Tips & Trik

Ketahui Tips Aman Berkendara Saat Puasa

PUBLISHED DATE : 02 April 2023

Unnamed (64)

Tips untuk aman berkendara saat puasa berikutnya adalah memanfaatkan teknologi terkini demi memperlancar perjalanan Anda. 

Agar Anda mendapatkan rute terbaik yang lebih singkat dan minin kemacetan, Anda bisa mengemudi sambil mengaktifkan Waze atau Google Maps. Hal ini akan membuat perjalanan Anda jadi lebih efisien, selain hemat tenaga juga bisa hemat bahan bakar. 

 

  • Sabar dan Patuh Pada Lalu Lintas

 

Anda juga harus memiliki kesadaran bahwa Anda tidak sedang berpuasa sendirian. Pengemudi lainnya di jalanan juga sedang melakukan kegiatan yang serupa. 

Sehingga, Anda menjadi lebih sabar berkendara saat puasa menghadapi kemacetan atau kendala lainnya di jalanan. 

Selain itu, Anda juga harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Karena jika Anda tidak taat pada lalu lintas, potensi kerugian tidak hanya akan terjadi pada Anda namun juga pengguna jalan lain.

 

  • Melakukan Persiapan Sebelum Berkendara

 

Anda perlu mengingat bahwa Anda sedang dalam kondisi berpuasa, khususnya jika Anda tengah mengemudi pada waktu menjelang magrib, maka siapkan air minum atau makanan ringan untuk berbuka. 

Baca Juga : Rem Depan Motor keras? Ini Solusinya!

Anda bisa menepikan mobil jika menjelang berbuka untuk membatalkan puasa Anda. Selain itu, jika Anda memang hendak menjalani perjalanan panjang dengan jarak yang jauh, lakukan pengecekan pada kendaraan Anda. 

Hal ini berguna untuk Anda, sehingga bisa mencegah dan meminimalisir munculnya hambatan di tengah perjalanan. 

Tak hanya untuk perjalanan jauh saja, meski hanya untuk jarak dekat pun Anda juga tetap harus mengecek kondisi kendaraan Anda. Semuanya demi kenyamanan dan keamanan berkendara saat puasa di perjalanan.

 

  • Transportasi Umum Sebagai Alternatif

 

Apabila kondisi Anda memang tidak prima serta tidak mendukung aktivitas berkendara, maka jangan ragu untuk memilih transportasi umum. Dibanding Anda harus memaksakan diri menyetir, maka bisa beresiko tinggi. 

Anda bisa bepergian memakai transportasi umum saja. Apalagi jika jaraknya jauh untuk mudik ke kampung halaman, Anda bisa membooking tiket perjalanan dengan transportasi umum sejak jauh-jauh hari.

Demikianlah hal-hal yang bisa Anda lakukan agar aman dan nyaman berkendara saat puasa. Hal paling penting saat berkendara tidak hanya pada pengemudi saja. Jika pengemudi sudah fokus dan lihai namun jika tidak dilengkapi kendaraan yang prima, maka akan sia-sia saja. 

Pengemudi dan kendaraan menjadi dua hal yang saling berkesinambungan. Jadi, jangan hanya memperhatikan kondisi kesehatan Anda saja, kesehatan kendaraan juga perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Contohnya seperti servis di bengkel resmi Suzuki!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya