Tips & Trik

Harus Tahu, Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

PUBLISHED DATE : 13 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/5964369_s.jpg

Pernah mengalami aki motor mendadak tidak bisa bekerja? Apa yang jadi penyebab aki motor tidak mengisi? Ketika aki tidak bekerja otomatis mesin motor tidak akan menyala. 

Fungsi utama aki adalah untuk memberikan pasokan listrik kepada semua komponen seperti busi hingga lampu. Apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan maka Anda tidak bisa membiarkannya terlalu lama. 

Cek apa saja yang menyebabkan aki tidak dapat mengisi sehingga perannya sebagai baterai pun terganggu. 

Baca Juga : Stop Panik, Ini Penyebab Gas Motor Naik Sendiri

7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Wajib Tahu 

Pengisian daya pada aki tidak boleh terlalu kecil atau besar. Jika aki mengalami overcharge maka dapat menimbulkan kerusakan. Sedangkan daya yang terlalu kecil juga akan membuat arus listrik yang dibutuhkan kurang. 

Kerusakan pada aki bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Biasanya aki yang rusak dapat memiliki bentuk menggembung. Meski begitu ada juga aki yang fungsinya terganggu padahal bentuk fisiknya normal. 

Baca Juga : Mengenal Faktor Mesin Sepeda Motor Over Heat

Jadi beban yang masuk ke aki memiliki batasan sesuai dengan kapasitas yang telah dirancang. 

Soal penyebab aki motor tidak mengisi pun ada berbagai macam, Anda bisa simak langsung di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

  • Kerusakan pada Kiprok 

Baca Juga : Tips Pintar Mencegah Kulit Jok Pecah-pecah

Setiap aki memiliki komponen disebut dengan kiprok atau regulator. Fungsi dari regulator ini adalah sebagai keran yang menghantarkan listrik dari spull. Banyak sedikitnya aliran listrik pada spull ini diatur oleh kiprok. 

Aliran listrik ini perlu diatur supaya jumlah aliran listrik tepat tidak berlebihan yang membuat aki menjadi tekor. Kerusakan pada kiprok biasanya ditandai dengan tidak panas walaupun mesin motor sudah dinyalakan. 

Cara mengecek lainnya adalah dengan menahan gas di angka 4000 hingga 5000 rpm, jika tegangan listrik kurang dari 14 volt atau lebih artinya kiprok mengalami masalah. Anda bisa mengecek tegangan ini memanfaatkan voltmeter. 

  • Masalah pada Soket Kiprok 

Penyebab aki motor tidak mengisi yang kedua bisa berasal dari soket yang gosong atau justru meleleh. Aki tidak akan langsung mengalami kerusakan, namun aliran listrik akan terganggu. 

Aliran listrik yang terganggu ini akan membuat motor sulit menyala, jika dibiarkan terlalu lama kerusakan dapat menjalar ke bagian aki motor. Termasuk terjadinya korsleting juga bisa dikarenakan soket ini. 

Masih ada empat penyebab aki yang tidak bisa mengisi daya kembali. Cek langsung di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________

  • Pemasangan Kabel yang Salah 

Sebuah motor atau kendaraan selalu tersedia kabel yang cukup rumit pada sistem kelistrikan. Kabel akan menyambung satu sama lain sebagai penghantar arus listrik. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya