Tips & Trik

Ketahui, Fungsi Fuel Pressure Regulator & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 23 Maret 2022

4  Xl7 (2)

Proses pembakaran menjadi tidak efisien apabila terjadi kerusakan pada FPR. Selain itu, juga bisa menimbulkan masalah yang serius seperti munculnya percikan api hingga terjadinya kebakaran.

Oleh karena itu, penting untuk Anda dalam mengetahui dan memahami gejala kerusakan pada FPR. 

Untuk mengetahui gejala dari kerusakan pada fuel pressure regulator bisa dengan memahami tanda-tandanya. Beberapa tanda yang harus Anda pahami adalah pompa bahan bakar yang mengeluarkan suara bising, knalpot mengeluarkan asap hitam, mesin menjadi backfire.

Selain tanda-tanda tersebut, juga ada tanda yang lain yaitu akselerasi buruk dan mesin menjadi macet, busi menjadi hitam atau spark plug, dan yang terakhir adalah adanya bahan bakar dalam selang vakum.

Tanda-Tanda Untuk Melakukan Penggantian Pengatur Tekanan Bahan Bakar

Ketika kendaraan Anda menunjukkan tanda-tanda seperti lampu cek pada mesin yang menyala dan kebocoran bahan bakar, maka sesegera mungkin lakukan penggantian  FPR. Hal tersebut untuk menghindari kerusakan yang semakin parah.

Selain itu, juga ditandai dengan pemakaian bahan bakar yang cukup boros jika dibandingkan dengan biasanya, adanya bau bahan bakar dalam kompartemen mesin, dan adanya asap hitam yang berasal dari knalpot.

Penggantian spare part pengatur tekanan bahan bakar yang orisinal sangat disarankan. 

Baca Juga : Kebiasaan Buruk yang Bikin AC mobil Cepat Rusak

___________________________________________________________________________________

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga tekanan bahan bakar yang tetap sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda. Dengan demikian, mesin kendaraan Anda bisa bekerja secara optimal.

Tips Untuk Mengatasi Kerusakan Pengatur Tekanan Bahan Bakar

Apabila Anda telah memahami mengenai tanda-tanda dari kerusakan FPR kendaraan, jangan menganggap remeh dan sepele gejala tersebut. Tips untuk mengatasi tanda-tanda tersebut adalah dengan menjadwalkan inspeksi agar tidak merusak komponen lainnya.

Dengan demikian, Anda bisa mengatasi masalah yang terjadi pada sistem bahan bakar kendaraan dan dapat berkendaraan dengan nyaman dan aman.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara kerja, gejala-gelaja kerusakan pada komponen, dan fungsi fuel pressure regulator yang dapat Anda ketahui.

Apabila Anda memiliki masalah terhadap kondisi FPR kendaraan, segera perbaiki kerusakan tersebut dengan membawanya ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Informasi seputar dealer-dealer tersebut bisa Anda cek di website dealer lokal. Berikut daftar situs yang bisa dirujuk.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya