Tips & Trik

Tanda-tanda Aki Motor Perlu Diganti dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 24 Mei 2023

Aki Motor1

Aki motor yang biasa juga diibaratkan sebagai baterai adalah komponen untuk menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin motor dan menyimpan energi. Aki biasanya terdiri atas beberapa sel baterai berisi elektrolit dengan terminal positif negatif.

Namun seperti baterai pada umumnya, aki atau accu harus diganti secara berkala karena memiliki umur pakai terbatas. Sehingga seiring berjalannya waktu, aki akan mengalami penurunan performa.

Akibatnya, mesin motor menjadi sulit menyala dan berbagai komponen yang terkait dengan sistem kelistrikan tidak berfungsi optimal. Karena itu, ketahui apa saja tanda aki perlu diganti dan cara untuk menggantinya.

Berikut Tanda-tanda Aki Motor Perlu Diganti

Ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa aki kendaraan Anda perlu diganti. Mulai dari mesin yang sulit dihidupkan hingga faktor usia aki, berikut ini tanda-tanda yang perlu diperhatikan:

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Salah satu tanda yang paling umum bahwa aki Anda perlu diganti adalah ketika mesin motor sulit dihidupkan. Utamanya lagi setelah kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini menunjukkan bahwa daya pada aki sudah menurun. Aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin. Bahkan, terkadang juga mesin motor tidak bisa dihidupkan sama sekali.

2. Starter Tidak Menyala atau Berbunyi Klik Ketika Ditekan

Tanda selanjutnya adalah ketika Anda menekan tombol starter dan tidak ada reaksi apapun, atau hanya terdengar bunyi klik. Hal ini menunjukkan bahwa aki tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan starter.

3. Cahaya Lampu Motor Meredup

Selanjutnya, coba perhatikan cahaya lampu pada motor Anda. Jika cahaya lampunya terlihat lebih redup daripada biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa aki motor sudah melemah dan perlu diganti.

4. Suara Klakson Mengecil atau Tidak Nyaring

Tanda lain bahwa aki perlu diganti adalah ketika suara klakson menjadi lebih kecil atau tidak nyaring seperti biasanya. Sebab aki yang tidak berfungsi dengan baik tidak dapat menyediakan cukup daya untuk menghasilkan suara klakson dengan kencang.

5. Tampilan Speedometer Semakin Redup

Saat ini, hampir setiap motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan speedometer digital. Apabila tampilan speedometer digital Anda meredup atau bahkan mengalami error, bisa jadi aki adalah penyebabnya.

Sebab aki yang lemah tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk mengoperasikan komponen elektronik, termasuk speedometer. Jadi, perhatikan apakah speedometer Anda berfungsi normal atau tidak.

6. Tegangan Aki Motor di Bawah 12 Volt

Baca Juga : Apakah Penting Cuci Motor Ketika Hujan?

Sebagian motor dilengkapi dengan speedometer digital yang dapat menampilkan tegangan aki. Jika tegangan aki terus-menerus berada di bawah 12 volt saat motor berjalan, ini bisa menjadi tanda bahwa akinya perlu diganti.

Jika terdapat indikator besaran tegangan aki, coba lihat lampu indikator pada tampilan speedometer Anda. Jika lampu indikatornya berkedip atau menyala terus menerus, hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi.

7. Tarikan Motor Menjadi Berat atau Lemah

Bagi pemilik motor dengan sistem injeksi, coba perhatikan performa tarikan motor Anda. Jika tarikannya menjadi berat, tidak responsif, atau terasa lemah saat akselerasi, artinya aki tidak dapat menyediakan daya listrik yang cukup dan stabil.

8. Usia Pakai Aki Sudah Mencapai 2 Tahun atau Lebih

Meski tanda ini tidak bisa diperiksa secara teknis, namun usia pakai aki juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Umumnya, aki motor memiliki masa pakai sekitar 2 tahun atau lebih tergantung kualitas aki dan kondisi pemakaian.

 

Cara Memilih Aki yang Tepat untuk Motor Anda

aki motor suzuki

Sumber: https://pixabay.com/images/id-2490127/

Memilih aki yang tepat untuk motor Anda adalah langkah penting untuk memastikan kinerja sistem kelistrikan tetap optimal. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih aki yang sesuai:

1. Sesuaikan dengan Spesifikasi Motor

Periksa buku manual motor atau konsultasikan dengan mekanik untuk mengetahui spesifikasi aki yang direkomendasikan untuk motor Anda. Pastikan untuk memperhatikan kapasitas, tegangan, hingga tipe akinya.

2. Pilih Tipe Aki yang Sesuai

Ada beberapa jenis aki yang umum digunakan, seperti aki asam timbal (lead-acid), aki gel, dan aki AGM (Absorbent Glass Mat). Setiap jenis memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan motor Anda.

3. Perhatikan Kapasitasnya

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya