Tips & Trik

Ketahui, Fungsi Fuel Pressure Regulator & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 23 Maret 2022

4  Xl7 (2)

___________________________________________________________________________________

Saat kondisi tersebut, tekanan bahan bakar pada pipa pengiriman mampu dipertahankan dengan kondisi seimbang.

Keadaan tersebut akan memudahkan kendaraan saat dihidupkan setelah lama terparkir. Menjaga performa FPR sangat penting untuk dilakukan agar mesin mudah distarter.

Apabila ada masalah pada FPR yang mengakibatkannya tidak dapat berfungsi dengan baik, maka tekanan dalam saluran bahan bakar tidak bisa dipertahankan dengan semestinya. Dengan demikian, Anda akan mengalami kesulitan ketika menyalakan mesin karena putaran idle yang tidak stabil.

  • Cara Kerja Pengatur Tekanan Bahan Bakar Ketika Mesin Langsam atau Idling

Terdapat tiga komponen dalam FPR, yaitu katup, pegas, dan juga diafragma yang saling bekerja secara sinergis untuk menjaga tekanan bahan bakar. Mekanisme kerjanya adalah besarnya vakum udara di dalam intake manifold, dimanfaatkan untuk menjaga tekanan bahan bakar yang sesuai kebutuhan.

Ketika kondisi mesin idling, penyemprotan bahan bakar oleh injektor ke mesin akan menjadi lebih sedikit.

Keadaan tersebut menyebabkan tekanan bahan bakar pada pipa pengiriman menjadi semakin besar. Dengan demikian, fungsi fuel pressure regulator mulai bekerja dengan menyeimbangkan tekanan.

Penyeimbangan tersebut dilakukan dengan cara menyeimbangkan tekanan, sehingga FPR akan menarik diafragma dan juga membuka katup bahan bakar.

Baca Juga : Torque Converter: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Dengan demikian, bahan bakar akan kembali melalui return pipe ke tangki. Setelah itu, tekanan akan menjadi seimbang di dalam pipa pengiriman.

  • Cara Kerja Pengatur Tekanan Bahan Bakar Ketika Mesin Beban Penuh

Cara kerja pengatur tekanan dalam kondisi mesin beban penuh adalah injektor lebih banyak menyebabkan bahan bakar.

Dengan demikian, tekanan pada pipa pengiriman akan berkurang secara signifikan dan langsung turun. Bagaimana cara kerja pegas bisa dicek di halaman selanjutnya.

___________________________________________________________________________________

Kemudian, pegas di dalam FPR akan menekan diafragma untuk kembali ke posisi dan membuat posisi katup tertutup. Hal ini terjadi untuk mencegah hilangnya tekanan bahan bakar pada mesin.

Gejala Kerusakan pada Fuel Pressure Regulator

4._xl7__1_

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya