Tips & Trik

Kaliper Rem Mobil: Fungsi dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 19 Mei 2021

Kaliper Rem Mobil

Karena adanya penekanan yang terjadi pada bagian ini, maka mobil Anda bisa segera berhenti. Disini, alangkah baiknya Anda memilih bahan dari kampas rem yang terbuat dari asbes, sinter, keramik atau semi metal. 

  • Membuat Pengereman Menjadi Lebih Efisien

Fungsi berikutnya adalah menjadikan pengereman lebih efisien. Hal ini dikarenakan ada komponen lain yang membantu bernama sticking brake pad. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk mempertahankan perangkat keras dalam mobil Anda.

Di sini ketika Anda hendak mengerem, maka komponen yang satu ini akan membuat pantulan dan kebisingan. Dari situlah Anda sudah bisa melakukan pengereman secara lebih cepat dan hal ini membuatnya menjadi lebih efisien.

  • Mengurangi Kecepatan Roda Kendaraan

Fungsi caliper yang lain adalah untuk mengurangi kecepatan roda kendaraan. Saat proses pengereman terjadi, komponen ini akan bekerja sama dengan berbagai komponen pengereman lain agar bisa melambatkan laju kendaraan Anda dari rodanya. 

  • Menyalurkan Gaya Dorong ke Cakram Rem

Kaliper rem juga berfungsi untuk menyalurkan gaya dorong ke cakram. Pada bagian ini juga terdapat sebuah piston yang akan membantu menyalurkan gaya dorong agar sampai ke piringan cakram.

Dari situlah mobil Anda langsung mengerem secara perlahan saat pengemudi menginjak rem.

Baca Juga : Ini Keunggulan Spesifikasi Keyless GSX-R150

Seal piston ini berbentuk tabung. Selain berfungsi untuk membantu memperlambat laju roda kendaraan, seal piston juga akan membantu mengurangi terjadinya kebocoran minyak rem. 

Minyak rem ini juga akan ikut mengalir ketika Anda hendak memberhentikan kendaraan. Minyak rem keluar karena adanya sebuah proses hidrolik saat Anda menginjak pedal. Saat itulah seal piston langsung bereaksi dengan menghalangi minyak rem agar tidak terlalu banyak keluar.

Selain itu, ada juga komponen lain yang turut membantu bernama master silinder. Master silinder adalah penentu utama apakah capiler bisa berfungsi atau tidak. Master silinder memiliki fungsi untuk mengubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik sehingga mobil bisa berhenti di tempat yang tepat.

kaliper_rem

Cara Kerja Kaliper Pada Rem

Jika caliper ini dalam kondisi tetap, maka pistonnya akan memadat di kedua sisinya. Akan tetapi jika kalipernya mengembang, maka piston akan langsung melakukan dorongan ke rem bagian dalam dan mengenai bagian rotor, sehingga kendaraan bisa berhenti. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya