Tips & Trik

Mau Ganti Motor? Ini Tips Jual Motor Bekas

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2023

9  NexII

Tengah merencanakan untuk mengganti motor lama Anda dengan yang baru? Sebelum itu, ada beberapa tips penting yang harus diketahui untuk berhasil jual motor bekas dengan harga yang bagus dan agar bisa terjual dengan cepat.

Pasalnya, menjual motor second memang sedikit berbeda dengan menjual motor baru. Jadi, ketahui apa saja strategi yang bisa Anda terapkan ketika hendak menjual motor lama untuk membeli motor yang baru.

Tips Cara Jual Motor Bekas agar Cepat Laku

Berkat perkembangan teknologi, sebenarnya proses menjual motor kini bisa dilakukan secara lebih mudah melalui berbagai platform online. Artinya, Anda tidak harus bertatap muka langsung dengan calon pembeli.

Namun di samping itu, tidak ada salahnya untuk menyiapkan segala hal yang dibutuhkan agar bisa memikat calon pembeli dengan cepat. Sebagai panduan, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti supaya motor bekas tersebut bisa cepat laku:

  • Cek dan Perbaiki Kondisi Motor

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi motor secara menyeluruh. Jadi, pemeriksaan ini harus meliputi baik sisi mesin maupun tampilan eksterior motor.

Sebab kualitas mesin yang baik dan tampilan motor yang terawat akan mempengaruhi harga jual motor Anda. Selain itu, dengan memastikan kondisinya baik, Anda dapat menghindari komplain dari calon pembeli setelah penjualan.

Jadi, sebaiknya, bawa motor Anda ke bengkel untuk diperiksa secara keseluruhan. Jika ditemukan kerusakan, tidak ada salahnya untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa tampilan motor sesuai dengan yang tertera pada STNK.

  • Jual dengan Harga Sedikit di Bawah Harga Pasaran

Baca Juga : Ini Dia Cara Tambal Ban Tubeless Yang Efektif

Sebelum menentukan harga jual motor bekas Anda, melakukan survei harga pasaran saat ini adalah langkah penting. Pastikan Anda telah memantau harga motor sejenis di waktu tersebut, termasuk dari segi merk, tahun keluaran, dan kondisi motor.

Selain itu, perhatikan juga perbedaan harga berdasarkan daerah, karena biasanya harga kendaraan bisa berbeda-beda antar kota. Anda dapat melakukan survei harga ini secara online untuk memudahkan.

Kemudian setelah mengetahui harga pasarannya, akan lebih baik untuk memberikan harga sedikit di bawah harga pasar, misalnya sekitar Rp.100 ribu atau Rp50 ribu lebih murah. Harga yang lebih murah biasanya akan lebih cepat menarik perhatian orang.

  • Pastikan Kelengkapan Dokumen dan Surat-Surat

Kelengkapan dokumen kendaraan juga adalah faktor penting dalam menentukan harga jual motor second. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua dokumen utama seperti BPKB dan STNK dalam kondisi lengkap dan masih berlaku.

Pasalnya, motor bekas yang tidak dilengkapi dengan berbagai dokumen ini dapat dianggap sebagai motor curian. Sangat jarang calon pembeli yang bersedia membeli motor tanpa dokumen lengkap.

Sebab, hal ini dapat menjadi masalah dalam proses pengurusan pajak nanti. Jadi, pastikan juga Anda rutin membayar pajak tahunan tepat waktu untuk menjaga harga jual motor tetap baik dan membuktikan legalitasnya kepada calon pembeli.

  • Pilih Platform Penjualan yang Tepat

Memilih platform jual motor bekas yang tepat adalah kunci utama agar motor Anda lekas terjual. Saat ini, ada berbagai media yang dapat dimanfaatkan. Pertama, Anda dapat menjual motor langsung ke dealer atau ke showroom motor bekas.

Meskipun ini mungkin adalah alternatif cara paling cepat, harga jual di dealer biasanya lebih rendah dibandingkan Anda menjual sendiri. Jadi, pilihan kedua adalah dengan memasang iklan di surat kabar.

Namun, cara ini bisa jadi kurang efektif karena semakin sedikit orang yang rutin membaca koran. Oleh karena itu, alternatif terakhir adalah dengan memanfaatkan internet untuk mencari pembeli potensial.

Anda bisa berjualan langsung di marketplace barang bekas maupun di media sosial untuk mencapai pasar yang lebih luas. Jangan lupa juga untuk memberitahu keluarga, teman, atau komunitas, siapa tahu dari mereka ada yang tertarik untuk membeli.

