Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Alat Pendingin Mesin Mobil & Komponennya

PUBLISHED DATE : 02 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/1__xl7.jpg

Kinerja mesin mobil akan menghasilkan suhu tinggi yang perlu dikontrol oleh alat pendingin mesin mobil. Penting sekali untuk menjaga agar alat pendingin ini bekerja dengan baik sehingga mesin tidak mengalami overheat. 

Dampak mesin overheat sangat berbahaya, mesin bisa tiba-tiba mati dan muncul asap putih dari kap mesin. Bahkan paling parah kerusakan pada mesin juga bisa sangat berbahaya. 

Supaya tidak menyepelekannya, kenali apa pengertian dan juga fungsi dari alat pendingin ini. 

Baca Juga : Yuk Mengenal 4 Fungsi Flywheel, Si Roda Gila Pada Mobil

Apa Itu Alat Pendingin Mesin Mobil dan Fungsinya 

Sumber panas pada mobil tidak terjadi begitu saja, efek ini muncul karena berkaitan dengan kinerja dari mesin. Semua jenis mesin khususnya yang terbuat dari baja akan menciptakan panas ketika bergesekkan. 

Belum lagi adanya proses pembakaran pada ruang bakar di mesin mobil. Prosesnya sendiri akan terus berlangsung selama mesin mobil bekerja. Bahkan dapat meningkat seiring dengan tingkat pembakaran yang terjadi. 

Baca Juga : Langkah Yang Perlu Dilakukan Setelah Mobil Lakukan Perjalanan Jauh

Demi menghindari kerusakan komponen akibat suhu panas maka alat pendingin mesin mobil harus dalam kondisi yang prima. Karena suhu kerja mobil yang menyala seharusnya adalah 80 hingga 92 derajat Celcius. 

Apa yang akan terjadi jika mesin memiliki suhu lebih dari 92 derajat Celcius, cek di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Baca Juga : Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi? Ini Penyebabnya

Apabila suhunya sudah melebihi angka tersebut maka indikator pada dashboard mobil akan menyala merah. Pada beberapa mobil indikator ini ada juga yang menunjukkan sampai level H. 

Fungsi utama alat pendingin mesin mobil adalah untuk menstabilkan  suhu yang mesin yang sedang bekerja. Sehingga suhunya tidak melebihi suhu standar ketika mobil berjalan atau menyala. 

Komponen Pada Alat Pendingin Mesin Mobil

1

Sistem pendingin pada mesin mobil memiliki beberapa komponen dan perlu dicek rutin supaya tidak terjadi kerusakan. Komponen yang termasuk di dalamnya adalah sebagai berikut ini:

  • Radiator 

Komponen yang pertama ini memiliki komponen lain berupa pipa kecil dan bak penampungan water coolant. Pipa ini nantinya akan dialiri oleh cairan pendingin demi menyerap suhu panas yang dikeluarkan oleh mesin. 

Selain memanfaatkan pipa tersebut, radiator juga memiliki kisi-kisi yang menempel untuk mendinginkan dengan memanfaatkan angin. Kisi-kisi ini juga berfungsi untuk mendinginkan air yang menyerap panas sehingga dapat dialirkan kembali ke pipa. 

Selain radiator, apalagi komponen alat pendingin pada mesin mobil cek di halaman selanjutnya. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya