuai panduan agar tidak kendur maupun terlalu kencang.

 

4. Periksa dan Uji

Terakhir, lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan semua baut pengunci sudah dikencangkan dengan benar. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi tekanan udara pada ban baru yang dipasang.

Selanjutnya, lakukan uji coba dengan menggoyangkan kendaraan dengan lembut. Perhatikan apakah velg baru terpasang dengan kokoh atau tidak. Jika ada yang tidak normal, segera periksa kembali apakah pemasangannya sudah tepat atau belum.

Tips Saat Mengganti Velg Mobil

Cara ganti velg mobil yang benar bukan hanya memperhatikan masalah penampilan fisik mobil saja, tetapi juga perlu melibatkan faktor keamanan. Untuk itu, berikut ini beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat mengganti velg:

 

1. Perhatikan Diameter Luar Ban

Saat mengganti velg mobil, penting untuk memperhatikan diameter luar ban yang akan digunakan. Pasalnya, diameter luar ban mempengaruhi perbandingan gigi transmisi dan kecepatan yang akurat.

Jika velg yang baru memiliki diameter luar yang berbeda dengan velg lama, ini dapat mempengaruhi pembacaan kecepatan dan pergeseran gigi. Untuk itu, pastikan untuk memilih velg dengan diameter luar ban yang sama atau mendekati velg standar mobil.

 

2. Perhatikan Aspek Rasio Ban

Yang dimaksud dengan aspek rasio ban adalah perbandingan antara tebal tipisnya ban yang dihitung dari perbandingan persentase section width dengan section high. Section width adalah ukuran antar sisi ban jika diukur dari bagian dalam.

Sedangkan section high adalah ukuran tinggi dari tapak ke dasar ban. Semakin kecil aspek rasionya, artinya ban akan semakin tipis. Pastikan untuk memilih aspek rasio ban yang sesuai dengan preferensi dan kompatibel dengan tipe mobil Anda.

 

3. Idealnya, Naikkan 2 Inci Lebih Besar dari Ukuran Standar

Cara ganti velg mobil yang benar agar aspek kenyamanan tetap terjaga adalah dengan menaikkan ukurannya hingga 2 inci dari ukuran standar. Sehingga meski velg baru ukurannya lebih besar, aspek rasionya masih bisa sesuai standar kenyamanan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam RPM Mobil

Artinya, Anda juga tidak perlu melakukan kalibrasi ulang terkait batas kecepatan saat berkendara. Selain itu, jangan lupa memperhatikan faktor lain seperti keluwesan roda, ruang antara roda dan bagian dalam shockbreaker serta jarak ban dari roda.

 

4. Perhatikan Lebar Velg

Selanjutnya, perhatikan juga lebar velg yang akan digunakan. Semakin besar ukuran velgnya, maka ukuran lebar velg tersebut juga makin besar. Namun jika terlalu lebar, dapat mengganggu performa ban dan kemampuan menjaga traksi dan kestabilan.

Hal ini karena semakin lebar ukuran velg, maka semakin besar pula bidang cengkram bannya. Akibatnya, pergerakan body roll mobil serta gejala understeer bisa meningkat.

 

5. Perhatikan Perubahan Titik Tumpu Mobil

Saat mengganti velg mobil dengan ukuran yang berbeda, perlu diperhatikan juga perubahan titik tumpu mobil. Titik tumpu adalah pusat gravitasi kendaraan yang mempengaruhi keseimbangan dan penanganan mobil.

Apabila velg baru diganti dengan ukuran lebih besar, maka titik tumpu roda bisa bergeser. Maka, kendaraan terasa tidak seimbang dan sulit dikendalikan. Untuk itu, pastikan untuk melakukan penyesuaian dan perubahan yang diperlukan pada suspensi.

 

6. Sesuaikan dengan Kemampuan EPS Mobil

Terakhir, perhatikan kemampuan EPS jika mobil Anda dilengkapi dengan sistem Electronic Power Steering (EPS) saat memilih velg yang baru. Sistem EPS menggunakan sensor dan motor listrik untuk membantu mengarahkan mobil.

Jika memilih velg yang lebih besar atau lebih berat, ini dapat mempengaruhi beban dan kerja sistem EPS. Jadi, pastikan bahwa sistem EPS mobil Anda dapat menangani beban yang ditimbulkan oleh velg baru tersebut agar tetap berfungsi dengan baik.

Biasanya, velg diganti dengan tujuan mengubah tampilan mobil agar lebih menarik atau untuk meningkatkan performa berkendara, misalnya dengan menggunakan velg racing. Namun, pastikan untuk membeli velg resmi dan sesuai standar pabrikan.

Bagi pengguna Suzuki, Anda bisa memperoleh sparepart lengkap dan resmi melalui laman berikut, termasuk velg. Selain itu, untuk memastikan cara ganti velg mobil aman dan sesuai standar, pastikan untuk melakukannya langsung di bengkel resmi Suzuki.

Berita Lainnya