Tips & Trik

Mengenal Lautan Terluas di Dunia dan Luasnya

PUBLISHED DATE : 13 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/32325902_s.jpg

Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki area lautan lebih luas dibandingkan daratan, tetapi juga seluruh dunia. Lautan yang ada di dunia dibagi menjadi lima samudra yaitu Samudra Antartika, Arktik, Hindia, Pasifik dan Atlantik. 

Masing-masing samudra kemudian dibagi menjadi beberapa jenis lautan yang semuanya saling berhubungan di bumi. Apa saja laut terluas di dunia dan di manakah letaknya? Mengapa luas lautan di bumi lebih besar dibandingkan daratan? 

10 Lautan Terluas di Dunia Lengkap dengan Letak dan Luasnya 

Baca Juga : Tidak Sulit, Begini Cara Parkir Paralel Kendaraan yang Benar

Apabila dilihat dari segi luas, laut di bumi menguasai sebesar 71% yang berarti seluas 361,1 juta kilometer persegi. Hal ini disebabkan karena sejak awal mula bumi terbentuk,planet ini diliputi oleh lautan. Bumi juga dikenal sebagai planet air. 

Daratan sendiri mulai muncul dalam bentuk benua pada saat lempeng tektonik mendorong massa tanah dengan skala besar dan berbatu. Hingga akhirnya menuju pada permukaan laut. 

Penelitian ini berasal dari ditemukannya petunjuk tentang dunia air kuno di pedalaman Australia bagian barat laut. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa lautan di bumi saat ini lebih luas dibandingkan daratan. 

Baca Juga : Biar Aman, Ketahui Ini Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil

Meskipun laut luasnya tidak sebesar samudra, namun ada beberapa jenis laut terluas di dunia yaitu sebagai berikut:

    1. Laut China Selatan

Mulai dari laut yang dekat dengan Indonesia yaitu Laut Cina Selatan yang luasnya adalah 2.974.615 km persegi. Letaknya sendiri masuk di Samudra Pasifik dan berada di antara Selat Malaka dan Selat Karimata hingga ke perairan Selat Taiwan. 

Selain dinamakan Laut China Selatan, namanya juga disebut dengan Laut Filipina Barat atau Laut Natuna Utara jika di Indonesia. Negara -negara yang memiliki bagian dari laut ini adalah Taiwan dan Cina serta beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Brunei. 

    2. Laut Filipina

Baca Juga : SIM Mati? Ketahui biaya dan syarat perpanjang SIM ini

Pada urutan selanjutnya lautan terluas di dunia adalah Laut Filipina yang luas areanya mencapai 5.000.000 km2. Lokasinya ada di bagian barat utara Samudra Pasifik. Laut ini berbatasan dengan tiga negara yaitu Filipina, Jepang dan juga Indonesia. 

Laut Filipina bukan hanya terkenal luas tetapi juga terkenal karena terdapat Palung Mariana yang menjadi palung terdalam di seluruh dunia. 

    3. Laut Koral

Hampir menyaingi Laut Filipina, pada urutan selanjutnya terdapat laut yang memiliki luas 4.791.000 km persegi bernama Laut Koral. Laut ini berada di bagian timur laut benua Australia. 

Lautan ini terkenal dengan Great Barrier Reef yang memiliki terumbu karang cantik dan terbesar di dunia. Berbatasan dengan pinggir pantai negara kecil di sekitarnya yaitu Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Negara tersebut dikenal sebagai Oceania.

25927631_s

    4. Laut Arabia 

Laut terluas di dunia ini juga dikenal dengan nama Laut Oman, Laut Erythrea dan Laut Persia. Luasnya saja mencapai 3.862.000 km persegi dengan kedalaman maksimum 4.652 meter. Letaknya sendiri ada di bagian utara Samudra Hindia. 

Negara yang memiliki garis pantai dengan Laut Arabia antara lain Iran, Oman, Pakistan, India, Uni Emirat Arab, Yaman dan Somalia. Di laut inilah terdapat banyak sekali pelabuhan yang terpenting di dunia. 

    5. Laut Meksiko

Laut ini memiliki luas 1.550.000 km persegi yang juga menjadi bagian dari laut Karibia. Keistimewaan dari Laut Meksiko bukan hanya soal luasnya saja, di laut ini juga terdapat sungai bawah laut dan sangat langka. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya