Tips & Trik

Ketahui, Fungsi Fuel Pressure Regulator & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 23 Maret 2022

4  Xl7 (2)

Istilah fuel pressure mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Komponen ini termasuk dalam salah satu komponen penting dalam mobil.

Dalam ulasan ini, Anda akan mempelajari tentang beberapa fungsi dari fuel pressure regulator (FPR) beserta cara kerjanya.

Fungsi Fuel Pressure Regulator

FPR atau pengatur tekanan bahan bakar di sebuah kendaraan memiliki peranan penting dalam sistem bahan bakar mobil yang sudah memiliki sistem electronic fuel injection (EFI). Komponen ini memiliki beberapa fungsi yang bisa Anda simak dalam uraian berikut ini.

  • Pendukung Kinerja Fuel Injector

Komponen tekanan bahan bakar pada mobil, memiliki fungsi untuk memastikan kinerja injektor bahan bakar pada setiap kendaraan. FPR berperan dalam mengalirkan bahan bakar menuju ke sistem mobil dan sampai ke fuel injector.

FPR juga berperan penting untuk mempertahankan konsistensi dari tekanan bahan bakar dalam fuel injector, dengan mengontrol banyaknya bahan bakar yang harus kembali ke fuel tank.  

  • Pengatur Tekanan Bahan Bakar

FPR memiliki fungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar dalam sistem electronic fuel injection (EFI).

Komponen ini mampu mengatur tekanan sesuai dengan intake manifold atau fuel injector. Ketika tekanan pada intake manifold mengalami kenaikan, tekanan pada rail fuel juga akan mengalami kenaikan.

Fuel pressure regulator berfungsi untuk menjaga tekanan dari bahan bakar bisa fleksibel (mampu menyesuaikan dengan berubah ubah). Hal ini dikarenakan, apabila tekanan bahan bakar tetap sama, maka akan terjadi ketidaksesuaian kebutuhan bahan bakar pada mesin.

Cek fungsi lainnya dari pengatur bbm pada motor di halaman berikutnya.

___________________________________________________________________________________

  • Penjaga Bentuk Kabut Bahan Bakar

Fungsi dari FPR berikutnya adalah mengatur, sekaligus menjaga tekanan bahan bakar pada delivery pipe (pipa pengiriman) sesuai dengan kebutuhan sistem dalam kendaraan. 

Baca Juga : Berkendara Aman Saat Malam Hari dengan Foglamps dan Headlamps All New Ertiga

Pembakaran pada ignition chamber dapat terjadi apabila bahan bakar berbentuk uap semburan dengan adanya tekanan.

Bahan bakar yang tidak berbentuk uap akan menyebabkan sistem menjadi bermasalah, sehingga mesin sulit untuk dinyalakan dan juga mesin menjadi boros bahan bakar.

  • Penjaga Kestabilan Bahan Bakar

Fungsi lain dari FPR adalah untuk menjaga pasokan bahan bakar tetap stabil. Komponen ini akan memastikan bahwa bahan bakar mampu mengalir sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

Secara garis besar, fuel pressure regulator berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar. Kemudian, mengembalikan yang bahan akar berlebih ke tangki.

Cara Kerja Pengatur Tekanan Bahan Bakar 

Cara kerja FPR untuk menjaga tekanan bahan bakar pada mesin terbagi menjadi tiga keadaan, yaitu ketika mesin dimatikan, beban penuh, dan langsam atau idling. Cara kerja tersebut dapat Anda simak melalui penjelasan berikut ini.

  • Cara Kerja Pengatur Tekanan Bahan Bakar Ketika Mesin Dimatikan

Ketika mesin kendaraan Anda mati dan pompa bahan bakar juga ikut berhenti bekerja, pegas akan menekan kembali katup dan diafragma. Dengan demikian, katup akan tertutup beserta dengan menutupnya check valve dalam fuel pump.

Seperti apa cara kerjanya dengan terperinci, cek di halaman berikutnya.

___________________________________________________________________________________

Saat kondisi tersebut, tekanan bahan bakar pada pipa pengiriman mampu dipertahankan dengan kondisi seimbang.

Keadaan tersebut akan memudahkan kendaraan saat dihidupkan setelah lama terparkir. Menjaga performa FPR sangat penting untuk dilakukan agar mesin mudah distarter.

Apabila ada masalah pada FPR yang mengakibatkannya tidak dapat berfungsi dengan baik, maka tekanan dalam saluran bahan bakar tidak bisa dipertahankan dengan semestinya. Dengan demikian, Anda akan mengalami kesulitan ketika menyalakan mesin karena putaran idle yang tidak stabil.

  • Cara Kerja Pengatur Tekanan Bahan Bakar Ketika Mesin Langsam atau Idling

Terdapat tiga komponen dalam FPR, yaitu katup, pegas, dan juga diafragma yang saling bekerja secara sinergis untuk menjaga tekanan bahan bakar. Mekanisme kerjanya adalah besarnya vakum udara di dalam intake manifold, dimanfaatkan untuk menjaga tekanan bahan bakar yang sesuai kebutuhan.

Ketika kondisi mesin idling, penyemprotan bahan bakar oleh injektor ke mesin akan menjadi lebih sedikit.

Keadaan tersebut menyebabkan tekanan bahan bakar pada pipa pengiriman menjadi semakin besar. Dengan demikian, fungsi fuel pressure regulator mulai bekerja dengan menyeimbangkan tekanan.

Penyeimbangan tersebut dilakukan dengan cara menyeimbangkan tekanan, sehingga FPR akan menarik diafragma dan juga membuka katup bahan bakar.

Dengan demikian, bahan bakar akan kembali melalui return pipe ke tangki. Setelah itu, tekanan akan menjadi seimbang di dalam pipa pengiriman.

  • Cara Kerja Pengatur Tekanan Bahan Bakar Ketika Mesin Beban Penuh

Cara kerja pengatur tekanan dalam kondisi mesin beban penuh adalah injektor lebih banyak menyebabkan bahan bakar.

Dengan demikian, tekanan pada pipa pengiriman akan berkurang secara signifikan dan langsung turun. Bagaimana cara kerja pegas bisa dicek di halaman selanjutnya.

___________________________________________________________________________________

Kemudian, pegas di dalam FPR akan menekan diafragma untuk kembali ke posisi dan membuat posisi katup tertutup. Hal ini terjadi untuk mencegah hilangnya tekanan bahan bakar pada mesin.

Gejala Kerusakan pada Fuel Pressure Regulator

4._xl7__1_

Proses pembakaran menjadi tidak efisien apabila terjadi kerusakan pada FPR. Selain itu, juga bisa menimbulkan masalah yang serius seperti munculnya percikan api hingga terjadinya kebakaran.

Oleh karena itu, penting untuk Anda dalam mengetahui dan memahami gejala kerusakan pada FPR. 

Untuk mengetahui gejala dari kerusakan pada fuel pressure regulator bisa dengan memahami tanda-tandanya. Beberapa tanda yang harus Anda pahami adalah pompa bahan bakar yang mengeluarkan suara bising, knalpot mengeluarkan asap hitam, mesin menjadi backfire.

Baca Juga : Fungsi Receiver Dryer Pada Sistem AC Mobil dan Cara Kerjanya

Selain tanda-tanda tersebut, juga ada tanda yang lain yaitu akselerasi buruk dan mesin menjadi macet, busi menjadi hitam atau spark plug, dan yang terakhir adalah adanya bahan bakar dalam selang vakum.

Tanda-Tanda Untuk Melakukan Penggantian Pengatur Tekanan Bahan Bakar

Ketika kendaraan Anda menunjukkan tanda-tanda seperti lampu cek pada mesin yang menyala dan kebocoran bahan bakar, maka sesegera mungkin lakukan penggantian  FPR. Hal tersebut untuk menghindari kerusakan yang semakin parah.

Selain itu, juga ditandai dengan pemakaian bahan bakar yang cukup boros jika dibandingkan dengan biasanya, adanya bau bahan bakar dalam kompartemen mesin, dan adanya asap hitam yang berasal dari knalpot.

Penggantian spare part pengatur tekanan bahan bakar yang orisinal sangat disarankan. 

___________________________________________________________________________________

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga tekanan bahan bakar yang tetap sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda. Dengan demikian, mesin kendaraan Anda bisa bekerja secara optimal.

Tips Untuk Mengatasi Kerusakan Pengatur Tekanan Bahan Bakar

Apabila Anda telah memahami mengenai tanda-tanda dari kerusakan FPR kendaraan, jangan menganggap remeh dan sepele gejala tersebut. Tips untuk mengatasi tanda-tanda tersebut adalah dengan menjadwalkan inspeksi agar tidak merusak komponen lainnya.

Dengan demikian, Anda bisa mengatasi masalah yang terjadi pada sistem bahan bakar kendaraan dan dapat berkendaraan dengan nyaman dan aman.

Demikian beberapa ulasan mengenai cara kerja, gejala-gelaja kerusakan pada komponen, dan fungsi fuel pressure regulator yang dapat Anda ketahui.

Apabila Anda memiliki masalah terhadap kondisi FPR kendaraan, segera perbaiki kerusakan tersebut dengan membawanya ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Informasi seputar dealer-dealer tersebut bisa Anda cek di website dealer lokal. Berikut daftar situs yang bisa dirujuk.

Berita Lainnya