Tips & Trik

Helm Half Face atau Full Face, Pilih yang Mana?

Helm merupakan salah satu safety gear atau perlengkapan keselamatan yang wajib dikenakan, baik itu saat berkendara dalam kota, atapu luar kota (touring). Selain untuk melindungi kepala, helm pun berfungsi untuk melindungi mata dari terpaan angin, dan sederet fungsi vital lainnya.

Di pasaran sendiri, ada beberapa jenis helm yang biasa dipilih para rider untuk melengkapi perlengkapan keselamatannya, diantaranya helm full face atau half face. Nah diantara kedua jenis helm inii, manakah yang terbaik?

Helm Half Face

Sesuai dengan namanya, helm half face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan kokoh di bagian kepala, tapi masih tetap memperlihatkan wajah kita.

Selain itu, helm half face pun lebih mudah dipakai dan dilepaskan, sehingga cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti belanja ke mini-market, berangkat kerja, main ke rumah teman atau sanak keluarga, menangantarkan anak ke sekolah dan aktivitas ringan lainnya.

Mengingat hanya menutup sebagian wajah saja, helm half face pun baik digunakan saat cuaca sedang baik, dan kebutuhan riding dalam kota saja. Sementara untuk riding berat atau kondisi lainnya, Anda lebih disarankan menggunakan helm full face.

Helm Full Face

Seperti disinggung di atas, helm full face baik digunakan untuk riding berat, seperti touring atau melakukan perjalanan jarak jauh (antar kota), berkendara di tengah cuaca buruk (angin kencang, badai dan hujan).

Sesuai dengan namanya, helm full face merupakan jenis helm yang memiliki perlindungan full, termasuk kepala dan wajah. Bahkan saat dikenakan, orang-orang mungkin tidak akan mengenali Anda. Makanya, demi mencegah kecurigaan, helm full face dilarang dipakai saat masuk ATM atau ketika berbelanja.

Selain untuk berkendara berat, helm full face pun kerap digunakan untuk balapan atau berkendara dalam kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena helm ini cukup bisa diandalkan untuk melindungi wajah dari terpaan angin yang bisa mengaburkan konsentrasi para pembalap.

Apakah harus memiliki keduanya?

Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika Anda terbiasa menggunakan motor untuk aktivitas harian, bisa memilih helm half face. Begitupun sebaliknya, jika terbiasa menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, Anda bisa memilih helm full face.

Tapi jika biasa menggunakan kemanapun Anda pergi, baik perjalanan jarak pendek ataupun jarak jauh, sebaiknya miliki kedua jenis helm ini. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan!

Berita Lainnya