Tips & Trik

Catat, Ini Penyebab Blower AC Mobil Mati dan Solusinya

PUBLISHED DATE : 26 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/blower_AC_mobil.jpg

Merawat mobil merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh para pemiliknya agar kendaraan tetap dalam kondisi baik. Dengan melakukan perawatan, maka mobil bisa bekerja secara maksimal, begitu pula pada bagian blower AC mobil.

Blower merupakan salah satu komponen pada mobil yang memiliki peranan sangat penting. Apabila blower mengalami kerusakan, tentu akan mengganggu kinerja AC atau bahkan komponen lain pada mobil tersebut. 

Berikut pengertian blower, penyebab kenapa blower bisa rusak dan cara menanganinya. Simak penjelasan di bawah ini bagi Anda para pemilik mobil yang menggunakan AC.

Pengertian Blower AC Mobil

Baca Juga : Power Steering Berat : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Blower merupakan salah satu sistem pendingin yang ada dalam mobil dan berbentuk motor dinamo.

Sistem pendingin yang satu ini dilengkapi dengan daun kipas selayaknya kipas angin. Fungsi utama dari blower adalah untuk menghasilkan udara dingin yang diperoleh dari evaporator.

Berkat adanya blower, suhu dalam mobil bisa menjadi lebih dingin. Cara menggunakan blower tersebut pun sangat mudah.

Baca Juga : Mau Aki Basah Awet? Begini Tipsnya!

Anda hanya tinggal memutar saklar AC yang berada di bagian panel dashboard. Setelah saklar menyala, hembusan angin dingin akan terasa secara perlahan.

Saklar AC juga dilengkapi dengan tingkatan-tingkatan suhu. Jadi, Anda bisa mengatur berapa tingkat suhu dingin yang diinginkan.

Penyebab Blower AC Mobil Mati

Sebagaimana yang telah disebutkan, blower merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil.

Baca Juga : Bahaya Paksakan Pakai Minyak Rem Motor di Luar Spesifikasi

Apabila blower mati, tentu keadaan di dalam kabin akan terasa sangat panas jika kaca jendela tidak dibuka. Lalu, apa saja penyebab blower AC bisa mati? Berikut ulasannya.

  • Resistor Blower Terputus

Putusnya resistor ternyata bisa menyebabkan blower tiba-tiba mati. Perlu Anda ketahui pula bahwa resistor merupakan susunan tahanan listrik. Besar kecilnya resistor sangat mempengaruhi kecepatan putaran blower.

Jika listrik yang menuju ke blower melewati resistor tersebut besar, maka putaran blower akan mengecil dan ketika listrik yang mengalir melewati resistor tersebut kecil, blower justru akan berputar semakin cepat.

Nah apabila resistor tersebut terputus, tentu arus listrik yang menuju ke blower juga ikut putus.

Hal itu terjadi karena listrik yang menuju ke blower sebelumnya harus melewati resistor. Jadi ketika resistor terputus, blower tidak akan bisa berputar.

  • Relay Blower Rusak

Matinya blower AC pada mobil juga bisa disebabkan karena kerusakan relay. Relay merupakan komponen yang memisahkan pemakaian listrik berdaya besar dan kecil. 

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kerusakan saklar karena dilewati oleh arus listrik berdaya besar.

Apabila relay rusak ketika saklar diaktifkan, arus listrik yang mengalir ke bagian motor blower akan terputus. Dengan demikian, blower tidak akan mungkin berputar karena tidak ada aliran listrik.

  • Motor Blower Rusak

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya