Tips & Trik

Kaliper Rem Mobil: Fungsi dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 19 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/kaliper_rem_mobil.jpg

Salah satu komponen yang penting di dalam mobil adalah sistem pengereman, dan salah satu jenis sistem ini adalah rem yang menggunakan cakram. Dalam sistem pengereman cakram kaliper rem adalah salah satu komponen yang mengambil peran penting. 

Komponen ini kadang dianggap sepele dan kurang familiar. Namun demikian, fungsinya tidak bisa diremehkan. Penasaran seperti apa fungsi dan cara kerjanya? Simak uraian selanjutnya di bawah ini.

Daftar Fungsi Kapiler pada Sistem Rem Cakram

Sebagaimana sudah disebutkan, bahwa komponen ini memiliki peran penting dalam sistem pengereman menggunakan cakram. Kaliper ini memiliki fungsi utama untuk menjepit kampas dan piringan cakram. Akan tetapi sebenarnya ada banyak fungsi lain dari komponen yang satu ini. Berikut daftarnya.

  • Pengendali Utama Laju Kendaraan

Baca Juga : Apa itu Quick Shifter? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Komponen yang satu ini memang merupakan bagian terpenting dari mobil karena fungsinya mengatur seberapa cepat laju kendaraan. Jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan, maka hal tersebut tentu akan mengganggu laju kendaraan Anda dan tentunya membahayakan pengendara.

Bisa diibaratkan, komponen yang satu ini merupakan bagian paling vital dari mobil karena keamanan dan kenyamanan pengendara serta penumpang tergantung bagaimana kinerja caliper ini. Jika komponen ini bisa bekerja dengan baik, maka perjalanan akan aman-aman saja.

Oleh sebab itu, Anda harus selalu mengecek kondisi komponen ini agar selalu dalam keadaan aman sebelum digunakan, apalagi ketika ingin bepergian jauh. Anda juga bisa melakukan pengecekan rutin meski tidak sedang bepergian jauh.

  • Mengatur Proses Saat Akan Mengerem Kendaraan

Baca Juga : Kenali Tanda & Penyebab Oli Mobil Berkurang

Sesuai dengan namanya, caliper rem berfungsi untuk mengatur kendaraan saat akan berhenti. Anda bisa berhenti di tempat yang tepat dan aman jika komponen ini bisa bekerja dengan sangat baik. 

Bagian yang satu ini terletak di depan dan belakang mobil sehingga kinerjanya bisa sangat maksimal saat Anda akan memberhentikan kendaraan. Hal ini juga berlaku ketika Anda sedang melajukan kendaraan dengan kecepatan yang tinggi dan ingin mengurangi kecepatan.

Dengan fungsi pentingnya ini, Anda semakin disarankan merawat komponen ini dengan baik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin melakukan perawatan komponen caliper adalah dengan mendatangi bengkel resmi Suzuki terdekat.

  • Mampu Memperpendek Jarak Pengereman

Baca Juga : Ketahui Ini Indikasi Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

Ketika hendak mengerem kendaraan, kita biasanya harus dari jarak jauh terlebih dahulu, kini sudah tidak perlu seperti itu lagi berkat adanya kaliper. Komponen yang satu ini akan membantu Anda untuk memperpendek jarak pengereman jadi lebih mudah.

Lalu bagaimana cara kerja rem yang satu ini? Anda tinggal menginjak pedal rem dengan menggunakan kaki ketika akan berhenti di suatu tempat. Secara otomatis mobil Anda akan langsung berhenti dalam jarak dekat dan hal ini tidak akan membahayakan.

Kaliper rem mobil ini memang mampu membantu memberikan keamanan dan kenyamanan lebih bagi pengemudi serta penumpang. 

  • Untuk Menekan Piringan Cakram

Karena di dalam kapiler juga terdapat piringan cakram, maka ada bagian yang digunakan untuk menekannya dan itu bernama kampas rem. Bagian inilah yang berfungsi untuk menekan piringan cakram agar kendaraan bisa berhenti sempurna.

Cara kerjanya adalah ketika Anda menginjak pedal rem, maka akan muncul gaya gesekan antara kampas dengan piringan. Kampas rem akan menahan panas yang dihasilkan oleh piringan, lalu bisa berputar secara optimal.

Karena adanya penekanan yang terjadi pada bagian ini, maka mobil Anda bisa segera berhenti. Disini, alangkah baiknya Anda memilih bahan dari kampas rem yang terbuat dari asbes, sinter, keramik atau semi metal. 

  • Membuat Pengereman Menjadi Lebih Efisien

Fungsi berikutnya adalah menjadikan pengereman lebih efisien. Hal ini dikarenakan ada komponen lain yang membantu bernama sticking brake pad. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk mempertahankan perangkat keras dalam mobil Anda.

Di sini ketika Anda hendak mengerem, maka komponen yang satu ini akan membuat pantulan dan kebisingan. Dari situlah Anda sudah bisa melakukan pengereman secara lebih cepat dan hal ini membuatnya menjadi lebih efisien.

  • Mengurangi Kecepatan Roda Kendaraan
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya