Tips & Trik

Segera Cek, Ternyata Ini Penyebab Setir Mobil Goyang

PUBLISHED DATE : 21 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/setir_mobil.jpg

Kenyamanan dan keamanan dalam mengendarai mobil merupakan sebuah keharusan. Mengapa demikian? Karena akhir-akhir ini sering terjadi kecelakaan, salah satu penyebabnya adalah goyangnya setir mobil saat dikendarai.

Kondisi seperti itu jangan dibiarkan begitu saja, melainkan diperlukan adanya tindakan lanjut agar kondisi tersebut tidak memperparah kerusakan mobil dan menciptakan kenyamanan dalam berkendara. Ternyata ada beberapa penyebab setir pada mobil goyang, berikut penjelasannya.

Ban Mobil Yang Menggelembung

Baca Juga : Ganti Oli Mobil Berapa Km? Ini Tandanya Perlu Diganti

Hal yang menyebabkan perjalanan menjadi tidak rata adalah kondisi ban mobil yang menggelembung. Ban mobil yang menggelembung membuat setir goyang di kecepatan rendah. Penyebab gelembung ban mobil bisa jadi disebabkan karena kondisinya yang sudah tidak layak pakai lagi.

Keadaan seperti itu harus diatasi dengan cepat, maka segeralah ganti ban mobil Anda sehingga tidak membahayakan lagi ketika berkendara. Hindari penggunaan ban yang sudah aus dan nantinya berdampak pada pengereman. Di sisi lain, perhatikan pula motif ban mobil Anda.

Kondisi Velg Yang Penyok

Baca Juga : Fungsi Lampu Tanda Belok: Rangkaian & Komponennya

Kondisi pada velg yang sudah penyok merupakan penyebab setir goyang, sehingga terjadi ketidaknyamanan saat berkendara. Yang menyebabkan velg penyok yaitu terlalu sering berkendara di jalan berlubang, sehingga menyebabkan adanya benturan.

Velg merupakan komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Ketika velg penyok terjadi ketidakseimbangan pada kendaraan Anda dan menyebabkan setir mobil goyang. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan bagian ini secara betul-betul.

kemudi_pada_mobil

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil dengan Aman

Cross Joint Propeller Shaft Macet

Propeller shaft berfungsi memindahkan atau meneruskan tenaga yang berasal dari transmisi menuju gardan. Hal ini biasanya berlaku pada jenis mobil yang menggunakan jenis penggerak roda belakang. Tenaga tersebut selalu berubah-ubah saat kendaraan berjalan sesuai dengan permukaan jalan.

Cross joint berfungsi sebagai penggerak ujung propeller secara fleksibel dan berputar. Jika komponen ini macet atau rusak, maka setir pada mobil akan goyang saat dikendarai.  Biasanya kerusakan ini terjadi kurangnya pelumas dan sering terendam air.

Oleh karena itu, segera bawa mobil ke tempat service jika ada komponen yang rusak. Saat melakukan service, usahakan untuk memperhatikan baut-baut pengikat yang ada dalam komponen tersebut agar tidak kendor bahkan terlepas.

Kenapa hal itu perlu diwaspadai? Karena akan terjadi kebocoran pada tangki bensin apabila terdapat baut terlepas dan juga akan menyebabkan kebakaran yang fatal.

Engine Mount Mesin

Engine mount mesin ini berfungsi untuk menahan mesin mobil agar tetap stabil pada posisinya. Jika terdapat kerusakan pada bagian ini, tentu akan menyebabkan getaran pada mesin yang tidak bisa ditahan dan menyebabkan goyahnya setir.

Kondisi ini biasanya terjadi pada mobil yang pernah mengalami tabrakan pada bagian depan dan kecelakaan yang cukup parah. Bagi Anda yang mencari mobil bekas, perhatikan benar-benar ciri-ciri dari mobil bekas tabrakan agar aman saat dikendarai.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya