Tips & Trik

Memahami Pajak 5 Tahunan Mobil dan Motor serta Persyaratannya

21 November 2025

account iconAdmin

Cropped Image1763720510908

Bagikan

Membahas tentang pajak kendaraan, ada salah satu jenis yang menarik untuk dibahas melalui artikel ini yakni pajak 5 tahunan baik untuk motor maupun mobil.

Merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh pengemudi mobil dan motor di Indonesia, pengurusan pajak 5 tahunan berbeda dengan pajak tahunan sehingga dalam prosesnya susah atau bahkan tidak bisa dilakukan secara online.

Berlanjut terkait pembahasan ini, penting sekali untuk mengetahui apa sebenarnya pajak 5 tahunan ini mulai dari pengertian dan lain-lain dengan mengikuti terus pembahasannya lewat artikel ini.

Pajak Kendaraan: Apa Itu Pajak 5 Tahunan Pada Mobil dan Motor?

Terdapat dua jenis pembayaran pajak baik motor maupun mobil yakni, pajak tahunan dan pajak 5 tahunan. Untuk pajak tahunan, itu merujuk pada pajak sesuai masa berlaku STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan yang dimiliki.

Pajak 5 tahunan adalah pajak yang merujuk kepada penggantian plat nomor kendaraan serta STNK dari mobil dan atau motor yang Anda miliki. Dalam proses pembayarannya, pajak 5 tahunan haruslah langsung dilakukan di Samsat karena sistem secara elektroniknya belum ada.

Ini juga bisa terjadi karena saat melakukan pembayaran pajak 5 tahunan, Anda sebagai wajib pajak harus membawa kendaraan tersebut untuk dilakukan cek secara fisik oleh pihak Samsat.

Syarat dan Biaya Pengurusan Pajak Kendaraan 5 Tahunan

Dalam melakukan pengurusan pajak mobil dan atau motor 5 tahunan ada berbagai hal yang penting untuk diketahui, seperti syarat dan biaya pembayarannya.

Baca Juga : Harus Tahu! Ini Proses, Syarat, dan Biaya Ganti Plat Mobil Terbaru

Berdasarkan hal tersebut, mari simak seluruh pembahasannya melalui penjelasan-penjelasan berikut ini:

1. Syarat Pengurusan Pajak 5 Tahunan

Dalam pengurusan pajak 5 tahunan ada beberapa syarat yang wajib untuk diketahui dan dimiliki seperti punya kartu identitas asli (KTP/KK/Passport) untuk perorangan dan surat permohonan bayar pajak kepada Polresta daerah masing-masing untuk instansi.

Penting pula untuk siapkan STNK dan BPKB asli dari mobil atau motor yang hendak dibayar pajaknya. Namun jika BPKB sedang diagunkan, bisa diganti dengan surat keterangan BPKB jadi Agunan.

Bawa pula mobil atau motor yang hendak dibayar pajaknya ke Samsat yang ada di daerah masing-masing untuk dijalankan prosedur pengecekan secara fisik.

2. Biaya Pengurusan Pajak 5 Tahunan

Dalam melakukan pembayaran pajak 5 tahunan beberapa hal yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

  • Pajak Pokok: sesuai perhitungan Samsat daerah masing-masing.
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ): sesuai aturan daerah masing-masing.
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) STNK: Motor (sekitar 100 ribuan), Mobil (sekitar 200 ribuan)
  • PNBP TNKB (plat motor): Motor (sekitar 60 ribuan), Mobil (sekitar 100 ribuan).

Pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan ini bisa dilakukan secara tunai, debit rekening hingga QRIS dengan waktu layanan mulai dari Senin-Jumat jam 8 pagi hingga sekitar 11 siang tergantung Samsat daerah masing-masing.

Lakukanlah pembayaran pajak ini mulai dari H-6 bulan sebelum habis masa berlakunya agar Anda tidak mendapatkan denda karena sudah jatuh tempo. 