  • Siapkan Visual Terbaik untuk Iklan

Setelah memeriksa dan memperbaiki kondisi motor untuk memastikan semuanya masih sesuai standar, saatnya memasang iklan penjualan. Namun untuk memasang iklan, visual adalah kunci utama dalam menarik calon pembeli.

Jadi, pastikan foto atau video yang digunakan dalam iklan jual motor bekas tersebut bisa memperlihatkan motor Anda dalam kondisi terbaik. Jangan khawatir sebab saat ini, dengan teknologi yang ada, mengambil foto yang menarik sudah lebih mudah.

Cukup gunakan smartphone Anda untuk mengambil gambar. Pastikan foto tersebut bisa menunjukkan semua detail motor dari berbagai sudut, termasuk bagian depan, samping, dan belakang. Jika ada modifikasi khusus, tambahkan juga foto detailnya.

  • Pasang Iklan di Waktu yang Tepat

Tidak hanya harga motor yang perlu Anda perhatikan, tapi juga waktu yang tepat untuk menjualnya. Pasalnya, harga jual motor second dapat naik atau turun tergantung pada tren dan kondisi ekonomi di waktu tertentu.

Jadi, Anda perlu mencari tahu tren harga motor beberapa bulan atau minggu terakhir sebelum mulai menjual. Namun, jangan sampai menunda terlalu lama untuk menjual, sebab harga barang bekas cenderung berkurang seiring berjalannya waktu.

  • Bertransaksi dengan Hati-Hati

Tips terakhir, ketika hendak bertransaksi, pastikan untuk bertemu calon pembeli di tempat yang ramai seperti lapangan atau area terbuka lainnya. Hal ini penting untuk diperhatikan jika mengingat banyaknya jumlah modus kejahatan dan penipuan.

Bila memungkinkan, pilihlah tempat bertemu yang familiar bagi Anda, misalnya di rumah sendiri atau di tempat umum yang biasa dikunjungi. Sebab, tidak ada salahnya untuk ekstra berhati-hati menghadapi berbagai kemungkinan buruk.

Rekomendasi Motor Suzuki yang Tepat untuk Anda

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menjual motor lama Anda dengan sukses dan mendapatkan harga yang layak. Setelah berhasil jual motor bekas, maka tahap selanjutnya adalah membeli motor baru yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Penyebab Karburator Motor Nembak & Cara Mengatasinya

Tidak perlu khawatir, sebab Suzuki memiliki berbagai pilihan motor dengan spesifikasi terbaik yang cocok untuk masyarakat Indonesia. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih di antara beberapa opsi berikut ini:

  • Suzuki Gixxer SF 250

Suzuki Gixxer SF 250 adalah salah satu lini motor sport dari Suzuki yang sudah dilengkapi dengan sistem pendingin oli. Teknologi ini dapat membantu mencegah overheat pada mesin motor.

Anda juga akan merasa lebih nyaman berkendara berkat adanya speedometer digital. Kemudian, motor ini sudah dilengkapi dengan ban tipe radial wide yang cocok untuk berbagai kondisi jalan, baik kering maupun basah untuk perjalanan jarak jauh.

  • Suzuki GSX-R 150

Masih dari jenis motor sport, pilihan selanjutnya adalah Suzuki GSX-R 150. Dengan mesin berkapasitas 147,3 cc dan tenaga 14,1 kW, motor dengan tampilan gagah satu ini dapat membawa Anda melaju dengan nyaman.

Motor ini juga dilengkapi dengan dua sistem kunci modern untuk menjaga keamanan saat parkir. Speedometer yang menggunakan LCD backlight yang terang membuatnya mudah untuk dibaca, baik siang maupun malam.

  • Suzuki Nex Crossover

Nah, jika menginginkan motor matic, Suzuki Nex Crossover dengan tampilan sporty dilengkapi naked handlebar dan teknologi Suzuki Eco Performance adalah pilihan tepat.

Motor ini menggunakan mesin 115 cc FI dan juga sudah dilengkapi oleh speedometer digital untuk memastikan kenyamanan pengendara. Dengan sistem easy start, motor ini sangat mudah untuk dikendarai.

Terapkan berbagai tips jual motor bekas di atas agar Anda bisa memperoleh harga terbaik untuk membeli motor Suzuki yang baru! Temukan juga berbagai produk motor Suzuki lainnya di https://www.suzuki.co.id/motorcycle!

Berita Lainnya