Tips & Trik

Ketahui Tips Aman Berkendara Saat Puasa

PUBLISHED DATE : 02 April 2023

Unnamed (64)

Berkendara saat puasa lebih melelahkan dibandingkan dengan berkendara pada hari-hari biasa. Sebab saat kondisi berpuasa, Anda bisa saja merasa lapar, gula darah rendah, atau dehidrasi. Sehingga akan kehilangan fokus, jadi lekas lelah, bahkan mengantuk dan jadi tidak sabaran.

Namun bukan berarti Anda harus berpuasa berkendara juga selama Ramadan bukan? Justru Anda harus meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan diri agar kondisi berpuasa tidak menjadi penghalang dalam kelancaran Anda berkendara. 

Pada artikel ini akan dibahas tips-tips yang aman saat berkendara di bulan puasa. Maka demikian, saran terbaik untuk Anda sebaiknya tidak melewatkan pembahasan informatif berikut!

Tips Berkendara Saat Puasa

Saat berpuasa, tubuh kita kekurangan banyak cairan atau bahkan merasa kurang istirahat yang cukup. Tidak jarang efek yang ditimbulkan adalah lemas dan rasa kantuk. 

Jika Anda harus berkendara sehari-harinya, maka saatnya Anda menjadi lebih waspada dan berhati-hati. Apa saja yang sebaiknya Anda lakukan? Berikut adalah jawabannya:

 

  • Mengatur Istirahat yang Cukup

 

Jika Anda sudah sibuk dalam keseharian, tentu kegiatan Anda akan bertambah dengan aktivitas di bulan puasa. Bisa jadi Anda akan kehilangan waktu istirahat seperti biasanya. Namun sebaiknya Anda tetap dapat mengatur waktu istirahat Anda.

Jangan sampai tidur terlalu larut, jika masih bisa disempatkan dapat mengambil waktu tidur setelah ibadah subuh. 

Dengan istirahat yang cukup selama 7 – 8 jam sehari, maka cukup untuk membuat badan Anda terasa lebih bugar. Anda bisa mengatur waktu tidur Anda sedemikian rupa.

 

  • Pemenuhan Gizi yang Cukup

 

Meski sedang berpuasa, sangat perlu bagi Anda untuk senantiasa mendapatkan asupan gizi yang cukup. Agar Anda memiliki tenaga untuk beraktivitas seperti biasanya, Anda memerlukan konsumsi gizi yang seimbang. 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Komponen & Suku Cadang Sepeda Motor Suzuki

Maka, Anda harus tetap memperhatikan pola konsumsi Anda baik saat makan sahur atau berbuka. Jangan lupa untuk mengonsumsi karbohidrat, sayur-mayur, buah-buahan, daging setiap harinya. 

Lengkapi juga dengan konsumsi suplemen sehingga lebih membuat tubuh Anda jadi prima. Berkendara saat berpuasa tidak akan menjadi hambatan bagi Anda.

 

  • Mengatur Cara Berkendara yang Aman

 

Tips berkendara saat puasa berikutnya adalah dengan mangatur cara mengemudi Anda dengan sebaik mungkin. 

Karena konsentrasi Anda bisa jadi tidak seprima saat sedang tidak berpuasa, maka sebaiknya Anda tidak mengemudi di kecepatan tinggi. Jangan juga melakukan banyak maneuver secara tiba-tiba. 

Hal ini untuk memaksimalkan dan antisipasi keselamatan Anda di perjalanan. Bayangkan saja, saat kondisi hari-hari biasa saja kecepatan terlalu tinggi dan maneuver mendadak seringkali membahayakan. 

Apalagi saat berpuasa, sepertinya akan menimbulkan resiko kecelakaan yang lebih tinggi. Kemudikan mobil di kecepatan yang normal saja.

 

  • Menghindari Pemicu Rasa Kantuk

 

Anda pasti bisa merasakannya, rasa kantuk yang lebih apabila dibandingkan dengan hari biasa. Sebab, orang yang berpuasa cenderung mengalami rasa kantuk yang lebih banyak. 

Dengan begitu, Anda sebaiknya mengatur agar suhu AC mobil tidak terlalu dingin. Hal ini berguna gar Anda tercegah dari rasa rasa terlalu nyaman dan jatuh mengantuk. 

Sebaiknya jangan lupa pula untuk tidak menyalakan musik yang membuat kantuk dan membuai. Namun perhatikan juga agar tidak membiarkan seisi kabin mobil terlalu sunyi. Anda bisa saja menjadi mengantuk dan kehilangan fokus.

 

  • Tepikan Mobil Jika Kehilangan Konsentrasi

 

Jika Anda mengalami rasa kantuk atau rasa lelah, jangan ragu untuk menghentikan mobil dan menepi. Jangan sampai melanjutkan mengemudi dalam kondisi diri yang diliputi rasa kantuk dan kekurangan konsentrasi. 

Hal tersebut akan sangat berbahaya tak hanya bagi Anda tapi juga bagi pengguna jalan lain. Apalagi jika Anda sedang berkendara saat puasa untuk perjalanan mudik yang panjang. 

Jadi, lebih baik ambil istirahat secukupnya, tidak masalah jika waktu perjalanan Anda jadi lebih panjang karena banyak berhenti, yang terpenting Anda tiba dalam kondisi utuh dan selamat.

 

  • Mengontrol Diri

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada hari atau momen tertentu Anda harus menjumpai kemacetan ataupun kesemrawutan di jalanan. Hal itu biasanya ada di luar rencana atau kendali Anda. Maka yang bisa Anda lakukan adalah mengontrol diri. 

Tips yang perlu Anda terapkan dalam berkendara saat puasa, jangan sampai terpancing emosi, apalagi jika mendapati pengemudi lain yang ngawur. Sebab amarah hanya akan membuat Anda kehilangan konsentrasi! 

Jadi sebaiknya Anda kembali mengingat juga bahwa salah satu esensi dari berpuasa itu adalah sebuah ibadah untuk dapat mengendalikan diri. 

 

  • Memanfaatkan Teknologi Masa Kini

 

Tips untuk aman berkendara saat puasa berikutnya adalah memanfaatkan teknologi terkini demi memperlancar perjalanan Anda. 

Agar Anda mendapatkan rute terbaik yang lebih singkat dan minin kemacetan, Anda bisa mengemudi sambil mengaktifkan Waze atau Google Maps. Hal ini akan membuat perjalanan Anda jadi lebih efisien, selain hemat tenaga juga bisa hemat bahan bakar. 

 

  • Sabar dan Patuh Pada Lalu Lintas

 

Anda juga harus memiliki kesadaran bahwa Anda tidak sedang berpuasa sendirian. Pengemudi lainnya di jalanan juga sedang melakukan kegiatan yang serupa. 

Baca Juga : Mengganti Ukuran Ban Jadi Besar Lebih Baik Daripada Ganti Ban Kecil

Sehingga, Anda menjadi lebih sabar berkendara saat puasa menghadapi kemacetan atau kendala lainnya di jalanan. 

Selain itu, Anda juga harus tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Karena jika Anda tidak taat pada lalu lintas, potensi kerugian tidak hanya akan terjadi pada Anda namun juga pengguna jalan lain.

 

  • Melakukan Persiapan Sebelum Berkendara

 

Anda perlu mengingat bahwa Anda sedang dalam kondisi berpuasa, khususnya jika Anda tengah mengemudi pada waktu menjelang magrib, maka siapkan air minum atau makanan ringan untuk berbuka. 

Anda bisa menepikan mobil jika menjelang berbuka untuk membatalkan puasa Anda. Selain itu, jika Anda memang hendak menjalani perjalanan panjang dengan jarak yang jauh, lakukan pengecekan pada kendaraan Anda. 

Hal ini berguna untuk Anda, sehingga bisa mencegah dan meminimalisir munculnya hambatan di tengah perjalanan. 

Tak hanya untuk perjalanan jauh saja, meski hanya untuk jarak dekat pun Anda juga tetap harus mengecek kondisi kendaraan Anda. Semuanya demi kenyamanan dan keamanan berkendara saat puasa di perjalanan.

 

  • Transportasi Umum Sebagai Alternatif

 

Apabila kondisi Anda memang tidak prima serta tidak mendukung aktivitas berkendara, maka jangan ragu untuk memilih transportasi umum. Dibanding Anda harus memaksakan diri menyetir, maka bisa beresiko tinggi. 

Anda bisa bepergian memakai transportasi umum saja. Apalagi jika jaraknya jauh untuk mudik ke kampung halaman, Anda bisa membooking tiket perjalanan dengan transportasi umum sejak jauh-jauh hari.

Demikianlah hal-hal yang bisa Anda lakukan agar aman dan nyaman berkendara saat puasa. Hal paling penting saat berkendara tidak hanya pada pengemudi saja. Jika pengemudi sudah fokus dan lihai namun jika tidak dilengkapi kendaraan yang prima, maka akan sia-sia saja. 

Pengemudi dan kendaraan menjadi dua hal yang saling berkesinambungan. Jadi, jangan hanya memperhatikan kondisi kesehatan Anda saja, kesehatan kendaraan juga perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Contohnya seperti servis di bengkel resmi Suzuki!

Berita Lainnya

Spion Mobil

Tips Mengatur Posisi Spion Mobil

Keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah posisi spion mobil yang seharusnya diatur sebaik mungkin. Jika Anda sering berken...

selengkapnya