Langkah-Langkah Pengurusan Pajak Kendaraan 5 Tahunan yang Penting Diketahui

Dalam melakukan pembayaran pajak 5 tahunan, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui berbagai langkah-langkahnya agar tidak mengalami kendala tertentu yang bisa membuang waktu atau bahkan biaya tambahan saat pengurusannya.

Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah pembahasan lengkap dari cara atau langkah-langkah pengurusan pajak 5 tahunan tersebut. Apa sajakah itu? 

1. Siapkan Dokumen

Ketika hendak melakukan pembayaran pajak 5 tahunan, penting bagi Anda untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Berbagai dokumen tersebut adalah STNK, BPKB, KTP atau surat permohonan bayar pajak, dan hasil cek fisik kendaraan.

Bawalah berkas tersebut dalam bentuk file asli serta fotokopinya minimal 2 lembar atau sesuai permintaan dari Samsat di daerah masing-masing. 

2. Menuju Samsat

Dikarenakan bayar pajak 5 tahunan mobil atau motor ini harus lakukan dengan cara cek fisik kendaraan, maka wajib bagi Anda untuk pergi ke Samsat dalam pengurusan hal ini.

Pastikan Anda datang ke Samsat di mana kendaraan pribadi didaftarkan karena jika dilakukan di Samsat lain, pengurusan pajak tidak akan diterima. 

Pengecekan fisik di Samsat meliputi pemeriksaan nomor mesin serta nomor rangka mobil atau motor tersebut yang mana usai pengecekan dilakukan, petugas akan memberikan hasil dari pemeriksaan itu sebagai salah satu dokumen syarat pajak.

3. Isi Formulir

Ketika semua dokumen sudah siap dan pengecekan kendaraan sudah selesai, maka petugas akan mengantarkan Anda menuju loket pendaftaran yang telah disediakan. Saat di sana, Anda akan melihat formulir yang harus Anda isi.

Pengisian formulir ini haruslah benar dan lengkap sesuai dengan dokumen dari kendaraan yang Anda miliki. Usai mengisi formulir, lakukan pengecekan kembali agar tidak ditemukan banyak kesalahan atau ketidaksesuaian isi dengan kenyataan.

4. Penyerahan Dokumen

Ketika semua dokumen sudah lengkap dan formulir sudah diisi lengkap, benar, dan tepat, serahkan semuanya ke loket pendaftaran. Di sana, petugas akan memeriksanya untuk memastikan apakah dokumen absah atau tidak.

5. Bayar Pajak

Saat petugas sudah memastikan seluruh dokumen Anda valid, maka Anda akan diminta untuk langsung lakukan pembayaran pajak dengan rincian yang sudah disebutkan pada pembahasan sebelumnya.

Baca Juga : Harus Tahu! Ini Proses, Syarat, dan Biaya Ganti Plat Mobil Terbaru

Pembayaran bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti tunai, debit EDC, dan QRIS yang mana usai pembayaran berhasil dilakukan Anda akan menerima slip pembayaran sebagai bukti pajak sudah lunas.

6. Pengambilan STNK dan Plat Nomor Baru

Usai lakukan pembayaran pajak kendaraan 5 tahunan, Anda juga akan mendapatkan tanda terima selain slip pembayaran.

STNK dan plat nomor yang baru pun sedang diproses dalam beberapa waktu yang mana ini bisa ditunggu. Proses STNK dan plat baru pun selesai dan Anda bisa mengambil berkas tersebut di loket pengambilan. Kendaraan Anda bisa digunakan kembali.

Itulah berbagai bahasan seputar pengurusan pajak kendaraan 5 tahunan baik mobil atau motor yang bisa Anda ketahui mulai dari syarat, biaya, hingga langkah-langkahnya. 

Dengan mengetahui dan mengikuti langkah tersebut, Anda akan aman dan nyaman saat melakukannya.  Kunjungi website Suzuki untuk menjelajahi informasi menarik lainnya.

 

Sumber gambar:

E Lazarus - https://www.shutterstock.com/image-photo/indonesian-vehicle-registration-certificate-stnk-tax-2689565461

Pricelist Icon Price List Dealer Halo Suzuki Icon Test Drive/Ride
Chat