Tips & Trik

Ketahui Tips Aman Berkendara Saat Puasa

PUBLISHED DATE : 02 April 2023

Unnamed (64)

 

  • Menghindari Pemicu Rasa Kantuk

 

Anda pasti bisa merasakannya, rasa kantuk yang lebih apabila dibandingkan dengan hari biasa. Sebab, orang yang berpuasa cenderung mengalami rasa kantuk yang lebih banyak. 

Dengan begitu, Anda sebaiknya mengatur agar suhu AC mobil tidak terlalu dingin. Hal ini berguna gar Anda tercegah dari rasa rasa terlalu nyaman dan jatuh mengantuk. 

Sebaiknya jangan lupa pula untuk tidak menyalakan musik yang membuat kantuk dan membuai. Namun perhatikan juga agar tidak membiarkan seisi kabin mobil terlalu sunyi. Anda bisa saja menjadi mengantuk dan kehilangan fokus.

 

  • Tepikan Mobil Jika Kehilangan Konsentrasi

 

Jika Anda mengalami rasa kantuk atau rasa lelah, jangan ragu untuk menghentikan mobil dan menepi. Jangan sampai melanjutkan mengemudi dalam kondisi diri yang diliputi rasa kantuk dan kekurangan konsentrasi. 

Hal tersebut akan sangat berbahaya tak hanya bagi Anda tapi juga bagi pengguna jalan lain. Apalagi jika Anda sedang berkendara saat puasa untuk perjalanan mudik yang panjang. 

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Kunci Momen dan Cara Menggunakannya

Jadi, lebih baik ambil istirahat secukupnya, tidak masalah jika waktu perjalanan Anda jadi lebih panjang karena banyak berhenti, yang terpenting Anda tiba dalam kondisi utuh dan selamat.

 

  • Mengontrol Diri

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada hari atau momen tertentu Anda harus menjumpai kemacetan ataupun kesemrawutan di jalanan. Hal itu biasanya ada di luar rencana atau kendali Anda. Maka yang bisa Anda lakukan adalah mengontrol diri. 

Tips yang perlu Anda terapkan dalam berkendara saat puasa, jangan sampai terpancing emosi, apalagi jika mendapati pengemudi lain yang ngawur. Sebab amarah hanya akan membuat Anda kehilangan konsentrasi! 

Jadi sebaiknya Anda kembali mengingat juga bahwa salah satu esensi dari berpuasa itu adalah sebuah ibadah untuk dapat mengendalikan diri. 

 

  • Memanfaatkan Teknologi Masa Kini

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya