Tips & Trik

Mau Ganti Motor? Ini Tips Jual Motor Bekas

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2023

9  NexII

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kondisi motor secara menyeluruh. Jadi, pemeriksaan ini harus meliputi baik sisi mesin maupun tampilan eksterior motor.

Sebab kualitas mesin yang baik dan tampilan motor yang terawat akan mempengaruhi harga jual motor Anda. Selain itu, dengan memastikan kondisinya baik, Anda dapat menghindari komplain dari calon pembeli setelah penjualan.

Jadi, sebaiknya, bawa motor Anda ke bengkel untuk diperiksa secara keseluruhan. Jika ditemukan kerusakan, tidak ada salahnya untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Pastikan juga bahwa tampilan motor sesuai dengan yang tertera pada STNK.

  • Jual dengan Harga Sedikit di Bawah Harga Pasaran

Sebelum menentukan harga jual motor bekas Anda, melakukan survei harga pasaran saat ini adalah langkah penting. Pastikan Anda telah memantau harga motor sejenis di waktu tersebut, termasuk dari segi merk, tahun keluaran, dan kondisi motor.

Selain itu, perhatikan juga perbedaan harga berdasarkan daerah, karena biasanya harga kendaraan bisa berbeda-beda antar kota. Anda dapat melakukan survei harga ini secara online untuk memudahkan.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Stang Jepit Serta Kelebihan & Kekurangannya

Kemudian setelah mengetahui harga pasarannya, akan lebih baik untuk memberikan harga sedikit di bawah harga pasar, misalnya sekitar Rp.100 ribu atau Rp50 ribu lebih murah. Harga yang lebih murah biasanya akan lebih cepat menarik perhatian orang.

  • Pastikan Kelengkapan Dokumen dan Surat-Surat

Kelengkapan dokumen kendaraan juga adalah faktor penting dalam menentukan harga jual motor second. Oleh karena itu, pastikan bahwa semua dokumen utama seperti BPKB dan STNK dalam kondisi lengkap dan masih berlaku.

Pasalnya, motor bekas yang tidak dilengkapi dengan berbagai dokumen ini dapat dianggap sebagai motor curian. Sangat jarang calon pembeli yang bersedia membeli motor tanpa dokumen lengkap.

Sebab, hal ini dapat menjadi masalah dalam proses pengurusan pajak nanti. Jadi, pastikan juga Anda rutin membayar pajak tahunan tepat waktu untuk menjaga harga jual motor tetap baik dan membuktikan legalitasnya kepada calon pembeli.

  • Pilih Platform Penjualan yang Tepat

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya