Tips & Trik

Harus Tahu, Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

PUBLISHED DATE : 13 Maret 2022

5964369 S

Pernah mengalami aki motor mendadak tidak bisa bekerja? Apa yang jadi penyebab aki motor tidak mengisi? Ketika aki tidak bekerja otomatis mesin motor tidak akan menyala. 

Fungsi utama aki adalah untuk memberikan pasokan listrik kepada semua komponen seperti busi hingga lampu. Apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan maka Anda tidak bisa membiarkannya terlalu lama. 

Cek apa saja yang menyebabkan aki tidak dapat mengisi sehingga perannya sebagai baterai pun terganggu. 

7 Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi Wajib Tahu 

Pengisian daya pada aki tidak boleh terlalu kecil atau besar. Jika aki mengalami overcharge maka dapat menimbulkan kerusakan. Sedangkan daya yang terlalu kecil juga akan membuat arus listrik yang dibutuhkan kurang. 

Kerusakan pada aki bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Biasanya aki yang rusak dapat memiliki bentuk menggembung. Meski begitu ada juga aki yang fungsinya terganggu padahal bentuk fisiknya normal. 

Jadi beban yang masuk ke aki memiliki batasan sesuai dengan kapasitas yang telah dirancang. 

Soal penyebab aki motor tidak mengisi pun ada berbagai macam, Anda bisa simak langsung di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

  • Kerusakan pada Kiprok 

Setiap aki memiliki komponen disebut dengan kiprok atau regulator. Fungsi dari regulator ini adalah sebagai keran yang menghantarkan listrik dari spull. Banyak sedikitnya aliran listrik pada spull ini diatur oleh kiprok. 

Aliran listrik ini perlu diatur supaya jumlah aliran listrik tepat tidak berlebihan yang membuat aki menjadi tekor. Kerusakan pada kiprok biasanya ditandai dengan tidak panas walaupun mesin motor sudah dinyalakan. 

Baca Juga : Bearing Roda Motor Rusak? Segera Ganti agar Tak Merembet Kemana-mana

Cara mengecek lainnya adalah dengan menahan gas di angka 4000 hingga 5000 rpm, jika tegangan listrik kurang dari 14 volt atau lebih artinya kiprok mengalami masalah. Anda bisa mengecek tegangan ini memanfaatkan voltmeter. 

  • Masalah pada Soket Kiprok 

Penyebab aki motor tidak mengisi yang kedua bisa berasal dari soket yang gosong atau justru meleleh. Aki tidak akan langsung mengalami kerusakan, namun aliran listrik akan terganggu. 

Aliran listrik yang terganggu ini akan membuat motor sulit menyala, jika dibiarkan terlalu lama kerusakan dapat menjalar ke bagian aki motor. Termasuk terjadinya korsleting juga bisa dikarenakan soket ini. 

Masih ada empat penyebab aki yang tidak bisa mengisi daya kembali. Cek langsung di halaman berikutnya. 

______________________________________________________________________________________________

  • Pemasangan Kabel yang Salah 

Sebuah motor atau kendaraan selalu tersedia kabel yang cukup rumit pada sistem kelistrikan. Kabel akan menyambung satu sama lain sebagai penghantar arus listrik. 

Ukuran kabel bisa saja kecil dan pemasangan yang salah atau kurang rapi bisa memicu kerusakan. Misalnya saja kabel terjepit di beberapa bagian bisa membuatnya terputus. 

Artinya aliran listrik tidak sempurna dan aki pun tidak akan mengisi. Solusi dari penyebab aki motor tidak mengisi yang satu ini adalah dengan mengecek kabel satu per satu. 

Anda harus mengetahui apakah kabel positif dan negatif pada aki sudah terpasang dengan benar. Tidak boleh ada kabel yang longgar karena dapat mengganggu pengisian aki. 

  • Aki yang Jarang Dibersihkan 

Pada penyebab aki motor tidak mengisi yang keempat ini sering terjadi pada jenis aki basah. Karakter aki basah adalah menimbulkan kerak berwarna putih yang seharusnya rutin dibersihkan. 

Jika tidak kerak tersebut bisa menutup dan menimbulkan jamur pada bagian area baut dan lempengan terminal negatif dan positif. Padahal lempengan ini bekerja sebagai penghantar arus listrik. 

Apa yang terjadi pada lempengan penghantar jika tertutup kerak? Cek di halaman selanjutnya.

______________________________________________________________________________________________

Ketika penghantar ini tertutup kerak maka lama kelamaan akan terkikis dan bisa menghancurkannya. Daya yang keluar dari aki lama kelamaan tidak maksimal dan Anda harus mempersiapkan penggantian aki baru. 

  • Modifikasi atau Pemasangan Aksesoris yang Berlebihan 

Memodifikasi motor karena hobi sah-sah saja, hanya saja Anda harus memperhatikan kapasitas baterai dan daya yang dibutuhkan dari masing-masing aksesoris tersebut. 

Misalnya saja Anda hendak memilih lampu baru dengan daya yang lebih besar dari ukuran standar pabrikan. Sebelum membelinya sesuaikan kondisi aki pada motor karena daya lampu akan menguras daya pada aki. 

Aksesoris yang memakan banyak daya bisa mempengaruhi aliran listrik yang dibutuhkan busi untuk memercikan api. Jika Anda salah dalam membeli aksesoris untuk modifikasi dan jumlahnya berlebihan bisa jadi penyebab aki motor tidak mengisi. 

  • Aki Sudah Rusak atau Drop 

Penyebab aki motor tidak mengisi selanjutnya bisa juga dikarenakan masalah pada aki. Ketika aki drop atau rusak otomatis tidak bisa lagi menyimpan daya. Jalan keluarnya adalah dengan mengganti aki baru. 

Cara untuk mengecek apakah aki pada motor Anda rusak memanfaatkan alat voltmeter. Alat ini bisa mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau aki yang drop secara tepat. 

_____________________________________________________________________________________________

Contohnya saja ketika mesin motor dinyalakan, aki dapat bekerja dengan normal. Sayangnya pada saat motor mati maka tegangan akan menghilang atau tidak mengisi yang disebabkan kebocoran. 

Jika hal ini terjadi maka penyebab utamanya adalah karena usia penggunaan yang sudah terlalu lama, membuat aki tidak lagi bisa bekerja menampung daya. 

  • Anda Jarang Menggunakan Motor 

Terakhir adalah karena motor justru jarang digunakan dan hanya disimpan di garasi saja. Bahkan Anda juga tidak memanaskan motor lima menit setiap hari atau beberapa hari sekali. 

Motor yang tidak pernah dinyalakan bisa menjadi tanda kerusakan atau tekor sehingga aktivitas pengisian listrik yang teratur pun tidak terjadi. Kebiasaan ini tentunya harus diubah demi menjaga kualitas mesin dan juga aki motor. 

Baca Juga : Oli Gardan: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggantinya

Nyalakanlah sepeda motor setiap hari meskipun Anda tidak menggunakannya. Bahkan lebih baik untuk menggunakannya berjalan ke area sekitar agar mesin bekerja dengan optimal. 

Solusi yang Diperlukan untuk Mengatasi Aki Motor Tidak Mengisi

20004199_s

Mengenali penyebab aki yang tidak mau mengisi saja tidak cukup jika Anda ingin segera menggunakan motor. Ada beberapa pengecekan yang harus dilakukan demi menindaklanjuti analisa penyebab kerusakannya. 

______________________________________________________________________________________________

Berikut ini beberapa hal yang jadi solusi dan perlu Anda dilakukan dengan tepat pada saat mengenali penyebab kerusakan pada aki tidak mengisi. 

  • Mengurangi Pemasangan Aksesoris 

Bagi Anda yang sudah terlanjur untuk memodifikasi motor dengan memasang banyak aksesoris maka penting untuk mulai menguranginya. Lepaskan aksesoris yang paling banyak menghabiskan banyak daya listrik. 

Pasang kembali komponen asli dari pabrikan, kemudian cek apakah aki sudah bisa mengisi daya dengan baik kembali.

  •  Melakukan Pemeriksaan Kondisi Aki, Kiprok dan Kabel

Komponen aki, kabel dan kiprok adalah penyebab utama mengapa aki tidak lagi mengisi. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengeceknya satu per satu. 

Anda bisa mengecek kualitas masing-masing komponen tersebut dengan voltmeter. Jika komponen tidak lagi bekerja dengan baik maka Anda harus menggantinya. Jangan biarkan komponen rusak terlalu lama, karena bisa menjalar ke area lainnya. 

  • Lakukan Servis untuk Mengisi Ulang Aki 

Rutin servis juga bisa jadi tindakan pencegahan kerusakan aki motor. Pada saat servis teknisi akan mengecek kualitas aki dan mengisi ulang dayanya. 

Aki yang sudah tidak bisa diisi ulang akan langsung ketahuan jika ternyata mengalami kerusakan. Pastikan Anda datang ke bengkel resmi 2W Suzuki untuk pengecekan kualitas aki dan servis motor secara rutin. 

Kini Anda sudah mengenali apa yang menyebabkan aki motor tidak mengisi. Anda tinggal ikuti solusinya agar sistem kelistrikan motor berjalan normal kembali.

Berita Lainnya