Tips & Trik

Memahami Pajak 5 Tahunan Mobil dan Motor serta Persyaratannya

21 November 2025

account iconAdmin

Cropped Image1763720510908

Bagikan

Pengisian formulir ini haruslah benar dan lengkap sesuai dengan dokumen dari kendaraan yang Anda miliki. Usai mengisi formulir, lakukan pengecekan kembali agar tidak ditemukan banyak kesalahan atau ketidaksesuaian isi dengan kenyataan.

4. Penyerahan Dokumen

Ketika semua dokumen sudah lengkap dan formulir sudah diisi lengkap, benar, dan tepat, serahkan semuanya ke loket pendaftaran. Di sana, petugas akan memeriksanya untuk memastikan apakah dokumen absah atau tidak.

5. Bayar Pajak

Saat petugas sudah memastikan seluruh dokumen Anda valid, maka Anda akan diminta untuk langsung lakukan pembayaran pajak dengan rincian yang sudah disebutkan pada pembahasan sebelumnya.

Pembayaran bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti tunai, debit EDC, dan QRIS yang mana usai pembayaran berhasil dilakukan Anda akan menerima slip pembayaran sebagai bukti pajak sudah lunas.

6. Pengambilan STNK dan Plat Nomor Baru

Usai lakukan pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan, Anda juga akan mendapatkan tanda terima selain slip pembayaran.

STNK dan plat nomor yang baru pun sedang diproses dalam beberapa waktu yang mana ini bisa ditunggu. Proses STNK dan plat baru pun selesai dan Anda bisa mengambil berkas tersebut di loket pengambilan. Kendaraan Anda bisa digunakan kembali.

Baca Juga : Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol untuk Pemula

Itulah berbagai bahasan seputar pengurusan pajak kendaraan 5 tahunan baik mobil atau motor yang bisa Anda ketahui mulai dari syarat, biaya, hingga langkah-langkahnya. 

Dengan mengetahui dan mengikuti langkah tersebut, Anda akan aman dan nyaman saat melakukannya.  Kunjungi website Suzuki untuk menjelajahi informasi menarik lainnya.

 

Sumber gambar:

E Lazarus - https://www.shutterstock.com/image-photo/indonesian-vehicle-registration-certificate-stnk-tax-2689565461

Pricelist Icon Price List Dealer Halo Suzuki Icon Test Drive/Ride
Chat