Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Alat Pendingin Mesin Mobil & Komponennya

PUBLISHED DATE : 02 Maret 2022

1  Xl7

Komponen alat pendingin mesin mobil selanjutnya adalah pompa air yang bekerja untuk mengantarkan sirkulasi air dari lower tank ke radiator. Pompa ini akan membuat air radiator kembali ke dalam pipa-pipa untuk bekerja. 

Kinerja pompa air akan menyesuaikan putaran mesin karena tersambung dengan v-belt. Pompa air menjadi komponen yang tidak boleh rusak karena akan menjaga siklus tertutup yang fungsinya menyerap, membawa serta membuang panas. 

  • Kipas Radiator 

Bagian pendingin pada mobil yaitu radiator juga dilengkapi dengan kipas yang jumlahnya dua. Satu kipas memiliki fungsi memberikan aliran udara ke radiator dan disebut dengan motor fan radiator. 

Jenis kipas yang kedua yaitu fan radiator yang akan bekerja dengan mengandalkan tali kipas. Kipas ini tidak meniupkan udara melainkan menghisap udara dari radiator. Tujuannya agar udara dingin melewati kisi-kisi radiator. 

  • Thermostat 

Banyak yang sering mengabaikan alat pendingin mesin mobil yang satu ini. Fungsi utamanya adalah untuk mengatur sirkulasi air pada pendingin mesin. Ada dua jenis thermostat yang pertama memiliki katup by pass dan kedua tanpa katup. 

Bagaimana cara kerjanya cek di halaman berikutnya.

____________________________________________________________________________________________

Baca Juga : Kenapa Setir Mobil Harus Lurus Saat Parkir?

Cara kerjanya adalah ketika mesin berada dalam suhu terlalu tinggi sehingga air tidak melakukan sirkulasi. Namun jika suhu mesin sudah aman maka air akan bekerja kembali melalui pipa-pipa radiator. 

  • Radiator Cap 

Komponen selanjutnya adalah radiator cap yaitu komponen yang fungsinya meningkatkan dan menjaga titik didih air supaya tidak naik hingga 100 derajat Celcius. Tugas utamanya adalah menjaga kestabilan tekanan pada radiator. 

Fungsi lainnya adalah untuk menyegel lubang di blok silinder serta kepala silinder. Radiator cap juga dirancang secara khusus agar bisa mengalirkan air yang akan menguap pada tabung cadangan. 

Aliran air akan mengalir pada saat tekanan radiator lebih dari angka 0,7 atau 0,9 satuan bar. 

  • Hose dan BypassHose  Radiator

Satu lagi komponen yang penting adalah selang yang dibuat dari bahan karet dan berhubungan langsung dari radiator dan mesin. Ada dua jenis hose yaitu upper hose dan lower hose. 

Upper hose memiliki fungsi yang bisa memudahkan air agar bergerak dari mesin ke radiator. Jenis yang kedua memiliki fungsi sebaliknya yaitu air disalurkan dari radiator ke mesin. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya