Tips & Trik

Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini Agar Aman

PUBLISHED DATE : 12 Mei 2023

Putar Balik Mobil

 

  • Menyalakan Lampu Sein

 

Pastikan untuk menyalakan lampu sein kendaraan Anda sebelum bermanuver putar balik. Lampu sein memberi pertanda dan aba-aba kepada pengendara lain di belakangan dan di depan Anda.

Saat kendaraan Anda berputar balik, nyalakan lampu sein terlebih dahulu sebelum Anda sampai di titik untuk berbalik. Hal ini akan membuat pengendara lain menjaga jarak aman, sehingga risiko kecelakaan pun akan dapat diminimalisir.

 

  • Sadar Lingkungan dan Fokus Pada Kendaraan

 

Fokus pada kemudi Anda saat akan berputar balik. Pasalnya jika fokus Anda berkurang, Anda bisa saja menabrak pembatas jalan, membahayakan pejalan kaki dan pengendara lain, dan merusak kendaraan Anda sendiri.

Selain itu pula, perhatikan kondisi dan lingkungan Anda, apakah aman untuk putar balik mobil atau jalur tersebut cukup untuk kendaraan Anda atau tidak. Perhatikan pula laju kendaraan lainnya. Tak jarang saat Anda berbelok, ada kendaraan lain yang juga menuju arah yang sama.

Baca Juga : Sangat Mudah, Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor

 

  • Tertib Berlalu Lintas

 

Berkendara di jalan berbeda saat berkendara di arena balap. Maksudnya, Anda tidak perlu terburu-buru melajukan kendaraan Anda dalam kecepatan yang tinggi. Semahir apapun Anda berkendara, ngebut di jalan bukanlah cara berkendara yang baik.

Tertiblah berkendara di batas kecepatan yang diperbolehkan. Jangan terburu-buru, sehingga Anda menyalip kendaraan di depan Anda dengan ceroboh. Sikap tersebut dapat membahayakan nyawa orang lain dan Anda sendiri.

Jadilah pengendara yang baik dan berkendaralah dengan aman, tenang dan tertib. Dengan begitu, Anda dapat menjaga diri dan menjaga orang lain.

Bagi pengendara yang sudah punya jam terbang tinggi dalam mengemudi, putar balik mobil tentu bukanlah cara yang sulit. Meski begitu, tahan diri untuk berbuat ceroboh agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Agar mengemudi aman dan nyaman, rawat kendaraan Anda di bengkel Suzuki terdekat. Selain itu pula, Anda bisa lakukan online booking untuk melakukan service melalui situs resmi Suzuki.  Untuk mem-booking jasa service, Anda harus mengisi form yang tertera dalam situs tersebut.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya