Tips & Trik

Mau Ganti Motor? Ini Tips Jual Motor Bekas

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2023

9  NexII

Memilih platform jual motor bekas yang tepat adalah kunci utama agar motor Anda lekas terjual. Saat ini, ada berbagai media yang dapat dimanfaatkan. Pertama, Anda dapat menjual motor langsung ke dealer atau ke showroom motor bekas.

Meskipun ini mungkin adalah alternatif cara paling cepat, harga jual di dealer biasanya lebih rendah dibandingkan Anda menjual sendiri. Jadi, pilihan kedua adalah dengan memasang iklan di surat kabar.

Namun, cara ini bisa jadi kurang efektif karena semakin sedikit orang yang rutin membaca koran. Oleh karena itu, alternatif terakhir adalah dengan memanfaatkan internet untuk mencari pembeli potensial.

Anda bisa berjualan langsung di marketplace barang bekas maupun di media sosial untuk mencapai pasar yang lebih luas. Jangan lupa juga untuk memberitahu keluarga, teman, atau komunitas, siapa tahu dari mereka ada yang tertarik untuk membeli.

  • Siapkan Visual Terbaik untuk Iklan

Setelah memeriksa dan memperbaiki kondisi motor untuk memastikan semuanya masih sesuai standar, saatnya memasang iklan penjualan. Namun untuk memasang iklan, visual adalah kunci utama dalam menarik calon pembeli.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Matic

Jadi, pastikan foto atau video yang digunakan dalam iklan jual motor bekas tersebut bisa memperlihatkan motor Anda dalam kondisi terbaik. Jangan khawatir sebab saat ini, dengan teknologi yang ada, mengambil foto yang menarik sudah lebih mudah.

Cukup gunakan smartphone Anda untuk mengambil gambar. Pastikan foto tersebut bisa menunjukkan semua detail motor dari berbagai sudut, termasuk bagian depan, samping, dan belakang. Jika ada modifikasi khusus, tambahkan juga foto detailnya.

  • Pasang Iklan di Waktu yang Tepat

Tidak hanya harga motor yang perlu Anda perhatikan, tapi juga waktu yang tepat untuk menjualnya. Pasalnya, harga jual motor second dapat naik atau turun tergantung pada tren dan kondisi ekonomi di waktu tertentu.

Jadi, Anda perlu mencari tahu tren harga motor beberapa bulan atau minggu terakhir sebelum mulai menjual. Namun, jangan sampai menunda terlalu lama untuk menjual, sebab harga barang bekas cenderung berkurang seiring berjalannya waktu.

  • Bertransaksi dengan Hati-Hati

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya