Tips & Trik

Harus Tahu, Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

PUBLISHED DATE : 13 Maret 2022

5964369 S

Anda harus mengetahui apakah kabel positif dan negatif pada aki sudah terpasang dengan benar. Tidak boleh ada kabel yang longgar karena dapat mengganggu pengisian aki. 

  • Aki yang Jarang Dibersihkan 

Pada penyebab aki motor tidak mengisi yang keempat ini sering terjadi pada jenis aki basah. Karakter aki basah adalah menimbulkan kerak berwarna putih yang seharusnya rutin dibersihkan. 

Jika tidak kerak tersebut bisa menutup dan menimbulkan jamur pada bagian area baut dan lempengan terminal negatif dan positif. Padahal lempengan ini bekerja sebagai penghantar arus listrik. 

Apa yang terjadi pada lempengan penghantar jika tertutup kerak? Cek di halaman selanjutnya.

______________________________________________________________________________________________

Ketika penghantar ini tertutup kerak maka lama kelamaan akan terkikis dan bisa menghancurkannya. Daya yang keluar dari aki lama kelamaan tidak maksimal dan Anda harus mempersiapkan penggantian aki baru. 

  • Modifikasi atau Pemasangan Aksesoris yang Berlebihan 

Memodifikasi motor karena hobi sah-sah saja, hanya saja Anda harus memperhatikan kapasitas baterai dan daya yang dibutuhkan dari masing-masing aksesoris tersebut. 

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Mesin Motor yang Tepat

Misalnya saja Anda hendak memilih lampu baru dengan daya yang lebih besar dari ukuran standar pabrikan. Sebelum membelinya sesuaikan kondisi aki pada motor karena daya lampu akan menguras daya pada aki. 

Aksesoris yang memakan banyak daya bisa mempengaruhi aliran listrik yang dibutuhkan busi untuk memercikan api. Jika Anda salah dalam membeli aksesoris untuk modifikasi dan jumlahnya berlebihan bisa jadi penyebab aki motor tidak mengisi. 

  • Aki Sudah Rusak atau Drop 

Penyebab aki motor tidak mengisi selanjutnya bisa juga dikarenakan masalah pada aki. Ketika aki drop atau rusak otomatis tidak bisa lagi menyimpan daya. Jalan keluarnya adalah dengan mengganti aki baru. 

Cara untuk mengecek apakah aki pada motor Anda rusak memanfaatkan alat voltmeter. Alat ini bisa mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau aki yang drop secara tepat. 

_____________________________________________________________________________________________

Contohnya saja ketika mesin motor dinyalakan, aki dapat bekerja dengan normal. Sayangnya pada saat motor mati maka tegangan akan menghilang atau tidak mengisi yang disebabkan kebocoran. 

Jika hal ini terjadi maka penyebab utamanya adalah karena usia penggunaan yang sudah terlalu lama, membuat aki tidak lagi bisa bekerja menampung daya. 

  • Anda Jarang Menggunakan Motor 
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya