Tips & Trik

Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini Agar Aman

PUBLISHED DATE : 12 Mei 2023

Putar Balik Mobil

Sering terlihat, ada mobil yang tiba-tiba memotong jalur ke arah kanan untuk berbalik arah. Meskipun pengendara menyalakan lampu sein sebelum berputar, tapi cara putar balik mobil ini berisiko tinggi. Teknik ini dianggap tidak tepat sebab dapat membuat pengendara lain merasa kesal.

Nah, untuk memutar balik mobil sebenarnya tidak sulit. Namun, bagi pengendara yang belum begitu mahir, hal ini tentu akan menegangkan dan menyulitkan apalagi di kondisi-kondisi tertentu. Di situasi ini, yang dibutuhkan hanyalah teknik yang aman, baik bagi pribadinya dan juga bagi pengendara lain.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap kendaraan mempunyai radius putar dan besaran yang berbeda-beda. Makin kecil radius putarnya, makin mudah untuk berputar balik. Karena itulah, pengendara harus memahami kendaraan mereka terlebih dahulu sebelum menguasai teknik putar balik mobil.

Selain itu pula, saat memutar balik kendaraan, seorang pengendara harus berkonsentrasi penuh dan memperhatikan kendaraan di sekitarnya. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi kejadian buruk menimpa siapa pun.

Cara Putar Balik Mobil yang Benar

Secara garis besar, terdapat dua teknik yang dilakukan oleh para pengendara saat memutar mobilnya. Keduanya mempunyai teknik yang berbeda dan dipengaruhi oleh kondisi medan yang dilalui. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

 

  • Teknik Three Point Turn

 

Teknik yang pertama, yaitu Three-Point Turn. Teknik ini biasa digunakan oleh pengendara yang ingin memutar arah di jalanan sempit. Selain itu, teknik ini juga banyak dilakukan oleh mereka yang kesulitan memutar balik kendaraannya secara langsung.

Teknik satu ini juga disebut dengan tiga titik penghentian. Hal ini disebabkan karena seorang pengendara tidak mendapatkan ruang yang besar untuk melakukan perputaran arah kendaraan. Selain karena sempit, bisa juga karena posisi kendaraan yang tidak strategis.

Selain dikenal dengan nama teknik Three-Point Turn, teknik putar balik mobil ini juga dikenal dengan nama Broken U-Turn, Y-Turn, dan K-Turn.

Baca Juga : Tenang, Ini Cara Mengatasi Motor Tidak Bisa Hidup

Menguasai teknik Three-Point Turn merupakan salah satu skill dasar dalam mengemudi. Hal ini disebabkan karena tidak semua medan jalan yang dilalui adalah ruang kosong yang luas atau lapang.

Jika Anda akan melakukan teknik ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah menempatkan kendaraan di sisi paling luar dari jalur. Ini dilakukan agar Anda mendapatkan ruang yang lebih leluasa saat bermanuver dengan teknik ini.

Sebelum melakukan penghentian mobil, pastikan terlebih dahulu kondisi sekitar. Lihat kaca spion mobil Anda apakah ada kendaraan lain yang sedang menuju ke arah Anda atau bisa jadi Anda menghalangi kendaraan orang lain.

Dalam melakukan cara putar balik mobil ini, pengendara dituntut untuk mengemudikan kendaraan mereka maju dan mundur beberapa kali. Saat melakukan teknik ini, pengendara harus memposisikan tuas transmisi pada titik gigi pertama.

Setelah itu, putar kemudi berkebalikan dari posisi mobil. Misalnya seperti ini, ibaratkan mobil ada di jalur sebelah kiri, maka putar kemudi ke arah kanan. Kemudian, injak gas berbarengan dengan memutar kemudi ke arah kanan.

Setelah itu, atur lagi tuas transmisi gigi untuk mundur. Saat selesai, injak pedal gas sambil membelokkan kemudi ke arah kiri. Atur lagi transmisi pada gigi pertama, injak gas, lalu belokan kemudi ke arah kanan. Dalam memutar kemudinya, pengendara dapat gunakan teknik hand to hand.

Perlu Anda ketahui bahwa cara putar balik mobil ini hanya bisa dilakukan saat Anda benar-benar membutuhkan. Jika kondisi dan situasinya lain, sebaiknya gunakan teknik lain yang lebih praktis dan efisien.

 

  • Teknik Putar Balik Mobil U-Turn

 

Teknik yang kedua dikenal dengan nama U-Turn. Dibandingkan dengan teknik Three-Point Turn, ini merupakan teknik memutar balikkan kendaraan dengan cara yang lebih mudah. Hal ini dikarenakan pengendara dapat memutar kendaraan dengan langsung.

Anda dapat menggunakan teknik ini saat ingin memutar kendaraan ke jalur yang berlawanan dengan arah datangnya kendaraan Anda.

Untuk dapat melakukan manuver putar balik mobil ini, Anda harus memposisikan kendaraan ke pembatas jalan. Setelah itu, atur transmisi ke gigi pertama. Perlu diperhatikan, jangan terburu-buru saat Anda menginjak pedal gas.

Beri jeda beberapa detik pada mesin dengan menginjak pedal rem dan kopling. Baru setelah itu lakukan kembali kendaraan Anda saat kondisi sudah aman untuk dilintasi. Lepas rem pelan-pelan, kemudian belokkan kemudi dengan benar.

Perhatikan detail kecil di sekitar Anda, misalnya apakah ada sepeda, pejalan kaki, pengendara mobil lainnya dan motor yang melintas di jalur tersebut. Cara berputar balik yang benar pasti tidak akan mendatangkan kecelakaan, baik bagi Anda atau pun bagi pengendara lainnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Hendak Memutar Balikkan Mobil

putar_balik

Seperti yang disinggung di atas, menguasai teknik memutar balik kendaraan adalah bagian dari skill berkendara yang wajib dikuasai oleh seorang pengendara mobil. Namun, selain itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan saat Anda akan melakukan manuver ini.

Di bawah ini akan dipaparkan poin-poin yang harus Anda perhatikan. Mari simak pemaparan lebih lengkapnya di sini.

 

  • Perhatikan Rambu Putar Balik

 

Saat Anda terdesak urgensi dan harus memutar balik kendaraan, perhatikan terlebih dahulu apakah jalur yang Anda lalui itu memperbolehkan pengendara untuk putar balik mobil atau tidak.

Apabila ada rambu yang menyatakan larangan, sebaliknya cari jalur yang diperbolehkan. Patuhi peraturan lalu lintas!

 

  • Menyalakan Lampu Sein

 

Pastikan untuk menyalakan lampu sein kendaraan Anda sebelum bermanuver putar balik. Lampu sein memberi pertanda dan aba-aba kepada pengendara lain di belakangan dan di depan Anda.

Baca Juga : Intip Rahasia Tampil Elegan Nan Sporty Ala Suzuki Gixxer SF 250

Saat kendaraan Anda berputar balik, nyalakan lampu sein terlebih dahulu sebelum Anda sampai di titik untuk berbalik. Hal ini akan membuat pengendara lain menjaga jarak aman, sehingga risiko kecelakaan pun akan dapat diminimalisir.

 

  • Sadar Lingkungan dan Fokus Pada Kendaraan

 

Fokus pada kemudi Anda saat akan berputar balik. Pasalnya jika fokus Anda berkurang, Anda bisa saja menabrak pembatas jalan, membahayakan pejalan kaki dan pengendara lain, dan merusak kendaraan Anda sendiri.

Selain itu pula, perhatikan kondisi dan lingkungan Anda, apakah aman untuk putar balik mobil atau jalur tersebut cukup untuk kendaraan Anda atau tidak. Perhatikan pula laju kendaraan lainnya. Tak jarang saat Anda berbelok, ada kendaraan lain yang juga menuju arah yang sama.

 

  • Tertib Berlalu Lintas

 

Berkendara di jalan berbeda saat berkendara di arena balap. Maksudnya, Anda tidak perlu terburu-buru melajukan kendaraan Anda dalam kecepatan yang tinggi. Semahir apapun Anda berkendara, ngebut di jalan bukanlah cara berkendara yang baik.

Tertiblah berkendara di batas kecepatan yang diperbolehkan. Jangan terburu-buru, sehingga Anda menyalip kendaraan di depan Anda dengan ceroboh. Sikap tersebut dapat membahayakan nyawa orang lain dan Anda sendiri.

Jadilah pengendara yang baik dan berkendaralah dengan aman, tenang dan tertib. Dengan begitu, Anda dapat menjaga diri dan menjaga orang lain.

Bagi pengendara yang sudah punya jam terbang tinggi dalam mengemudi, putar balik mobil tentu bukanlah cara yang sulit. Meski begitu, tahan diri untuk berbuat ceroboh agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Agar mengemudi aman dan nyaman, rawat kendaraan Anda di bengkel Suzuki terdekat. Selain itu pula, Anda bisa lakukan online booking untuk melakukan service melalui situs resmi Suzuki.  Untuk mem-booking jasa service, Anda harus mengisi form yang tertera dalam situs tersebut.

Berita Lainnya

Busi Motor2

Tips Merawat Busi Motor

Merawat busi motor adalah salah satu rutinitas berkala yang wajib Anda lakukan, sebab peran busi pada motor krusial untuk menjaga performa mesin tetap stabil. Jika Anda menggunakan...

selengkapnya