Memahami Pajak 5 Tahunan Mobil dan Motor serta Persyaratannya
21 November 2025
Admin
Bagikan
Lakukanlah pembayaran pajak ini mulai dari H-6 bulan sebelum habis masa berlakunya agar Anda tidak mendapatkan denda karena sudah jatuh tempo.
Langkah-Langkah Pengurusan Pajak Kendaraan 5 Tahunan yang Penting Diketahui
Dalam melakukan pembayaran pajak 5 tahunan, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui berbagai langkah-langkahnya agar tidak mengalami kendala tertentu yang bisa membuang waktu atau bahkan biaya tambahan saat pengurusannya.
Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah pembahasan lengkap dari cara atau langkah-langkah pengurusan pajak 5 tahunan tersebut. Apa sajakah itu?
1. Siapkan Dokumen
Ketika hendak melakukan pembayaran pajak 5 tahunan, penting bagi Anda untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Berbagai dokumen tersebut adalah STNK, BPKB, KTP atau surat permohonan bayar pajak, dan hasil cek fisik kendaraan.
Bawalah berkas tersebut dalam bentuk file asli serta fotokopinya minimal 2 lembar atau sesuai permintaan dari Samsat di daerah masing-masing.
2. Menuju Samsat
Baca Juga : Lupa Perpanjang dan SIM Mati? Ini Risiko dan Solusinya
Dikarenakan bayar pajak 5 tahunan mobil atau motor ini harus lakukan dengan cara cek fisik kendaraan, maka wajib bagi Anda untuk pergi ke Samsat dalam pengurusan hal ini.
Pastikan Anda datang ke Samsat di mana kendaraan pribadi didaftarkan karena jika dilakukan di Samsat lain, pengurusan pajak tidak akan diterima.
Pengecekan fisik di Samsat meliputi pemeriksaan nomor mesin serta nomor rangka mobil atau motor tersebut yang mana usai pengecekan dilakukan, petugas akan memberikan hasil dari pemeriksaan itu sebagai salah satu dokumen syarat pajak.
3. Isi Formulir
Ketika semua dokumen sudah siap dan pengecekan kendaraan sudah selesai, maka petugas akan mengantarkan Anda menuju loket pendaftaran yang telah disediakan. Saat di sana, Anda akan melihat formulir yang harus Anda isi.